“8 Pengertian dan Perbedaan” Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli

Posted on
5.0
18

Pengertian dan Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli | Para ahli memberikan definisi yang bermacam-macam mengenai pengertian pembangunan. Pembangunan bisa saja diartikan berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya atau negara dengan suatu negara lainnya. Namun pembangunan merupakan proses untuk melakukan perubahan adalah definisi yang terima secara umum. (Baca juga: pengertian dan dampak pembangunan ekonomi )

Pertumbuhan ekonomi adalah perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan bertambahnya barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat dan meningkatkan kemakmuran masyarakat. (Baca juga: teori pertumbuhan ekonomi klasik dan non klasik )

Pengertian Pembangunan Ekonomi Menurut Para Ahli

8 Pengertian dan Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli

1. Pembangunan Ekonomi Menurut Adam Smith

Definisi pembangunan ekonomi adalah proses perpaduan antara pertumbuhan penduduk dan kemjuan teknologi.

2. Menurut Irawan

Pembangunan ekonomi adalah usaha-usaha untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat pada suatu negara yang seringkali diukur dengan tinggi rendahnya pendapatan riil perkapita. (Baca juga: indikator keberhasilan pembangunan ekonomi )

3. Menurut Prof. Meier

Arti pembangunan ekonomi adalah proses kenaikan pendapatan riil perkapita dalam suatu jangka waktu yang panjang.

4. Menurut Sadono Sukirno

Pengertian pembangunan ekonomi adalah suatu proses yang bisa meningkatkan pendapatan perkapita penduduk suatu masyarakat dalam jangka panjang. Pengertian tersebut mengandung arti bahwa pembangunan ekonomi adalah suatu perubahan untuk mencapai suatu yang lebih baik yaitu peningkatan pendapatan perkapita, yang terjadi secara terus menerus melalui serangkaian kombinasi proses yang berlangsung dalam jangka panjang.

5. Menurut Schumpeter dalam Suryana

Proses pembangunan ekonomi bukanlah proses yang harmonis atau gradual, tetapi merupakan proses perubahan yang spontan dan tidak terputus-putus.

Perubahan terutama dalam pembangunan ekonomi disebabkan oleh lapangan industri dan perdagangan.

Pembangunan ekonomi berkaitan dengan pendapatan perkapita dan pendapatan nasional. Pendapatan perkapita adalah pendapatan rata-rata penduduk suatu daerah. Sedangkan pendapatan nasional adalah nilai produksi barang-barang dan jasa yang diciptakan dalam suatu perekonomian dalam masa 1 tahun.

Pertumbuhan ekonomi dan perkembangan tingkat kesejahteraan masyarakat suatu daerah bisa diketahui dengan menggunakan pertambahan pendapatan nasional dan pendapatan perkapita dari masa ke masa.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli

1. Menurut Budiono

Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan output dalam jangka panjang. Ada tiga aspek yang terkandung dalam pertumbuhan ekonomi yaitu proses, output perkapita dan jangka panjang. Jadi pertumbuhan ekonomi adalah proses bukan gambaran ekonomi atau hasil pada saat itu. (Baca juga : pengertian dan indikator pertumbuhan ekonomi )

Boediono juga menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi juga erat kaitanya dengan kenaikan “output perkapita”. Dalam teori ini harus mencakup teori tentang pertumbuhan gdp dan teori tentang pertumbuhan penduduk. Jika kedua aspek teori tersebut bisa dijelaskan, maka perkembangan output perkapita juga bisa dijelaskan.

Aspek ketiga adalah pertumbuhan ekonomi dalam perspektif jangka panjang, yaitu apabila output perkapita menunjukkan kecenderungan yang meningkat selama jangka waktu yang cukup panjang.

2. Menurut Prof. Simon Kuznets

Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan jangka panjang dalam kemampuan suatu negara untuk menyediakan semakin banyak jenis barang-barang ekonomi kepada penduduknya. Kemampuan yang dimaksud adalah tumbuh sesuai dengan kemajuan teknologi serta penyesuaian kelembagaan dan ideologis yang diperlukannya.

Definisi diatas memiliki tiga komponen yaitu:

  1. Pertumbuhan ekonomi suatu negara bisa dilihat dari peningkatan secara terus-menerus persediaan barang.
  2. Teknologi maju adalah faktor dalam pertumbuhan ekonomi yang menentukan derajat pertumbuhan kemampuan dalam penyediaan aneka macam barang kepada penduduk.
  3. Penggunaan teknologi secara luas dan efisien. Sehingga memerlukan adanya penyesuaian di bidang kelembagaan dan ideologi supaya ilmu pengetahuan dapat menghasilkan inovasi yang bisa dimanfaatkan secara tepat oleh umat manusia.

3. Menurut Sukirno

Pertumbuhan ekonomi mengukur atau menerangkan prestasi dari perkembangan dari suatu perekonomian. Dalam analisis makro ekonomi, perkembangan pendapatan nasional riil yang dicapai suatu negara dijadikan ukuran tingkat pertumbuhan ekonomi yang dicapai suatu negara.

Baca juga:

  1. “Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis” Asuransi [Lengkap]
  2. 7 Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal
  3. 3 Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

Perbedaan Pembangunan Ekonomi Dan Pertumbuhan Ekonomi

Menurut Sadono Sukirno (1996), Terdapat perbedaan definisi antara pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan output perkapita secara terus menerus dalam jangka panjang. Salah satu indikator keberhasilan pembangunan itu adalah pertumbuhan ekonomi.

Dengan kata lain, semakin tinggi pertumbuhan ekonomi biasanya kesejahteraan masyarakatnya juga semakin tinggi, meskipun ada indikator lain seperti distribusi pendapatan. (Baca juga: pengertian dan macam-macam pengangguran )

Sedangkan pembangunan ekonomi adalah usaha untuk meningkatkan pedapatan perkapita dengan jalan mengolah kekuatan ekonomi potensial menjadi ekonomi riil dengan cara penggunaan teknologi, penanaman modal, penambahan pengetahuan dan peningkatan keterampilan, penambahan kemampuan berorganisasi dan manajemen.

Perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi secara umumnya bisa kita lihat pada tabel berikut ini.

No.Pertumbuhan ekonomiPembangunan ekonomi
1.Proses naiknya produk per kapita dalam jangka panjang.Proses perubahan yang terus menerus untuk menuju perbaikan, meliputi usaha meningkatkan produk perkapita.
2.Tidak memperhatikan pertambahan penduduk.Memperhatikan pertambahan penduduk.
3.Tidak memperhatikan pemerataan pendapatan.Memperhatikan pemerataan pendapatan termasuk pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya.
4.Belum tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
5.Pertumbuhan ekonomi belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi.Pembangunan ekonomi selalu dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi.
6.Setiap input dapat menghasilkan output yang lebih banyak.Setiap input tentu menghasilkan output yang banyak. Disamping itu menghasilkan perubahan-perubahan kelembagaan dan pengetahuan teknik.

Demikianlah pembahasan Pengertian dan Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli. Semoga dapat menambah wawasan pembaca dan bermanfaat. Terima kasih banyak atas kunjungannya,

Kunjungi Artikel Terbaru:

  1.  Hukum Permintaan dan Penawaran [Pengertian, Jenis, dan Kurva]
  2.  “Fungsi Permintaan dan Penawaran” Pengertian, Contoh Soal dan Jawaban
  3.  Anjak Piutang [Pengertian, Pihak yang Terlibat, Manfaat, serta Mekanismenya]
  4.  Harga Keseimbangan [Pengertian, Penjelasan, Serta Cara Menghitung]
  5.  [Pengertian dan Contoh] Konsep Nilai Waktu Uang
Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *