24 Peluang Usaha Sampingan Generasi Milenial (Menjanjikan)

Posted on
24 Peluang Usaha Sampingan Generasi Milenial (Menjanjikan)
4.7 (94.29%) 14 votes

Peluang usaha menguntungkan – Siapa sangka banyak orang sukses bahkan di usianya yang sangat muda. Sebut saja Theresia Deka Putri, dari bisnis kopi luaknya, Wanita berusia 24 tahun ini mampu menghasilkan omset berjumlah 1 miliar dari bisnis yang digelutinya.

Kemudian Riezka Rahmatiana, pemilik usaha Justmine Pisang Ijo ini memulai usahanya hanya dengan modal sebesar Rp150.000, dengan usaha dan kerja kerasnya, dia mampu meraih penghargaan The Young Entrepreneur Award.

Ohya, sobat beruntung banget bisa menemui artikel ini, sebab jenis peluang usaha yang akan kami berikan sangat cocok bagi generasi milenial, bahkan kami berikan solusinya langsung. Disamping itu jenis usahanya pun sangat mudah dilakukan bahkan dengan modal yang sangat minim.

So, buat temen-temen yang sangat ingin berbisnis, simak sampai habis yaa.. 😊

Contoh Peluang Usaha Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Bagi sobat yang masih sekolah, tidak usah khawatir lagi jika ingin menjalani sebuah usaha. Kami akan menyajikan contoh-contoh peluang usaha yang bisa berjalan beriringan tanpa mengganggu aktivitas sekolah sobat.

1. Menjadi dropshipper

bisnis dropship

Menjadi seorang dropshiper masih sangat-sangat berpeluang dan mempunyai prospek bagus. Cara kerjanya, sobat hanya tinggal mengajukan pesanan sesuai permintaan konsumen kepada supplier kemudian barang yang dipesan akan sampai ke tangan konsumen secara langsung.

Sobat bisa menggunakan media toko online sebagai acuan. Bahkan sobat juga bisa menjualnya kembali di toko online dengan membedakan harga atau penawarannya.

Apa keuntungan menjadi dropshipper ? sobat tidak harus menyetok barang, tidak membutuhkan modal (kecuali modal untuk internet).

Bagaimana mendapatkan produk yang laris di pasaran ? sobat bisa melihatnya disini, facebooknya Christina lee. 

Baca juga:

  1.  10 Usaha Yang Paling Laris Di Kampung/Desa
  2. Peluang Usaha Ternak Menguntungkan dan Menghasilkan
  3. Sumber Peluang Usaha Beserta Contoh Usahanya
  4. [Lengkap] Jenis-Jenis dan Contoh Usaha Waralaba

2. Berjualan produk dengan pasar online

bisnis online terbaru

Masih berhubungan dengan artikel sebelumnya, sobat bisa membuka lapak di berbagai situs pasar online (marketplace).

Apa keuntungannya ? sobat tidak butuh sewa toko, bisa dioperasikan dimana saja, melalui smartphone, atau laptop.

Di marketplace, sering ada promo/discount. Hal ini bisa menarik konsumen. Sobat bisa mengatur discount tanpa mengurangi keuntungan karena semuanya sudah ditanggung oleh marketplace tersebut. Coba bayangkan, adakah orang yang tidak tertarik dengan discount ? saya rasa tidak ada. Hihi

Contoh toko online yang bisa di akses di Indonesia diantaranya,  OLX, ebay, Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Kaskus FJB.

3. Berjualan di blog/website pribadi

Oke, tips yang pertama adalah hilangkan bayangan susahnya berjualan melalui blog pribadi. Karena saya berani jamin, sebenarnya itu mudah banget. Hanya mungkin masih banyak orang yang belum tau.

Untuk blog/website gratisan, sobat bisa  menggunakan blogspot.com/wordpress.com. Namun jika sobat ingin mempunyai blog seperti “namasobat.com” sobat hanya perlu merogoh kocek sebesar 100.000.

Sobat bisa meminta pihak penyedia jasa domain untuk mensettingkan. Jadi sobat hanya tinggal mengisi konten berupa informasi jualan sobat. Mudah bukan ?

4. Bisnis afiliasi

Bisnis afiliasi sebenarnya hampir mirip dengan bisnis sebelumnya yakni, sobat sebagai reseller sebuah produk kemudian mendapat bagi hasil dari keuntungan penjualan produk. Jadi semakin banyak sobat menjual produk afiliasi tersebut, sobat akan mendapatkan keuntungan yang besar pula.

Jenis produk afiliasi diantaranya, produk berjenis barang hingga jasa, dari yang berbentuk fisik hingga digital.

Nah, bagi sobat yang ingin menjadi afiliator (sebutan bagi member afiliasi) sobat harus memiliki kemampuan internet marketing yang akan mengantarkan pada jalur kesuksesan.

5. Peluang usaha software developer

Sobat harus percaya bahwa bisnis ini akan subur puluhan tahun mendatang, mengapa ? karena perkembangan teknologi yang semakin meningkat dan gaya hidup masyarakat yang semakin modern dan semakin menuju ke kemajuan pesat. Maka bisnis ini akan menjadi bisnis yang sangat menghasilkan atau menciptakan keuntungan besar.

Bagi sobat yang sedang sekolah, sebaiknya mencari kursus-kursus sebagai developer software. Nantinya, kemampuan sobat bisa digunakan untuk membuka jasa, atau bahkan membangun software sobat sendiri.

6. Peluang bisnis startup

Startup itu seperti apa ? startup adalah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi yang berkembang di internet. Contoh startup diantaranya Tokopedia, Traveloka, OLX, Bukalapak, Gojek dan masih banyak lagi.

Bisnis ini sangat potensial, syaratnya, sobat harus pandai dalam bidang pemrograman dan pemasaran bisnis tentunya.

7. Peluang usaha jasa desain grafis online

Siapa yang tidak membutuhkan desain untuk membuat usahanya makin terkenal ? jadi selama sebuah bisnis itu ada, pasti membutuhkan desain untuk memperkenalkan usahanya.

Jadi peluang usaha desain grafis ini gak ada matinya sob.

8. Peluang usaha  media sosial

Kalo media social sobat hanya sebatas untuk update status, atau ngepoin mantan, sebaiknya mulai sekarang sobat belajar bagaimana menggunakan media social sebagai lahan bisnis.

Fungsi media sosial saat ini sangat multifungsional. Contohnya, media sosial saat ini digunakan untuk personal branding bagi tokoh-tokoh, seperti penulis, motivator, tokoh politik dan masih banyak lainnya.

Maka jangan heran jika sobat melihat fanspage “berseponsor” bertebarang di media social.

Nah karena kesibukan mereka, biasanya mereka membutuhkan pihak lain untuk mengelola akun media sosialnya. Nah kita bisa memanfaatkan peluang ini.

9. Peluang bisnis publisher adsense

Sobat pernah dengar tentang gaji dari blog/website ? nah setiap orang bisa mendapatkan penghasilan dari website/blog pribadi. Bagaimana caranya ? dengan mendaftarkan diri sebagai publisher adsense lalu tugas utamanya adalah menarik sebanyak mungkin pengunjung ke blog atau website pibadi dan menampilkan space iklan dari google.

Sebagai referensi, silahkan baca-baca disini.

11. Jasa pembuatan website

Dari belajar membuat website, sobat bisa mengembangkannya menjadi berbagai kebutuhan lain. Setiap badan usaha, instansi, jika diperhatikan semuanya menggunakan media website sebagai media informasi.

Jadi membuka jasa pembuatan website bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah juga sob. 🙂

12. Penulis artikel

Kiat-kiat menjadi penulis artikel yang berkualitas diantaranya:

  1. mampu menarik hati pembaca.
  2. memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca.
  3. kalimat yang komunikatif.

Sobat bisa melatih keterampilan menulis dengan melihat website-website yang juga menawarkan tulisan-tulisan yang menarik. Cara lain adalah memperbanyak bacaan seperti novel, artikel humor dan masih banyak yang lainnya.

13. Peluang bisnis, menjadi Youtuber

Raditya Dika, Ria Ricis, Bayu Skak adalah contoh youtuber terkenal dengan masing-masing subscriber terbanyak versi detik.

Kalo soal penghasilannya, lebih baik Tanya sendiri sama yang bersangkutan yaa. Hhe

Yang jelas, mereka bisa mendapatkan penghasilan puluhan hingga ratusan juta rupiah. Dan yang paling terpenting dari seorang creator adalah adalah memikirkan dengan matang tema video yang berkualitas yang akan diupload ke youtube.

Jumlah viewer dan subscriber di channel Youtube akan menentukan jumlah penghasilan sobat nantinya. Jadi silahkan buat video-video semenarik dan semanfaat mungkin sob.

 14. Penyedia jasa pindah rumah

Pernahkah sobat bingung saat mencari kosan, atau hunian lainnya ?

Pada umumnya, sebuah peluang usaha muncul dari sebuah masalah. Sobat bisa mencarikan solusi bagi teman-teman yang bingung mencari hunian di suatu daerah. Pada banyak kasus, ini terjadi pada mahasiswa baru, yang kebanyakan mereka berasal dari luar daerah.

Peluang ini bisa sobat jadikan bisnis juga.

Hal yang perlu diperhatikan seperti:

  1. pemberian kualitas pelayanan.
  2. jalur promosi yang tepat seperti via surat kabar, stiker, media sosial dan lain-lain.

15. Jasa rental drone

Drone merupakan kamera yang dibekali dengan HD (High definition). Drone sangat dibutuhkan bagi penyedia wisata, untuk event-event sekolah/kampus dan masih banyak lagi.

Ingat, berawal dari kebutuhan, peluang usaha bisa tercipta.

16. Menyediakan jasa pembuatan kartu undangan dan kartu ucapan unik

bisnis kartu ucapan
Contoh kartu ucapan di canva.com

Gak punya skill desain ? ribet mau belajar ? saya punya solusinya, silahkan ke Canva.com, disana menyediakan ribuan template gratis.

Buat bikin undangan, lengkap banget fitur-fiturnya. Dan yang paling penting tanpa bayar alias gretong hhe.

Sobat bisa edit (tambahin symbol-simbol) dan bahkan bisa menyisipkan foto kita sendiri.

Gimana peluangnya ? wah tentu masih sangat banyak yang membutuhkan jasa pembuatan kartu undangan dan lain sebagainya. Mengingat pasti yang jomblo-jomblo juga masih pada mau nikah kann.

Jadi menurut saya, jenis peluang usaha ini masih banyak kesempatan buat sobat yang mau membangun  sebuah usaha.

17. Membuat produk dari daur ulang plastik

Melihat sampah plastic di lingkungan rumah kita tentunya sangat mengganggu pemandangan. Dengan berbekal video-video di YouTube, sobat bisa menjadikannya produk bermanfaat lain seperti  tas, dompet, rak sepatu, rak tas dan masih banyak lagi.

Semakin banyak sobat memperkenalkan produk daur ulang, tentu akan menambah keuntungan sobat dan bisa mengurangi limbah plastic.

 18. Jasa laundry

Usaha laundry saat ini sudah tidak mengenal kota atau desa. Karena setiap orang punya kesibukan masing-masing. Kebanyakan orang saat ini, dibandingkan untuk mencuci pasti lebih baik waktunya digunakan untuk mengerjakan pekerjaan lain yang lebih mengasah skill atau menambah penghasilan lain.

19. Jasa cuci motor

Jika usaha cuci motor di lingkungan sobat sudah menjamur. Sobat bisa berinovasi dengan menambahkan layanan antar jemput kendaraan konsumen. Jadi konsumen hanya tinggal menelfon sobat lalu motornya akan dijemput > dicuci > lalu dikembalikan.

Pada intinya konsumen tidak perlu menunggu. Hal  ini menjadi nilai lebih pada usaha cuci motor/mobil sobat.

 20. Membuka bimbingan belajar

Keuntungan membuka bimbingan belajar adalah sobat hanya tinggal di rumah, dan mengajarkan pada teman-teman. Sehingga tidak membutuhkan modal.

Jadi, yang mungkin tadinya pulang sekolah, lalu malas-malasan dengan gawai (handphone) akan tergantikan dengan kegiatan yang lebih bermanfaat dan menguntungkan pastinya.

Jaman sekarang, kurikulum semakiin memiliki target yang tinggi dalam pencapaian prestasi siswa.

Hal yang perlu disiapkan adalah  kemampuan dan integritas sobat dalam mendidik peserta didik supaya memperoleh prestasi dengan hasil yang lebih baik.

21. Franchise produk makanan dan minuman

bisnis franchise murah

Franchise adalah bisnis yang menyetorkan sejumlah modal ke perusahaan atau brand produk makanan tertentu untuk dapat menjual makanan tersebut.

Apa keuntungan franchise ? dengan frenchise kita tidak perlu repot lagi mengenalkan produk yang akan kita jual. Karena pada dasarnya kita menjual produk yang memang sudah benar-benar dikenal oleh khalayak ramai, baik tampilan dan rasanya.

Contoh franchise  seperti,

  1. Kebab Turki Baba Rafi
  2. Cfc (produk ayam goreng)
  3. Kebab Kings
  4. Osaka Ramen
  5. Dan masih banyak lagi.

Biasanya setiap daerah memiliki produk franchisenya masing-masing.

22. Berbisnis food truck

Tidak perlu risau mendengan truck, kita sudah biasa melihat tahu bulat yang juga mengadopsi sistem bisnis food truck ini. Yah memang sesederhana itu.

Usaha ini memang agak membutuhkan modal lebih dibandingkan bisnis-bisnis sebelumnya. Bagi yang belum punya kendaraan mobil, kita harus merogoh kocek untuk menyewa nya.

Solusinya, kita harus menjalin kerjasama dengan orang yang sudah memiliki mobil.

Untuk permulaan, sobat bisa berjualan yang menjadi kebutuhan banyak orang, contohnya pada saat-saat ramai, seperti di acara car free day yang rutin diadakan setiap minggu misalnya. Kita bisa menjual minuman dan makanan ringan.

23. Bisnis minuman

peluang usaha minuman

Sebagai contoh, untuk bisnis minuman nutrisi, sobat bisa menarget lokasi penjualan di tempat yang banyak orang membutuhkan minum. Sebagai contoh di dekat lapangan.

Karena di lapangan itu tempat orang-orang berkumpul, dan melakukan olahraga yang pasti menguras cairan tubuh. Nah sobat bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka gerai minuman.

Lain halnya dengan minuman relaksasi, seperti kopi, teh dan susu. Sobat bisa menginovasi 3 produk ini menjadi produk minuman yang baru, dan bisa meningkatkan nilai jualnya.

24. Jual beli ikan hias

bisnis ikan hias

Bisnis ini termasuk bisnis yang tidak ada matinya. Coba bayangkan, siapa yang tidak suka keindahan ? dan saya rasa ikan hias bisa menawarkan keindahan tersendiri bagi seseorang.

Baik dari kalangan anak-anak hingga orang tua banyak yang minat terhadap ikan hias. Terbukti dengan banyaknya kompetisi, dan komunitas-komunitas pecinta ikan hias.

Nah sobat hanya tinggal mengarahkan orang-orang untuk mengunjungi toko sobat dan mulai bertransaksi.

Tips membangun bisnis ikan hias.

  1. Susun rak-rak aquarium yang bersih dan rapi.
  2. Lakukan promosi melalui media social dengan menampilkan foto atau gambar ikan yang dijual secara menarik.
  3. Berikan alasan, mengapa orang harus membeli ikan hias di toko anda.

Note:

Demikianlah artikel tentang 24 Peluang Usaha Sampingan Generasi Milenial (Menjanjikan) yang bisa kami berikan. Terima kasih banyak atas kunjungannya. Jangan lupa share jika dirasa bermanfaat, supaya kami lebih semangat lagi membuat konten-konten yang baru.

Silahkan tinggalkan komentar sobat di bawah ya ! 🙂 

Kunjungi artikel terkait:

  1. Syarat Membuat SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) Perseorangan
  2. Pengertian SITU (Surat Izin Tempat Usaha)
  3.  Jenis-Jenis Kredit dan Contohnya
  4. 3 Pengertian Sisa Hasil Usaha Koperasi Menurut Para Ahli
  5. Pengertian Resiko Usaha, Jenis Jenis dan Contohnya
Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

Comments are closed.