10 Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Ichsanti

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani | Manusia hidup selalu berurusan dengan masalah kebutuhan dan keinginan.

Kebutuhan merupakan salah suatu hal yang harus dipenuhi oleh seseorang agar dapat bertahan hidup. Kebutuhan hidup manusia pada dasarnya tidak ada yang sama dan berbeda-beda.

Kebutuhan manusia itu tiada batasan karena begitu banyak macamnya. Untuk lebih memudahkan mengetahui apa saja macam-macam kebutuhan.

Kebutuhan tersebut dikelompokkan menurut berbagai hal, yakni kebutuhan menurut intensitas, sifat, bentuk, waktu, dan subjek.

Kali ini akan diulas mengenai kebutuhan manusia menurut sifatnya. Kebutuhan manusia menurut sifatnya terdiri atas kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

Kebutuhan jasmani ini biasanya bersifat lebih material, sedangkan kebutuhan rohani memiliki sifat immaterial.

Kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani merupakan kebutuhan pokok manusia yang didasari dengan sifat kebutuhan tersebut.

Kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani merupakan hal yang sangat penting untuk dipenuhi oleh semua orang.

Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka dapat menyebabkan masalah dalam kelangsungan hidup manusia itu sendiri. Berikut ini adalah penjelasan tentang kebutuhan jasmani dan rohani beserta contohnya.

Kebutuhan Jasmani

Pengertian Kebutuhan Jasmani

kebutuhan jasmani adalah

Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan oleh jasmani, badan atau tubuh manusia. Kebutuhan ini termasuk kebutuhan individu berkaitan dengan masalah kesehatan ataupun penampilan seseorang.

Pengertian kebutuhan jasmani secara umum adalah sebagai kebutuhan yang dapat dirasakan oleh fisik atau tubuh manusia.

Faktor yang mempengaruhi kebutuhan jasmani tidak lain adalah langsung berkaitan dengan kehidupan tubuh manusia.

Jika kebutuhan jasmani ini tidak mampu terpenuhi, maka manusia akan mengalami masalah, seperti masalah kesehatan tubuh.

Baca juga: 10 Contoh Kebutuhan Sosial dan Psikologis Manusia

Contoh Kebutuhan Jasmani

contoh kebutuhan jasmani dalam kehidupan sehari-hari

Contoh dari kebutuhan jasmani antara lain adalah:

  1. Makanan dan Minuman
  2. Pakaian
  3. Olahraga
  4. Kesehatan
  5. Istirahat cukup

Jadi kebutuhan jasmani tergolong kebutuhan primer manusia. Jika makanan dan minuman ini tidak dapat dipenuhi dengan baik, maka bisa saja akan menyebabkan seseorang sakit atau bahkan akan mengalami gizi buruk.

Jadi sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan jasmani berupa makan dan minum agar hidup berlangsung dengan baik dan sehat.

Jika kebutuhan berupa olahraga dan istirahat yang cukup tidak dapat terpenuhi dengan baik, maka seseorang akan memiliki daya tahan tubuh yang rendah dan mudah terserang penyakit.

Begitu pula dengan kebutuhan jasmani berupa pakaian, bila tidak dapat terpenuhi dengan baik, maka bisa membuat seseorang malu dan kehilangan jati dirinya.

Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa jika kebutuhan jasmani ini tidak dapat terpenuhi dengan baik, maka akan berdampak langsung pada fisik individu itu sendiri.

Kebutuhan Rohani (Immaterial)

Pengertian Kebutuhan Rohani

kebutuhan rohani adalah

Rohani atau jiwa manusia tentu saja memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi, kebutuhan ini disebut kebutuhan rohani.

Kebutuhan rohani atau immaterial adalah kebutuhan manusia yang berkaitan dengan psikologis dirinya.

Karena yang merasakan atau membutuhkan kebutuhan rohani ini bukanlah fisik manusia itu sendiri, melainkan jiwa manusia yang paling dalam.

Kebutuhan rohani berkaitan dengan tuntutan perasaan, etika, dan keyakinan manusia demi terpenuhinya kepuasan batin.

Kebutuhan rohani tidak berkaitan langsung dengan fisik manusia sehingga tidak dapat dilihat secara langsung. Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan batin yang hanya dapat dirasakan oleh individu yang bersangkutan.

Baca juga: Contoh Kebutuhan Sekarang dan Yang Akan Datang

Contoh Kebutuhan Rohani

Contoh dari kebutuhan rohani manusia antara lain:

  1. Ibadah
  2. Rekreasi atau hiburan
  3. Ilmu pengetahuan
  4. Bersosialisasi dengan masyarakat
  5. Melakukan hobby

Hal ini dapat tercermin dari kebutuhan orang akan rasa aman dan kebutuhan meyakini suatu agama atau kepercayaan tertentu.

Kebutuhan seseorang untuk dapat memeluk agama atau kepercayaaan tertentu, menjadikan seseorang itu merasakan suatu ketentraman dan mempunyai pedoman dalam hidupnya.

Di era globalisasi inipun, semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menyebabkan kebutuhan ini terasa semakin penting bagi manusia, baik dalam statusnya sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial.

Orang yang kebutuhan rohaninya tidak mampu terpenuhi biasanya akan rentan mengalami stress.

Contohnya jika seseorang kurang beribadah, maka biasanya akan mengalami pemikiran yang suram dan mudah pesimis yang berujung pada kurangnya produktivitas hidup.

Contoh yang lainnya, kegiatan rekreasi terutama bersama keluarga dan orang-orag tercinta akan dapat memberikan kepuasan batin tersendiri bagi individu.

Dengan terpenuhinya kebutuhan rohani dalam kehidupan manusia, maka akan merasakan perasaan yang bahagia dan gembira, sehingga ia menjalani hidupnya dengan penuh semangat.

Oleh karena itu, begitu pentingnya kebutuhan jasmani dan rohani untuk kehidupan manusia, sehingga kita sebagai manusia yang cerdas tidak boleh mengabaikan kebutuhan ini sedikutpun.

Mulai sekarang, kita harus membiasakan diri untuk memakan makanan sehat dan bergizi, berolah raga secara rutin, berpakaian yang rapi dan sopan, sehingga kebutuhan jasmani ini dapat terpenuhi.

Kita juga tentu saja perlu untuk beribadah sesuai dengan keyakinan kita masing-masing, mencari ilmu pengetahuan jika untuk membuat kita pintar dan berwawasan, menjalani hobi yang dapat membuat kita bahagia, dan melakukan kegiatan rekreasi bersama keluarga dan orang-orang terdekat agar kehidupan kita dapat selalu bahagia.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai Pengertian dan Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani. Terima kasih atas kunjungannya, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Bagikan:

2 thoughts on “10 Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani Dalam Kehidupan Sehari-Hari”

Leave a Comment