Contoh Laporan PKL SMK Akuntansi, Download File PDF

Laporan PKL (Praktik Kerja Lapangan) atau Prakerin (Praktik Kerja Industri) siswa SMK adalah sebuah dokumen yang dibuat oleh siswa SMK untuk merefleksikan pengalaman mereka selama menjalankan praktik kerja lapangan di perusahaan atau institusi tertentu. 

Laporan ini bertujuan untuk menunjukkan hasil belajar siswa selama praktik kerja lapangan, serta membantu siswa memperluas pemahaman mereka tentang bidang kerja yang diminati.

Bagian Laporan PKL SMK Akuntansi

Secara umum, laporan PKL siswa SMK terdiri dari beberapa bagian, antara lain:

  1. Pendahuluan

Pada bagian ini, siswa memperkenalkan diri dan memberikan gambaran umum tentang perusahaan atau institusi tempat mereka menjalani praktik kerja lapangan.

Siswa diharapkan dapat menggambarkan tujuan mereka dalam menjalani praktik kerja lapangan di perusahaan atau institusi tertentu. 

Tujuan ini bisa berupa keinginan untuk memperluas pemahaman tentang bidang kerja yang diminati, belajar bagaimana cara beradaptasi dalam lingkungan kerja yang baru, atau memperoleh pengalaman kerja yang berharga.

  1. Deskripsi Perusahaan atau Institusi

Bagian ini berisi penjelasan tentang profil perusahaan atau institusi yang menjadi tempat siswa menjalani praktik kerja lapangan. 

Deskripsi ini meliputi sejarah perusahaan, jenis produk atau layanan yang dihasilkan, struktur organisasi, dan lain sebagainya.

  1. Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan

Pada bagian ini, siswa menjelaskan secara rinci tentang tugas dan tanggung jawab yang mereka emban selama menjalani praktik kerja lapangan di perusahaan atau institusi tertentu. 

Siswa juga dapat menjelaskan tentang masalah atau kendala yang mereka hadapi selama praktik kerja lapangan, serta bagaimana mereka menyelesaikannya.

  1. Hasil dan Pembahasan

Bagian ini berisi analisis tentang hasil belajar siswa selama menjalani praktik kerja lapangan. 

Siswa dapat menjelaskan tentang kemampuan yang berhasil mereka kembangkan selama praktik kerja lapangan, serta hal-hal baru yang mereka pelajari. 

Selain itu, siswa juga dapat membahas tentang kekurangan dan kelebihan yang mereka temukan dalam perusahaan atau institusi yang menjadi tempat praktik kerja lapangan.

  1. Penutup dan Kesimpulan

Pada bagian penutup, siswa menyimpulkan pengalaman praktik kerja lapangan mereka secara keseluruhan. 

Siswa juga dapat menyajikan rekomendasi atau saran untuk perusahaan atau institusi yang mereka kunjungi, atau bahkan memberikan saran bagi siswa SMK lain yang ingin menjalani praktik kerja lapangan di tempat yang sama.

  1. Daftar Pustaka dan Lampiran

Siswa harus mencantumkan sumber informasi yang digunakan dalam pembuatan laporan PKL, seperti buku, jurnal, artikel, dan situs web yang dijadikan referensi.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

Format Laporan PKL SMK Akuntansi

  1. Cover
  • Instansi Tempat Pkl
  • Laporan Praktik Kerja Industri / Praktik Kerja Lapangan
  • Logo Sekolah
  • Tim Penulis
  • Siswa Dan Siswi (Nama Sekolah)
  • Jurusan Akuntansi
  • Tahun Ajaran
  1. Kata Pengantar
  2. Daftar Isi
  3. Bab 1 Pendahuluan
  • Latar Belakang Kegiatan, 
  • Tujuan Kegiatan, 
  • Tempat Pelaksanaan Kegiatan,
  • Landasan Hukum
  1. Bab 2 Data Dan Fakta
  • Sejarah Singkat Organisasi, 
  • Struktur Organisasi, 
  • Divisi Kerja Organisasi, 
  • Visi Dan Misi, 
  • Sumber Daya Manusia
  1. Bab 3 Pembahasan
  • Uraian Kegiatan
  • Pelaksanaan Kegiatan
  1. Bab 4 Penutup
  • Kesimpulan
  • Saran

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Download Laporan PKL SMK Akuntansi

Contoh Laporan PKL SMK Akuntansi

1. Cover Laporan

2. Kata Pengantar

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tanjung Redeb.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, SMK Negeri 1 Berau memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjalani PRAKERIN di berbagai instansi pemerintah maupun swasta, termasuk di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tanjung Redeb.

Selama menjalani PRAKERIN, kami merasakan berbagai pengalaman dan tantangan yang sangat bermanfaat untuk memperluas wawasan dan keterampilan kami dalam dunia kerja.

Melalui laporan praktik kerja industri ini, kami berharap dapat membagikan pengalaman dan hasil belajar kami selama menjalani PRAKERIN di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tanjung Redeb.

Laporan ini juga sebagai wujud apresiasi kami kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung kami selama menjalani PRAKERIN.

Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tanjung Redeb, seluruh staf dan rekan kerja yang telah memberikan kesempatan dan bimbingan selama kami menjalani PRAKERIN. 

Kami juga berterima kasih kepada seluruh pengurus dan guru pembimbing di SMK Negeri 1 Berau yang telah memberikan arahan dan dukungan dalam menjalani PRAKERIN ini.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat kami,

Siswa SMK Negeri 1 Berau

3. Daftar Isi

HALAMAN JUDUL i

KATA PENGANTAR ii

DAFTAR ISI iv

BAB I PENDAHULUAN 1

A. Latar Belakang Kegiatan 1

B. Tujuan Kegiatan 1

C. Tempat Pelaksanaan Kegiatan 2

D. Waktu Pelaksanaan Kegiatan 3

E. Landasan Hukum 3

BAB II DATA DAN FAKTA 4

A. Sejarah Singkat 4

B. Struktur Organisasi 6

C. Divisi Kerja Organisasi 7

D. Visi dan Misi 8

E. Sumber Daya Manusia 9

BAB III PEMBAHASAN 11

A. Uraian Kegiatan 11

B. Pelaksanaan Kegiatan 12

BAB IV PENUTUP 15

A. Simpulan 15

B. Saran 15

DAFTAR PUSTAKA 16

4. Bab I Pendahuluan

Latar Belakang

Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh siswa SMK sebagai bagian dari kurikulum pendidikan.

Tujuan Kegiatan

Tujuan dari PRAKERIN adalah untuk memberikan pengalaman kerja di dunia nyata, sehingga siswa dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang bermanfaat dalam mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. 

Selain itu, PRAKERIN juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial, kemampuan berkomunikasi, dan adaptasi terhadap lingkungan kerja.

Tempat Kegiatan

Berdasarkan keputusan yang telah ditentukan oleh pihak sekolah, tim penulis ditempatkan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tanjung Redeb yang berlokasi di Jalan Milono No. 02, Kecamatan Tanjung Redeb, Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur.

Waktu Pelaksanaan

Periode pelaksanaan Praktik Kerja Industri adalah tanggal 7 Januari 2023 sampai dengan 7 April 2023. Kegiatan Praktik Kerja Industri dilaksanakan oleh:

  1. Kelas XI Jurusan Akuntansi 1
  2. Kelas XI Jurusan Akuntansi 2
  3. Kelas XI Jurusan Pengelolaan Usaha Retail
  4. Kelas XI Jurusan Tata Busana

Landasan Hukum

Pelaksanaan Kegiatan Praktik Kerja Industri berdasarkan pada ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam beberapa peraturan berikut:

  1. Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah;
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 1992 tentang Peran Serta Masyarakat dalam Pendidikan Nasional;

5. Bab II Data dan Fakta

Sejarah Singkat

KPPN Tanjung Redeb mulai dipersiapkan sejak Nopember 2001 dengan nama KPKN (Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara) melalui Tim Detasering dari Kanwil Ditjen Anggaran Samarinda, dengan menempati bangunan pinjam pakai dari Pemerintah Daerah Kab. Berau yaitu eks. Kantor Perindustrian di Jalan Mangga II No. 53. 

Struktur Organisasi

Dalam pekerjaannya kepala kantor dibantu oleh kepala seksi antara lain, Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker, Kepala Seksi Bank, Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi serta Kepatuhan Internal, dan Kepala Subbagian Umum.

Divisi Organisasi

  1. Subbagian Umum
  2. Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker
  3. Seksi Bank
  4. Seksi Verifikasi dan Akuntansi serta Kepatuhan Internal

Sumber Daya Manusia


NO
NAMAPANGKAT/ GOLJABATAN
1Ahmad BermadiIV/AKepala Kantor
2Achmad SoeharnoIII/CKasubbag Umum
3Arif BudiantoIII/BKasi PDMS
4Dandung WuryantoIII/CKasi Bank

6. Bab III Pembahasan

Uraian Kegiatan

KPPN Tanjung Redeb adalah KPPN Tipe A2 yang merupakan instansi vertikal di bawah Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Timur. 

KPPN Tanjung Redeb dipimpin oleh seorang Kepala Kantor dengan dibantu oleh Kepala Subbagian Umum, Kepala Seksi Bank, Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker, dan Kepala seksi Verifikasi dan Akuntansi serta Kepatuhan Internal dimana memiliki uraian kegiatan pekerjaan seperti:

  1. Subbagian Umum
  • Melakukan pengelolaan organisasi;
  • Kinerja dan SDM;
  • Keuangan;
  • Manajemen risiko;
  • Pengendalian internal serta tata usaha;
  • Rumah tangga dan kehumasan.
  1. Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satuan Kerja
  • Penguji resum tagihan dan SPM;
  • Penerbit SPPT;
  • Penerbit surat pengesahan pendapatan dan belanja BLU;
  • Pengelolaan data dan kontrak;
  • Data supplier dan belanja satker;
  • Monitoring dan evaluasi penyerapan anggaran satker

dst

Pelaksanaan Kegiatan

Berikut ini adalah kegiatan yang kami lakukan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tanjung Redeb:

  1. Subbagian Umum
  • Menatausahakan dokumen meliputi proses penyalinan dan penyimpanan dokumen dalam bentuk softcopy maupun hardcopy. 
  • Dokumen penting dalam dosir pegawai diantaranya adalah ijazah, salinan identitas pegawai, dan surat surat penting lainnya;
  • dst
  1. Seksi Pencairan Dana dan Menejemen Satuan Kerja
  • Membuat KIPS (Kartu Identitas Petugas Satker). Dalam kegiatan ini kami membantu pekerjaan petugas middle office seksi PDMS yakni pembuatan Kartu Petugas Satker. 
  • dst

7. Bab IV Penutup

Kesimpulan

Berdasarkan hasil pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tanjung Redeb, dapat disimpulkan bahwa kegiatan PRAKERIN memberikan pengalaman dan pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi siswa SMK Negeri 1 Berau. 

Selama menjalani PRAKERIN, kami dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang sangat berguna dalam persiapan memasuki dunia kerja.

Kami juga merasakan manfaat dari kegiatan PRAKERIN bagi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tanjung Redeb, di mana kami dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kinerja kantor, terutama dalam hal pekerjaan yang bersifat rutin dan membutuhkan banyak tenaga kerja. 

Selain itu, kami juga merasakan kebersamaan dan hubungan kerja yang harmonis dengan seluruh staf dan rekan kerja di kantor.

Saran

  1. Siswa diharapkan untuk lebih proaktif dan inisiatif dalam menjalani PRAKERIN. 

Gunakan waktu sebaik mungkin untuk belajar, menimba pengalaman, dan meningkatkan keterampilan kerja yang berguna di masa depan. 

Jangan ragu untuk bertanya atau meminta bantuan jika mengalami kesulitan, karena supervisor atau mentor di tempat kerja dapat memberikan bimbingan dan saran yang berharga.

  1. Sekolah diharapkan untuk lebih memperhatikan kualitas dan keberhasilan PRAKERIN siswa. 

Selalu memberikan arahan dan panduan yang jelas serta memastikan bahwa tempat kerja siswa memenuhi standar keselamatan dan kesehatan yang diperlukan. 

Selain itu, sekolah juga dapat memberikan evaluasi dan umpan balik yang berguna untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas PRAKERIN.

  1. Siswa dan sekolah diharapkan untuk menjaga hubungan baik dengan perusahaan atau instansi yang menjadi tempat kerja siswa selama PRAKERIN. 

Gunakan kesempatan ini untuk memperluas jaringan dan membangun relasi dengan rekan kerja atau atasan di tempat kerja. 

Hal ini dapat membantu siswa memperoleh peluang kerja di masa depan atau bahkan membuka pintu kesempatan baru bagi sekolah dalam melakukan kerjasama atau magang di tempat kerja yang sama.

Leave a Comment