8 Perbedaan Pembangunan Ekonomi dan Pertumbuhan Ekonomi

Sandi Ma'ruf

Menurut Sadono Sukirno (1996), Terdapat perbedaan definisi antara pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan output perkapita secara terus menerus dalam jangka panjang. Salah satu indikator keberhasilan pembangunan itu adalah pertumbuhan ekonomi.

Sedangkan pembangunan ekonomi adalah usaha untuk meningkatkan pedapatan perkapita dengan jalan mengolah kekuatan ekonomi potensial menjadi ekonomi riil dengan cara penggunaan teknologi, penanaman modal, penambahan pengetahuan dan peningkatan keterampilan, penambahan kemampuan berorganisasi dan manajemen.

Dalam artikel ini:

Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi

Perbedaan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi secara umumnya bisa kita lihat pada tabel berikut ini.

No.Pertumbuhan ekonomiPembangunan ekonomi
1.Proses naiknya produk per kapita dalam jangka panjang.Proses perubahan yang terus menerus untuk menuju perbaikan, meliputi usaha meningkatkan produk perkapita.
2.Tidak memperhatikan pertambahan penduduk.Memperhatikan pertambahan penduduk.
3.Tidak memperhatikan pemerataan pendapatan.Memperhatikan pemerataan pendapatan termasuk pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya.
4.Belum tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.Meningkatkan taraf hidup masyarakat.
5.Pertumbuhan ekonomi belum tentu disertai dengan pembangunan ekonomi.Pembangunan ekonomi selalu dibarengi dengan pertumbuhan ekonomi.
6.Setiap input dapat menghasilkan output yang lebih banyak.Setiap input tentu menghasilkan output yang banyak. Disamping itu menghasilkan perubahan-perubahan kelembagaan dan pengetahuan teknik.

Baca juga tentang motif ekonomi dan dampak pembangunan ekonomi.

Berikut penjelasan tentang pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi menurut para ahli :

Pembangunan Ekonomi

  1. Pembangunan Ekonomi Menurut Adam Smith

Definisi pembangunan ekonomi adalah proses perpaduan antara pertumbuhan penduduk dan kemajuan teknologi.

  1. Pembangunan ekonomi menurut Irawan

Pembangunan ekonomi adalah usaha-usaha untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat pada suatu negara yang seringkali diukur dengan tinggi rendahnya pendapatan riil perkapita. (Baca juga: indikator keberhasilan pembangunan ekonomi)

  1. Pembangunan menurut Prof. Meier

Arti pembangunan ekonomi adalah proses kenaikan pendapatan riil perkapita dalam suatu jangka waktu yang panjang.

  1. Pembangunan menurut Sadono Sukirno

Pengertian pembangunan ekonomi adalah suatu proses yang bisa meningkatkan pendapatan perkapita penduduk suatu masyarakat dalam jangka panjang.

Pengertian tersebut mengandung arti bahwa pembangunan ekonomi adalah suatu perubahan untuk mencapai suatu yang lebih baik yaitu peningkatan pendapatan perkapita, yang terjadi secara terus menerus melalui serangkaian kombinasi proses yang berlangsung dalam jangka panjang.

  1. Menurut Schumpeter dalam Suryana

Proses pembangunan ekonomi bukanlah proses yang harmonis atau gradual, tetapi merupakan proses perubahan yang spontan dan tidak terputus-putus.

Perubahan terutama dalam pembangunan ekonomi disebabkan oleh lapangan industri dan perdagangan.

Pembangunan ekonomi berkaitan dengan pendapatan perkapita dan pendapatan nasional. Pendapatan perkapita adalah pendapatan rata-rata penduduk suatu daerah. Sedangkan pendapatan nasional adalah nilai produksi barang-barang dan jasa yang diciptakan dalam suatu perekonomian dalam masa 1 tahun.

Pertumbuhan ekonomi dan perkembangan tingkat kesejahteraan masyarakat suatu daerah bisa diketahui dengan menggunakan pertambahan pendapatan nasional dan pendapatan perkapita dari masa ke masa.

Baca juga tentang contoh kegiatan ekonomi dan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro.

Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi adalah perkembangan kegiatan ekonomi yang menyebabkan bertambahnya barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat dan meningkatkan kemakmuran masyarakat. (Baca juga: teori pertumbuhan ekonomi klasik dan non klasik )

Dengan kata lain, semakin tinggi pertumbuhan ekonomi biasanya kesejahteraan masyarakatnya juga semakin tinggi, meskipun ada indikator lain seperti distribusi pendapatan.

  1. Pertumbuhan ekonomi menurut Budiono

Pertumbuhan ekonomi adalah proses kenaikan output dalam jangka panjang. Ada tiga aspek yang terkandung dalam pertumbuhan ekonomi yaitu proses, output perkapita dan jangka panjang. Jadi pertumbuhan ekonomi adalah proses bukan gambaran ekonomi atau hasil pada saat itu.

Boediono juga menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi juga erat kaitanya dengan kenaikan “output perkapita”. Dalam teori ini harus mencakup teori tentang pertumbuhan gdp dan teori tentang pertumbuhan penduduk. Jika kedua aspek teori tersebut bisa dijelaskan, maka perkembangan output perkapita juga bisa dijelaskan.

Aspek ketiga adalah pertumbuhan ekonomi dalam perspektif jangka panjang, yaitu apabila output perkapita menunjukkan kecenderungan yang meningkat selama jangka waktu yang cukup panjang.

  1. Pertumbuhan ekonomi Menurut Prof. Simon Kuznets

Pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan jangka panjang dalam kemampuan suatu negara untuk menyediakan semakin banyak jenis barang-barang ekonomi kepada penduduknya. Kemampuan yang dimaksud adalah tumbuh sesuai dengan kemajuan teknologi serta penyesuaian kelembagaan dan ideologis yang diperlukannya.

Definisi diatas memiliki tiga komponen yaitu:

  1. Pertumbuhan ekonomi suatu negara bisa dilihat dari peningkatan secara terus-menerus persediaan barang.
  2. Teknologi maju adalah faktor dalam pertumbuhan ekonomi yang menentukan derajat pertumbuhan kemampuan dalam penyediaan aneka macam barang kepada penduduk.
  3. Penggunaan teknologi secara luas dan efisien. Sehingga memerlukan adanya penyesuaian di bidang kelembagaan dan ideologi supaya ilmu pengetahuan dapat menghasilkan inovasi yang bisa dimanfaatkan secara tepat oleh umat manusia.
  1. Pertumbuhan ekonomi Menurut Sukirno

Pertumbuhan ekonomi mengukur atau menerangkan prestasi dari perkembangan dari suatu perekonomian. Dalam analisis makro ekonomi, perkembangan pendapatan nasional riil yang dicapai suatu negara dijadikan ukuran tingkat pertumbuhan ekonomi yang dicapai suatu negara.

Demikianlah pembahasan Perbedaan Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi. Semoga dapat menambah wawasan pembaca dan bermanfaat. Terima kasih banyak atas kunjungannya.

Bagikan:

Sandi Ma'ruf

Tertarik dengan dunia keuangan. Sebagai kontributor di AKL. Lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

Leave a Comment