Pengertian pendapatan “Revenue” dan Definisi Dalam Akuntansi Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian pendapatan secara umum adalah sejumlah uang yang diterima oleh seseorang ataupun badan sebagai akibat dari kegiatan usaha.

Lalu apakah pengertian pendapatan dalam bidang akuntansi ?

Pendapatan dalam dunia akuntansi/bisnis merupakan jumlah uang yang diperoleh atau diterima oleh perusahaan yang disebabkan oleh suatu aktivitas, pada umumnya akibat kegiatan penjualan baik produk ataupun jasa.

Pengertian pendapatan revenue dalam bakuntansi menurut para ahli

Pentingkah pendapatan itu ?

Tentu penting dong !!

Eits tunggu dulu,

Sebelum menyimpulkan baca dulu pernyataan berikut ini,

Pagi penanam saham (investor) pendapatan tidak seberapa dianggap penting dibandingkan dengan keuntungan yang merupakan seluruh uang yang diterima setelah dikurangi pengeluaran. Artinya sebesar apapun pendapatan kalau pengeluarannya juga besar maka kemungkinan keuntungan yang dihasilkan akan sedikit karena dikurangi dengan pengeluaran yang banyak pula.

Indikasi keuntungan dan pendapatan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan manapun, mengingat pertumbuhan pendapatan tentu akan menarik bagi investor untuk menanamkan sahamnya di perusahaan tersebut.

Pengertian Pendapatan Menurut Para Ahli


“Financial Accounting Standards Board (FASB)”

Menyatakan bahwa pendapatan merupakan arus masuk atau kenaikan pada nilai harga satuan usaha atau penghentian hutang-hutang atau kombinasi dari keduanya dalam satu periode yang diperoleh dari penyerahan/produksi barang-barang, penyerahan jasa dan pelaksanaan aktivitas ekonomi lainnya.

Pendapatan menurut jenis usahanya:

Tidak semua perusahaan sama dalam mengartikan suatu pendapatan dikarenakan perusahaan dibawah ini melakukan aktivitas usaha yang berbeda-beda diantaranya:

  1. Perusahaan Industri

Perusahaan industri memperoleh pendapatan melalui hasil yang diperoleh akibat pengolahan atau memproduksi bahan baku menjadi bahan jadi yang kemudian dijual kepada para konsumen.

  1. Perusahaan dagang

Perusahaan dagang memperoleh pendapatan akibat hasil penjualan barang-barang dagang sesuai dengan harga beli barang dari pabrik (perusahaan industri) ditambah dengan laba yang ditentukan.

  1. Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa memperoleh pendapatan dari hasil memberikan pelayanan jasa kepada konsumen dan memperoleh imbalan dari pelayanan yang diberikan.

Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia

Pendapatan adalah arus masuk bruto yang muncul dari aktivitas normal perusahaan dalam satu periode pembukuan yang menambah ekuitas (modal) yang bukan berasal dari pengaruh penanaman modal.

Menurut Kusnadi dalam buku “Akuntansi Keuangan Menengah (Intermediate): Prinsip, Prosedur, dan Metode“ (2000;9)

Pendapatan adalah penambahan sejumlah aktiva yang juga berpengaruh dengan bertambahnya modal melalui penjualan barang dagang maupun pelayanan jasa kepada pihak lain dan bukan berasal dari penyertaan penambahan modal dari investor.

Menurut Theodorus M Tuankotta dalam buku “Teori Akuntansi” (2000;152)

Pendapatan dapat diartikan sebagai keuntungan yang diperoleh dari suatu perusahaan. Pada dasarnya pendapatan merupakan kenaikan laba hasil dari proses arus penciptaan barang dan/atau jasa oleh perusahaan selama kurun waktu tertentu. Pendapatan pada umumnya dinyatakan dalam satuan moneter (uang).

Jenis-Jenis Pendapatan


Pendapatan Operasi

Pendapatan operasi diperoleh dari dua seumber diantaranya:

1. Penjualan kotor merupakan penjualan sebagaimana umumnya (sesuai dengan yang tercantum di faktur) sebelum dikurangi return serta potongan penjualan.

2. Penjualan bersih, penjualan kotor yang sudah dikurangi dengan return dan potongan penjualan atau yang berkaitan dengan pengurangan penjualan lainnya.

Pendapatan non operasi

Pendapatan non operasi diperoleh dari dua sumber diantaranya:

1. Pendapatan sewa adalah sebuah pendapatan yang muncul akibat penyewaan aktiva perusahaan untuk perusahaan atau entitas lainnya.

2. Pendapatan bunga adalah suatu merupakan suatu pendapatan yang didapat atau diterima yang salah satunya penyebabnya adalah seperti telah meminjamkan uangnya kepada pihak lainnya.

Begitulah penjelasan mengenai Pengertian pendapatan “Revenue” dan Definisi Dalam Akuntansi Menurut Para Ahli bisa bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Sekian dan terimakasih.

Kunjungi Juga

:

 

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.