Sumber Peluang Usaha Beserta Contoh Usahanya

Posted on

Peluang Usaha, Sumber-Sumber Peluang Usaha dan Contohnya – ada berbagai macam peluang usaha yang ada di sekeliling kita, dan bahkan peluang tersebut berasal dari kita sendiri. Namun kerap kali seseorang tidak/belum menyadari potensi usaha yang bisa dia kembangkan.

Peluang Usaha

Cerita Pengalaman Usaha

Sedikit pengalaman saya tentang memulai usaha. Pada tahun 2014, saya ingin sekali memiliki sebuah gitar akustik dengan harga yang lumayan mahal. Profesi saya sebagai mahasiswa, tentu uang menjadi hambatan saya untuk mewujudkan keinginan saya tersebut.

Tak habis akal saya pun berniat menjual gitar (tanpa modal saat itu) loh gak punya uang (modal) kok malah mau jual gitar ?

Ya memang saya tidak mempunyai uang untuk membeli gitar pada saat itu, lantas bagaimana bisa menjual barang tanpa modal ?

Awal mulanya saya hanya memasang gambar gitar dan mempromosikannya di sebuah marketplace online, o*x.com pada saat itu. Ternyata ada yang berminat membelinya, tanpa pikir panjang saya meminjam uang pada orang tua sebesar Rp. 750.000 dan membeli gitar tersebut lalu menjualnya kepada orang yang berminat sekaligus menjadi costumer pertama saya pada saat itu, seharga Rp. 850.000. Jadi berapa untung yang saya peroleh ? bisa kalian hitung sendiri yah. ^^. (Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Produk )

Tak berhenti disitu, saya melanjutkan promosi ke rekan-rekan dan media sosial saya yang lain hingga bisa menghasilkan 4 kali penjualan pada saat itu. Nah dengan begitu keinginan untuk membeli gitar impian sudah mulai menemukan jalannya bukan ?

Kesimpulannya, jangan pernah takut untuk memulai usaha, jika anda tidak memiliki modal, mungkin anda bisa menggunakan cara-cara seperti diatas. Pada intinya, sebuah usaha tercipta karena adanya kebutuhan. 

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan informasi tentang sumber-sumber peluang usaha beserta contohnya. Semoga bermanfaat dan bisa memotivasi pembaca untuk menjalankan suatu usaha.

Baca juga:

  1. [Lengkap] Jenis-Jenis dan Contoh Usaha Waralaba
  2. 13 Ciri-Ciri Kewirausahaan Serta Tujuannya
  3.  3 Jenis Strategi Pemasaran dan Contoh “Lengkap”

Peluang Usaha dari Diri Sendiri

Peluang usaha yang pertama berasal dari dalam diri sendiri, kok bisa ya ? simak alasannya berikut ini.

Pertama, setiap usaha membutuhkan proses yang panjang dan tidak selamanya mulus. Jadi, setiap orang harus memiliki konsistensi dan komitmen yang tinggi akan usahanya.

Rahasia orang sukses adalah fokus dengan apa yang dia lakukan, bagaimana bisa sukses jika kita tidak fokus ? Motivasi yang sering diucapkan oleh motivator-motivator bisnis seperti:

Kesuksesan hanya selangkah lagi, namun kau memutuskan untuk berhenti di kegagalan yang terakhir.

Jangan pernah menyerah, dan terus ber-improvisasi.

Anda harus mencintai pekerjaan, supaya pekerjaan dapat mencintaimu.

Kesuksesan usaha adalah akumulasi dari keberhasilan menaklukan kegagalan demi kegagalan. Sehingga, jelas saja seseorang akan menjadi terampil, ahli dan akan cukup pengetahuannya yang menyebabkan seseorang dapat cepat sukses.

Salah satu peluang yang berasal dari diri Anda adalah sebagai berikut:

1. Contoh Peluang Usaha dari Hobi

Bukti dari hobi yang bisa menjadi peluang usaha:

Contoh Peluang Usaha dari Hobi

sumber peluang usaha dan contohnya

  1. Siapa yang tidak kenal Bill Gates ? yak, Bill Gates memiliki hobi mengutak-atik computer, dan dia menganggap sistem operasi computer pertama, tidak efektif, sehingga ia menciptakan DOS (Disk Operating System) yang kemudian berkembang menjadi Windows sebagai Sistem Operasi computer yang lebih ringan dan canggih.
  2. Pernahkah anda mendengar atau bahkan membeli kaos sablon bermerek C59 ? Adalah Marius Widyarto yang berbekal hobi menyablon kaos, dan membuat teman-temannya tertarik, sehingga di pasarkan kaos produksinya dan bisnis ini mampu membuatnya sukses. 

2. Contoh Peluang Usaha dari Keahlian

Skill atau keahlian sangat mutlak dibutuhkan dalam membangun sebuah usaha, mungkin akan muncul pertanyaan seperti, bagaimana jika saya tidak punya skill atau keahlian ? Sekarang lembaga kursus sudah bertebaran dimana-mana,

Dengan skill, anda mempunyai modal untuk mengembangkan usaha sesuai dengan keahlian anda masing-masing.

Contoh Peluang Usaha dari Keahlian

contoh peluang usaha dari lingkungan

  • Pencipta mesin pencari GOOGLE adalah Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan ahli matematika dari Stanford University yang menemukan peluang usaha dari masalah yang mereka hadapi. 

Baca juga:

  1. Pengertian Riset Pemasaran : Tujuan, Metode dan Objek
  2. Pengertian Bauran Pemasaran dan 7 Variabel
  3. 8 Pengertian Komunikasi Pemasaran dan Bentuknya

3. Peluang Usaha dari Pengetahuan dan Latar Belakang Pendidikan

Pengetahuan sangat potensial untuk menemukan peluang. Sekolah tinggi tidak menjadi jaminan untuk sukses, tapi pengetahuan pasti dapat diolah untuk membangun sebuah usaha. Karena dengan pengetahuan, ada bisa mempelajari, dan memahami suatu bidang tertentu.

Contoh Peluang Usaha dari Pendidikan
  • Seorang anak lulusan SMK dengan jurusan teknik mesin yang mengetahui bidang-bidang dalam mesin motor, dapat merintis usaha bengkel, karena banyaknya keluhan atau kesulitan yang dihadapi pemilik motor/mobil karena keterbatasan pengetahuan yang dimilikinya. 

Peluang dari Lingkungan

Bisa jadi orang tua anda dirumah atau orang-orang tua di lingkungan anda memiliki usaha namun tidak bisa memasarkannya secara luas, tentu ini bisa menjadi peluang usaha bagi yang muda dan melek teknologi untuk memasarkannya melalui online, mudah bukan ?

Tentu hal tersebut merupakan bekal dari pengetahuan atau latar belakang pendidikan, hobi dari teman-teman.

Contoh Peluang dari Lingkungan

Bob Sadino itu kok bisa berhasil seperti itu ya ? apa rahasianya ? Ternyata Bob Sadino menemukan inspirasi/ide bisnis dari lingkungan tempat ia tingal.

Beliau merintis usaha dengan bekal 50 ekor ayam milik tetangganya, kemudian menghasilkan telur yang ia tawarkan kepada kaum ekspatriat di daerah kemang. Namun karena lingkungan ekspatriat sangat memperhatikan faktor kebersian, sehingga BOB kemudian mengembangkan kebun sayuran organic dengan cara hidroponik.

Meskipun sudah sukses wirausaham, Bob Sadino sangat berperilaku sederhana seperti kebiasaanya yang selalu mengenakan celana pendek. 

Peluang dari perubahan yang Terjadi

Perubahan yang dimaksud seperti di sekitar tempat tinggal anda sedang ada pembangunan perumahan baru. Artinya akan ada penduduk baru yang akan datang.

Nah kondisi ini bisa kita manfaatkan untuk mendirikan sebuah usaha seperti bengkel, kebutuhan rumah tangga, toko kelontong, toko buku, dan sebagainya.

  • Perubahan gaya hidup. Tentu menciptakan peluang di bidang fashion, kesehatan dan pola makan masyarkat umumnya.
  • Perubahan tingkat pekerjaan yang berat, sehingga menciptakan peluang tempat wisata.
  • Perubahan teknologi informasi dan komunikasi. Peluang yang diciptakan seperti konter HP/Laptop, sistem penjulan online.
  • Perubahan jumlah laju pertumbuhan kendaraan, akan menciptakan peluang seperti penjualan suku cadang asuransi, bengkel dan aksesoris.

Peluang dari Konsumen

Anda bisa menemukan peluang usaha dengan cara mendenagarkan suara-suara dari konsumen seperti:

  • Permintaan khusus konsumen dan calon konsumen
  • Keluhan-keluhan konsumen
  • Saran-saran konsumen
  • Angan-angan yang diimpikan konsumen tentang produk atau jasa tertentu.
  • Harapan dari konsumen terhadap produk atau jasa Anda.

Peluang yang timbul dari Gagasan Orang lain

Contoh peluang usaha dari gagasan orang lain seperti: teman anda memiliki ide supaya sampah yang ada di sekolah dipisahkan antara sampah organik dan non-organik.

Lalu peluang apa yang muncul ? anda bisa membuat usaha daur ulang sampah organic dan non organic menjadi sesuatu yang berguna.

Peluang dari Informasi yang Diperoleh

Peluang usaha dari Informasi yang diperoleh, seperti:

  • Anda mendapatkan informasi tentang produk baru yang lagi viral atau trending dan anda mengetahui cara mendapatkan atau membelinya dengan harga dibawah pasaran. Tentu anda akan dapat mudah memasarkannya, apalagi saat ini sudah banyak marketplace online yang akan membantu anda memasarkan produk lebih efektif.

Demikianlah pembahasan tentang Sumber Peluang Usaha Beserta Contoh Usahanya. Semoga bermanfaat menambah inspirasi peluang usaha teman-teman semuanya. Terima kasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi artikel terbaru:

  1.  12 Pihak Pemakai Informasi Akuntansi [LENGKAP]
  2. 10 Prospek Kerja Jurusan Akuntansi “Terbaru”
  3. Pengertian dan Karakeritstik Perusahaan Jasa
  4.  Pengertian, Jenis dan Karakteristik Perusahaan Dagang
  5. 12 Contoh Macam-Macam Bukti Transaksi Perusahaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *