Cara Mengatur Keuangan Bagi Anak Sekolah Yang Mudah

Posted on
Cara Mengatur Keuangan Bagi Anak Sekolah Yang Mudah
5 (100%) 13 votes

cara mengatur keuangan bagi anak sekolah

Kebutuhan manusia dalam ilmu ekonomi bisa dikatakan tidak terbatas adanya. Semua keinginan ingin sekali terealisasi dengan mudah. Kondisi ini tentusaja tidak akan bisa terwujud tanpa adanya pengaturan keuangan yang baik.

Alasannya, dengan mengatur keuangan seseorang bisa memperioritaskan antara kebutuhan primer, skunder, dan tersier. Oleh sebab itulah pada artikel ini akan membagikan tentang tips mengatur keuangan bagi anak, khususnya sekolah (pelajar).

Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan bisa dikatakan mudah-mudah gampang, asalkan ada komitmen yang melakat dalam diri serta mampu dilakukan dalam kurun waktu tertentu akan menjadi pengaruh besar dalam suksesi pengaturan keuangan. Inilah tips awal bagi siapa saja yang ingin mengelola keuangan dengan baik.

Cara Mengatur Keuangan

Adapun beberapa tips tentang pengaturan keuangan ini bisa dilakukan oleh pelajar. Baik berada di tingkat pendidikan SMA, SMP, atapun tingkat SD dan Mahasiswa. Semuanya bisa mengaimplementasikan, dengan langkah-langkah sederhananya adalah sebagai berikut;

Membuat Rencana Keuangan

Menuliskan tentang rencana keuangan menjadi salah satu prioritas yang harus dilakukan bagi pelajar, agar dapat memaksimalkan pendapatan dan pengeluaran dengan baik.

Rencana ini bisa dijalankan dalam jangka panjang dan pendek. Akan tetapi dari kesemua itu lebih baik membuat keduanya, alasannya dengan jalan inilah setiap orang akan fokus pada tujuan yang di inginkan.

  1. Mengendalian Pengeluaran yang Tidak Penting

Langkah kedua dalam mengatur keuangan yang baik bagi seorang pelajar ialah melakukan kontrol pada pengeluaran yang dianggap tidak penting. Kadangkala fenomena ini cukup menarik dan sulit dihindari ketika berada di dalam mall, bekumpul bersama teman, ataupun yang lainnya.

Oleh karena itulah sebagai saran paling klasik yang seringkali dilakukan banyak orang ialah mengindari tempat-temapat yang membuatmu tergoda untuk membeli sesuatu barang tidak berguna, misalnya aksesoris HP, baju mahal, ataupun membelikan pacar yang belum tentu menjadi istri,

  1. Hargai Uang Sekecilpapun

Tips selanjutnya dalam proses mengatur keuangan bagi pelajar ialah menghargai uang sekecil apapun, langkah ini bisa dijalankan misalnya saja dengan tidak menbuang uang recehan seperti nilai 100, 500, atapun 1000-an. Untuk mengantispasinya maka hal yang pelu dilakukan ialah dengan menyimpangnya dalam kaleng susu bekas, ataupun tempat lainya yang dapat menampung uang tersebut.

  1. Cari Tambahan Penghasilan

Langkah lainnya, yang bisa dijalankan dalam upaya mengatur keuangan ialah dengan mencari penghasilan tambahan. Pada saat ini peluang usaha untuk anak sekolah yang bisa di jalani, misalnya saja untuk paleng sepele jika memiliki motor bisa ikut dalam komunitas ojek online. Atapun bisa juga dengan menjadi reseller baju, dan lain sebgainya.

Lihat juga: Jenis-Jenis dan Contoh Usaha Waralaba

  1. Membuat Rekening Tabungan

Dalam upaya melakukan pengelolaan keuangan yang baik, alangkah baiknya jika seorang pelajar membuat buku tabungan sendiri dengan tanpa sepengathuan orangtua. Alasannya agar suatu saat orangtua akan bangga dengan komitmenmu dalam menabung, sehingga sebagai orangtua pasti akan memberikan uang lebih dikemudian hari.

Selain membuat tabungan sendiri, cara ini soolah mengimpelemntasikan pada mata pelajaran Kewarganegaraan (http://dosenppkn.com) yang harus senantisanya bersikap hemat dalam merencanakan masa depan dengan baik.

  1. Disiplin

Setelah proses pengaturan dalam rencana keuangan dilakukan, tidak akan berhasil tanpa adanya komitmen melakukan apa yang sudah digarsikan, Oleh karena itulah sebagai gambaran coblah untuk disiplin pada diri sendiri.

Bahkan, langkah sederhana yang bisa dilakukan misalnya saja ketika tidak melakukan tindakan yang direncanakan kamu harus menghukum dirimu sendiri, hukuman ini tentusaja dilakukan dengan cara yang prefrentif jangan sampai menyakiti diri sendiri. Contoh hukuman prefensitif ini misalnya saja dengan tidak jajan seharian, dengan tidak makan siang, ataupun tindakan yang lainnya.

Lihat juga: 24 Peluang Usaha Sampingan Generasi Milenial (Menjanjikan)

  1. Shodaqoh

Terakhir, setelah iktiar dilakukan. Maka langkah dalam mengatur keuangan bagi anak sekolah haruslah membiasakan diri untuk shodaqoh. Alasan hal ini diunagkpakan sebagai wujud keseriusan kta untuk membantu orang-orang yang membuatuhkan. Bahkan dalam beberapa istilah bijak mengatahkan jika sejatinya “Berbagai Tidak Akan Mengurangi”

Demikianlah tulisan tentang cara mengatur keuangan bagi anak sekolah. Melalui ringkasan ini semoga saja, ya bisa memberikan pengulasan serta rujukan edukasi http://dosenppkn.com kepada para pelajar di Indonesia, terutama yang sedang berjuang untuk masa depannya.

Artikel yang berkaitan:

  1. Peluang Usaha Ternak Menguntungkan dan Menghasilkan
  2. 10 Usaha Yang Paling Laris Di Kampung/Desa
  3. Jenis-Jenis Kredit dan Contohnya
  4. Kelebihan dan Kekurangan Koperasi
  5. Fungsi Asli dan Turunan Uang Serta Contohnya
Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.