10 Usaha Yang Paling Laris Di Kampung/Desa

Posted on

10 Usaha yang paling laris di kampung| Kebanyakan orang berfikir bahwa untuk menjalankan usaha yang menjanjikan hanya terdapat di kota. Namun dalam kenyataannya tidak demikian, di desa juga nyatanya terdapat banyak sekali peluang usaha. Dengan membuka usaha di desa akan membuahkan hasil yang bagus dengan tekad ingin berusaha dan mau belajar mengembangkan diri untuk terus maju.

10 Usaha yang Paling Laris di Desa

Dibawah ini merupakan usaha-usaha yang dapat dibilang paling laris di desa, yaitu sebagai berikut:

1. Usaha Kuliner

usaha yang menguntungkan di desa

Usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang terkenal tiada matinya dan akan terus ada selama manusia masih ada di dunia ini. Jika anda ingin mencoba melakukan usaha kuliner ini di desa dengan tantangan bahwa daya beli masyarakat desa cenderung rendah daripada kota, tetapi tidak ada salahnya jika ingin mencoba.

Namun sebelum membuka usaha kuliner ini, perlu mempersiapkan seperti makanan apa yang hendak di jual sesuai dengan permintaan pasar, dan daya beli masyarakat.

Contoh produk kuliner yang dapat dijual di desa misalnya seperti:

  • Berjualan kue dengan sistem pre-order atau pemesanan
  • Membuka warung makan sederhana dengan memiliki menu dan rasa yang khas agar terdapat perbedaan dengan warung lainnya, misalnya seperti bakso, pecel, soto, dan lain-lain.

2. Usaha Bimbingan Belajar di Desa

contoh usaha modal kecil

Dalam memperdalam pengetahunnya, para siswa diperkotaan mayoritas mengikuti bimbingan belajar (bimbel). Namun berbeda dengan di desa, untuk menemukan tempat bimbel merupakan hal yang cukup sulit. Maka dari itu hal ini dapat menjadi peluang usaha untuk orang-orang yang tertarik membuka usaha di bidang pendidikan.

Usaha membuka bimbingan belajar di desa memiliki prospek yang cerah jika dilihat bagaimana perkembangan positif pola pikir masyarakat desa dengan pentingnya pendidikan bagi anak.

Namun dalam menjalankan usaha ini harus melibatkan orang yang memiliki background pendidikan. Hal ini merupakan penting dalam membangun kepercayaan calon konsumen terhadap usaha yang akan dibangun.

3. Usaha Pengepul Hasil Ternak dan Hasil Pertanian di Desa

bisnis yang laku setiap hari

Para petani dan peternak di desa memiliki beberapa kendala misalnya seperti masalah distribusi dan penjualan hasil ternak atau kebunnya. Atas ketidak mampuan dalam menjual ini disertai dengan kurangnya fasilitas transportasi menjadi kendala lain bagi para petani dan peternak.

Maka dari itu hal ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha bagi orang-orang yang ahli dalam bidang negosiasi dalam mencapai kesepakatan. Dengan membuka usaha ini dengan cara mempertemukan petani atau peternak dengan pedagang yang selanjutnya akan menjualkan barang dan memperoleh laba dari selisih harga yang telah dijadikan standar bagi kedua pihak.

4. Usaha Franchise atau Waralaba di Desa

usaha kecil sukses

Menurut beberapa orang usaha franchise sering dianggap sebagai usaha yang mahal karena produk yang dijual termasuk dalam golongan yang mahal sehingga kurang cocok dalam membuka usaha tersebut di desa

Apabila diperhatikan lebih jeli ada beberapa  franchise yang hargnya cukup terjankau. Di desa  masih cukup sulit dalam menemukan usaha franchise. Hal ini merupakan suatu peluang usaha yang masih sangat sedikit pesaing.

Selain itu di desa yang sedang berkembang biasanya masyarakatnya tertarik kepada sesuatu yang berbau perkotaan misalnya seperti produk franchise ini. Hal ini dapat menjadi suatu peluang yang besar untuk keberhasilan usaha franchise di desa.

5. Usaha Service Barang Elektronik di Desa

usaha menjanjikan untuk masa depan

Dalam penggunaan barang termasuk barang elektronik warga desa termasuk hemat dalam penggunannya. Apabila masih dapat digunakan dan diperbaiki biasanya mereka akan berusaha memperbaikinya dahulu. Hal ini dapat menjadi suatu peluang bagi orang yang ahli dalam bidang servis barang elektronik.

6. Usaha Makanan Khas Daerah di Desa

peluang usaha di desa berkembang

Apabila suatu desa yang termasuk dalam daerah wisata biasanya akan banyak dikunjungi wisatawan. Usaha makanan khas daerah perlu untuk dicoba karena pada umumnya wisatawan pasti akan mencari oleh-oleh kas daerah tersebut.

7. Usaha Pulsa

usaha menjanjikan untuk masa depan

Dalam membuka usaha pulsa elektronik di desa termasuk usaha yang laris di desa, karena semua orang membutuhkan pulsa untuk mampu terus berkomunikasi dengan lancar. Selain itu tidak banyak masyarakat desa menjual pulsa elektrik, sehingga sedikit pesaing yang dimiliki.

8. Usaha Menjahit

10 Usaha yang Paling Laris di Desa

Usaha menjahit merupakan usaha yang sangat cocok dan laris di desa apabila memiliki keahlian dalam bidang menjahit apalagi ditambah dengan penjahit yang memiliki gaya fashion yang terbaru serta memiliki kreatifitas serta inovasi baru sehingga hasil jahitan dapat menarik perhatian para pelanggan di desa.

9. Usaha Toko Pakaian

10 Usaha yang Paling Laris di Desa

Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia, sehingga tidak heran jika usaha toko pakaian ini lebih mudah untuk berkembang. Dengan jarak di desa ke kota lumayan jauh, maka dengan membuka usaha toko pakaian dapat menjadi solusi dan peluang terbaik dalam masalah ini.

10. Usaha Toko Kelontong

peluang usaha di desa terpencil

Usaha toko kelontong adalah usaha yang skalanya sederhana dimana usaha ini menjual kebutuhan sehari-hari misalnya seperti bahan sembako, bumbu dapur, perabot rumah tangga, dan lain-lain. Usaha toko kelontong merupakan usaha yang cocok untuk dijadikan pekerjaan sampinan untuk ibu rumah tangga di desa. Usaha toko kelontong ini termasuk usaha yang sangat laris dan mampu bertahan cukup lama.

Demikianlah penjelasan mengenai 10 Usaha yang Paling Laris di Desa. Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *