Peluang Usaha Ternak Menguntungkan dan Menghasilkan

Posted on
Peluang Usaha Ternak Menguntungkan dan Menghasilkan
Kasih bintang ya !

Peluang usaha ternak [lengkap] | Usaha ternak di Indonesia jika dijalankan dengan serius dan baik maka akan memiliki peluang yang sangat besar. Apalagi dengan usaha ternak konsumsi yang hasilnya banyak dikonsumsi dengan masyarakat seperti ayam, sapi, kambing, dan sebagainya.

Usaha ternak juga memiliki resiko yang tinggi yaitu susahnya memprediksi jumlah angka kematian hewan yang dipelihara, padahal kondisi alam dan letak geografis Indonesia sangat mendukung untuk berjalannya usaha ternak ini. Oleh sebab itu, usaha ternak ini dilakukan dengan diselingi oleh ilmu pengetahuan yang mendalam tentang hewan ternak tersebut. Artikel ini akan membahas mengenai jenis-jenis peluang usaha ternak secara lengkap.

Peluang Usaha Ternak

Dibawah ini merupakan peluang usaha ternak di Indonesia :

  1. Ternak kambing

Hewan kambing salah satu menjadi komoditi pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia maupun luar negeri. Kelebihan dari ternak kambing ini adalah perkembangbiakan hewannya lebih cepat dibandingkan oleh ternak sapi. Usaha ternak kambing ini juga sangat menguntungkan dalam janga waktu yang sedikit karena usaha ternak kambing ini memiliki keuntungan yang besar. Usaha ternak kambing sangat mudah ditemukan di sejumlah desa di Indonesia.

  1. Ternak Sapi

Peluang Usaha Ternak [Lengkap]

Daging sapi merupakan bahan pokok manusia selain beras dan minyak. Usaha ini memiliki keuntungan yang lumayan besar. Permintaan akan daging sapi di Indonesia bisa dikatakan sangat tinggi bahkan belum mencukupi kebutuhan nasional. Hal ini yang mengakibatkan harga daging sapi di Indonesia tinggi dibandingkan negara Asia lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan akan daging sapi, pemerintah Indonesia melakukan berbagai cara yaitu salah satunya mengadakan impor dengan negara Australia dan India.

Usaha ternak sapi ini melonjak pada saat hari raya idul adha tiba, banyak orang yang ingin berkurban membeli sapi sehingga keuntungan yang didapat tinggi.

Baca juga:

  1. 10 Usaha Yang Paling Laris Di Kampung/Desa
  2.  [Lengkap] Jenis-Jenis dan Contoh Usaha Waralaba
  3. Sumber Peluang Usaha Beserta Contoh Usahanya
  1. Ternak Ayam Kampung

Kualitas ayam kampung sangat berbeda dengan ayam potong/ayam boiler, karena ayam kampung memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Harga jual untuk ayam kampung ini lebih besar dibanding ayam potong walaupun peternaknya harus rela memiliharanya dengan jangka waktu yang lama. Selain itu, usaha ternak ayam kampung ini bisa dibilang tidak terlalu banyak yang menjalaninya.

  1. Ternak Lele

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki daya tahan yang tinggi, sehingga apabila menjalankan ternak lele ini bisa dibilang sangat mudah menguntungkan. Apalagi sekarang telah diterapkan metode ternak ikan lele tanpa memerlukan kolom yang luas, melainkan ternak lele dapat juga dilakukan dengan kolom yang dibuat dengan terpal atau plastik pada lahan yang tidak cukup luas.

  1. Ternak Kelinci

Kelinci dikenal dengan hewan yang cepat perkembangbiakannya dan juga minim perawatannya. Dengan hanya menjaga kebersihan kandang saja, usaha ternak kelinci ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Tetapi hewan ini belum begitu banyak dikonsumsi oleh masyarakat sehingga penjualannya masih terbatas di pasaran.

  1. Ternak Burung

Ada berbagai macam burung yang bisak diternakkan, yang sedang populer saat ini ialah ternak burung love bird. Usaha ternak burung ini sangat mudah dijalankan baik itu secara sampingan ataupun rumahan. Permintaan masyarakat akan hewan tersebut bisa dibilang sangat tinggi, bisa kita lihat dihalaman rumah sudah banyak kita jumpai burung yang disangkar digantung dihalaman rumah.

Untuk melakukan usaha ternak ini harus teliti dan telaten saat merawat burung tersebut. hal ini disebabkan burung cepat mati jika tidak rajin merawatnya. Pastikan peternak memberi makan burung dengan teratur dan dengan makanan yang bergizi khusunya mkanan yang disukai oleh burung tersebut.

  1. Ternak Jangkrik

Hewan jangkrik banyak dibeli dikalangan penghobi dan peternak burung kicauan, karena makanan pokok burung kicauan tersebut ialah jangkrik. Dengan kata lain peternak dan penghobi burung kicauan sangat bergantung pada produk ini. Maka jangan heran apabila penjualan jangkrik sulit ditemukan dipasaran karena ketersediannya yang kurang mencukupi.

  1. Ternak Cacing

Salah satu jenis usaha ternak yang mudah untuk dijalankan ialah ternak cacing lumbricus. Tempat berkembangnya cacing ini ialah berupa tanah yang dicampur dengan dedaunan, sampah organik serta jerami. Jika tempat berkembangnya sudah disiapkan dengan baik, maka cacing tersebut akan berkembang biak dengan sendirinya.

  1. Ternak Kroto

Usaha ternak kroto ini hampir sama dengan usaha ternak jangkrik. Meski usaha kroto atau telur semut rangrang ini bisa dibilang cukup rumit, namun dengan berkembangnya ilmu pengetahuan saat ini, usaha ternak kroto ini bisa dilakukan dengan menggunakan toples-toples kecil yang ditempatkan didalam suatu ruangan.

  1. Usaha Ternak Udang

Peluang Usaha Ternak [Lengkap]

Uaha ternak udang bisa dijadikan pilihan usaha yang tepat bagi anda yang ingin menjalankan usaha ditahun ini. Karena usaha ternak udang ini memiliki pangsa pasar yang luas dan nasional. Udang juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat dan memiliki manfaat yang banyak bagi tubuh kita.

Demikianlah artikel diatas yang membahas mengenai Peluang Usaha Ternak [Lengkap]. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi anda yang membacanya. Terimakasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *