Neraca Saldo Setelah Penyesuaian Perusahaan Jasa Service Dengan Contoh Jurnal Penyesuaian

Posted on
Neraca Saldo Setelah Penyesuaian Perusahaan Jasa Service Dengan Contoh Jurnal Penyesuaian
4 (80%) 6 vote[s]

neraca saldo setelah penyesuaian

Pengertian Neraca Saldo Setelah Penyesuaian


Neraca saldo setelah disesuaikan dengan jurnal penyesuaian adalah kolom yang sudah mencerminkan atau menunjukkan keadaan yang sebenarnya. Informasi angka-angka yang terdapat pada kolom ini adalah hasil dari menambah atau mengurangkan angka-angka yang ada di dalam kolom jurnal penyesuaian.

Saldo / angka /akun perkiraan yang tidak dipengaruhi oleh jurnal penyesuian, dapat langsung kita pindahkan ke dalam kolom neraca saldo setelah disesuaikan.

Baca juga: Contoh Neraca Saldo Perusahaan Dagang (4 Langkah Mudah)

Contoh Transaksi Neraca Saldo Setelah Disesuaikan


neraca saldo setelah penyesuaian2

Pada tanggal 31 Desember 2008, Tuang Budi memeriksa berbagai perkiraan serta saldonya seperti yang terlihat dalam neraca saldo, dan memutuskan sebagai berikut:

  1. Peralatan service yang dipakai selama 3 tahun sejak dibeli mengalami penyusutan peralatan service pada bulan Desember 2016 sebesar Rp. 25.000.
  1. Perlengkapan yang dibeli sebesar Rp.300.000,-, dan jumlah yang telah dipakai untuk kegiatan perusahaan, selama bulan Desember 2016 sebesar Rp.250.000.
  1. Sewa dibayar dimuka untuk pemakaian selama 3 bulan sebesar Rp.120.000. pada tanggal 31 Desember 2016 baru terpakai selama satu bulan.
  1. Pembayaran gaji yang terakhir adalah pada hari Sabtu, 28 Desember 2016. Pembayaran gaji yang selanjutnya tanggal 4 januari 2017, tetapi gaji untuk bekerja dari tanggal 30 Desember sd Desember 2016 sudah dihitung biaya ,meskipun belum dibayar sebesar Rp. 18.000.
  1. Hutang bank, oleh perusahaan telah diambil pada tanggal 27 Desember 2016. Dari pinjaman ini, Tn Budi dibebani bunga sebesar 12%dalam setahun. Bunga ini harus dibayar sebulan sekali dan pembayaran bunga pertama kali jatuh pada tanggal 27 Januari 2017.

Walaupun tanggal 31 Desember 2016 belum ada pembayaran bunga, tapi bunga dari tanggal 28 s.d. 31 Desember 2016 akan menjadi biaya pada bulan tersebut dan oleh karena itu harus diactat.

Diperoleh Jurnal Penyesuaiannya dan Neraca Saldo Setelah Penyesuaiannya sebagai berikut

neraca saldo setelah penyesuaian jurnal penyesuianTn. Budi
Neraca Saldo Setelah Penyesuaian
Desember 2016neraca saldo setelah penyesuaian 4Demikianlah pembahasan mengenai Neraca Saldo Setelah Penyesuaian Perusahaan Jasa Service Dengan Contoh Jurnal Penyesuaian. Semoga bermanfaat. 

Kunjungi Juga Artikel Lainnya

  1. Cara “Mudah” Membuat Neraca Saldo Beserta Bentuk dan Penjelasan Lengkap
  2. Pengertian Dan Penggolongan Akun Dalam Akuntansi
  3. Pengertian Debet Dan Kredit Dalam Akuntansi
  4. Inilah 14 Bidang Bidang Profesi Akuntansi Terlengkap
  5. Mau Belajar Akuntansi ? Lihat 8 Contoh Analisis Transaksi Ini
Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.