Pengertian Neraca Saldo Serta Bentuk dan Contohnya

Posted on
Pengertian Neraca Saldo Serta Bentuk dan Contohnya
4.8 (95.71%) 14 vote[s]

Apakah neraca saldo itu ? apakah manfaatnya bagi perusahaan ? 

A. Pengertian Neraca Saldo (Trial balance)


Akuntansilengkap.com – Neraca saldo (trial balance) mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Neraca saldo termasuk sebagai sebuah tahap dalam siklus akuntansi yang disusun setelah dilakukan pemostingan jurnal umum buku besar.

Definisi neraca saldo adalah sebagai suatu daftar yang berisi seluruh jenis nama akun beserta saldo total dari setiap akun yang disusun secara sistematis sesuai dengan kode akun yang bersumber dari buku besar perusahaan pada periode tertentu.

Ringkasnya neraca saldo disusun setelah penyusunan buku besar, akun dalam neraca saldo harus dibuat secara sistematis (sesuai dengan kode akun)/ tidak boleh acak.

B. Manfaat Neraca Saldo


Manfaat dari penyusunan neraca saldo bagi suatu perusahaan adalah :

1. Dapat memudahkan melakukan pengecekan terhadap kebenaran buku besar yang telah dibuat. Ketika jurnal buku besar yang dibuat dengan benar sebagai dasar penyusunan neraca saldo, maka jumlah total angka kolom debet dan kredit yang muncul di neraca saldo akan menunjukkan jumlah saldo yang ballance (sama). Dengan demikian neraca saldo dapat dianggap benar.

2. Penyusunan neraca saldo bermanfaat sebagai sumber pembuatan kertas kerja (neraca lajur) dan sebagai dasar penyusunan laporan keuangan perusahaan.

C. BentukNeraca saldo (Trial balance)


Format/bentuk neraca saldo yang sederhana memiliki 4 kolom utama diantaranya kolom kode (nomor) akun, kolom nama akun (keterangan), kolom debet dan kredit seperti gambar berikut ini:

pengertian neraca saldo beserta bentuk dan contohnya 1

Keterangan :

1. Kolom Kode (nomer) Akun

Kolom tersebut berisi berbagai kode akun dari setiap akun yang terdapat dalam buku besar perusahaan tersebut. Nomer/kode akun harus ditulis secara sistematis atau urut mulai dari kode 1 yang menunjukkan kode akun Harta sampai kode 4 yang menunjukkan kode akun Beban.

2. Kolom Nama Akun

Kolom berikut berisi berbagai nama akun yang tercantum dalam buku besar perusahaan. penulisan dalam neraca saldo di urutkan dari golongan akun harta, akun hutang, akun modal, akun pendapatan dan yang terakhir adalah akun beban.

3. Kolom Debit

Kolom berikut berisi saldo dari setiap akun yang memiliki saldo debet sesuai dengan buku besar.

4. Kolom Kredit

Kolom berikut berisi saldo setiap akun yang memiliki saldo total kredit sesuai yang ada di dalam buku besar.

D. Contoh Neraca Saldo Perusahaan


Berikut ini adalah sebagai gambaran atau contoh  dari neraca saldo perusahaan.
pengertian neraca saldo beserta bentuk dan contohnyaKesimpulan

Neraca saldo (trial balance) adalah suatu buku yang menyediakan informasi mengenai kumpulan saldo yang berasal  dari kata uang dimiliki oleh rekening bank-bank terkait.

Neraca saldo memiliki format beberapa kolom utama yang digunakan untuk melakukan pecatatan/pendataan berupa nomer akun, nama akun, kolom debet dan kredit.

Neraca saldo merupakan suatu daftar yang berisi kumpulan seluruh jenis nama akun beserta total saldonya yang dibuat dan diurutkan secara sistematis (urut) sesuai dengan golongan dan kode akunnya yang bersumber dari buku besar perusahaan pada perusahaan tertentu.

Itulah tadi penjelasan mengenai Pengertian Neraca Saldo Serta Bentuk dan Contohnya. Semoga bermanfaat bagi pembaca akuntansilengkap.com. Sekian dan terimakasih.

Baca juga artikel lainnya:

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.