Fungsi Asli dan Turunan Uang Serta Contohnya

Posted on

Fungsi asli dan turunan uang serta contohnya | Uang merupakan suatu alat atau benda yang dapat diterima seseorang dan dapat ditetapkan secara umum oleh masyarakat luas dalam melakukan transaksi kegiatan ekonomi. Uang memiliki fungsi utama sebagai alat tukar, Selain itu uang juga memiliki fungsi lain yaitu fungsi asli uang dan fungsi turunan uang. Artikel ini akan membahas mengenai fungsi asli, fungsi turunan uang serta contohnya secara lengkap. (Baca juga: Pengertian dan perbedaan uang giral dan kartal )

Fungsi Asli dan Turunan Uang Serta Contohnya

Fungsi Asli Uang dan Contohnya

Tahukah kamu?
Fungsi asli uang adalah fungsi-fungsi yang melekat pada uang, atau bisa diartikan sebagai fungsi-fungsi yang mengarah pada tujuan awal dibuatnya uang tersebut
.

Dibawah ini merupakan fungsi asli uang yaitu sebagai berikut :

  1. Alat Tukar Umum

Sebagai alat tukar umum memiliki fungsi untuk mempermudah dalam melakukan pertukaran dan mengatasi masalah-masalah dalam pertukaran secara barter. Dengan adanya uang, proses pertukaran menjadi lancar dan mudah.

Contohnya, Seorang petani membutuhkan sebuah baju, ia akan sulit menentukan ukuran apabila menukarkan beras hasil panennya dengan baju yang ada di toko. Akan tetapi dengan adanya uang, kesulitan dalam pertukaran tersebut dapat diatasi dengan cara petani tersebut menjual berasnya lalu uang hasil penjualan beras di belikan baju yang ada di toko.

Baca juga:

  1. Inilah 6 (Enam) Kriteria Uang Menurut Para Ahli
  2.  5 (Lima) Pengertian Uang Secara Umum dan Menurut Para Ahli
  3.  5 + Teori Permintaan Dan Penawaran Uang Beserta Kurvanya
  1. Satuan Hitung

Sebagai satuan hitung memiliki fungsi yaitu menentukan nilai dari barang atau jas yang diperjualbelikan, serta menghitung besarnya kekayaan dan untuk menghitung besar kecilnya sebuah pinjaman.

Contohnya, Harga 1 pack pulpen yang berisi 12 pulpen adalah sebesar Rp. 15.000

  1. Penyimpan Nilai

Sebagai penyimpan nilai, uang memiliki fungsi digunakan untuk mengalihkan daya beli dari masa sekarang ke masa yang akan datang.

Contohnya, Seorang pedagang baju menerima uang dari pembayaran atas barang atau jasa yang dijualnya, maka pedagang baju tersebut dapat menyimpan uangnya untuk keperluan dimasa mendatang.

Fungsi Turunan Uang dan Contohnya

Fungsi turunan uang adalah fungsi-fungsi uang yang muncul dari selain fungsi asli atau fungsi dari tujuan awal dibuatnya uang.

Dibawah ini merupakan fungsi turunan uang yaitu sebagai berikut :

  1. Alat Pembayaran

Sebagai alat pembayaran memiliki fungsi yaitu sebagai alat untuk mempermudah dalam mendapatkan barang atau jasa yang diperlukan. Individu memerlukan sebuah alat pembayaran yang dapat diterima oleh semua orang yaitu uang.

Contohnya, Pembayaran pajak kendaraan, pembayaran cicilan, pembayaran pembelian alat elektronik, dan lain sebagainya.

Baca juga:

  1.  5 + Teori Permintaan Dan Penawaran Uang Beserta Kurvanya
  2. Pasar Uang [Pengertian, Fungsi, Tujuan Serta Instrumen dan Jenisnya]
  3. [Pengertian dan Contoh] Konsep Nilai Waktu Uang
  1. Pemindah Kekayaan

Uang sebagai pemindah kekayaan memiliki fungsi yaitu menggantikan barang yang dimilikinya dengan uang.

Contohnya, Seseorang yang akan pindah rumah ke rumah lain, bisa memindahkan bangunan tanah dan bangunannya dalam bentuk uang dengan cara menjualnya kepada orang lain. Di tempat yang baru dia bisa membeli rumah baru dari hasil penjualan tanah dan bangunannya tersebut.

  1. Penimbun Kekayaan

Uang sebagai penimbun kekayaan yaitu artinya seseorang dapat menimbun kekayaannya dengan membeli perhiasan, rumah, dan tanah. Dengan adanya uang juga seseorang dapat menukarkan barang yang dimilikinya dengan barang lain dimasa yang akan datang.

  1. Standar Pembayaran Utang

Uang sebagai standar pembayaran utang digunakan untuk standar pembayaran utang atau melakukan dan menentukan pembayaran suatu kewajiban (utang). Hal tersebut menunjukkan bahwa uang dapat digunakan untuk standar pembayaran utang atau melakukan pembayaran utang dimasa yang akan datang.

  1. Pendorong Kegiatan Ekonomi

Uang dapat dilakukan dalam kegiatan perekonomian, misalnya kegiatan jual beli barang atau jasa. Oleh sebab itu, uang memiliki fungsi sebagai pendorong kegiatan ekonomi dalam masyarakat.

Contohnya, Andi ingin membeli sepeda motor, tetapi ia tidak memiliki uang yang cukup, karena dari itu Andi bekerja dengan gigih agar mendapatkan uang yang diinginkannya untuk membeli sepeda motor tersebut.

  1. Alat Untuk Menabung

Uang memiliki fungsi sebagai alat untuk menabung, hal ini karena setiap orang memiliki jumlah keuangan yang tidak selalu tetap atau stabil. Suatu hari mereka memiliki uang yang lebih atau bahkan akan kekurangan uang. Disinilah fungsi uang diterapkan sebagai alat untuk menabung ketika kelebihan keuangan.

Contohnya, Ali ialah seorang karyawan swasta, pada saat itu ia mendapatkan bonus dari hasil gajinya, karena ali mendapatkan bonus dari hasil gajinya, ia tabungkan uang tersebut untuk keperluan dimasa mendatang.

  1. Alat Pencipta Kesempatan Kerja

Dengan adanya uang, seseorang dapat menciptakan dan membuka lapangan kerja bagi yang membutuhkan, sehingga akan mengurangi jumlah pengangguran.

  1. Alat Pembentukan dan Pemindahan Modal

Sebagai alat pembentukan dan pemindahan modal, uang digunakan untuk menambah dan memindahkan modal usaha, baik nantinya akan digunakan sendiri ataupun akan dipinjamkan kepada seseorang yang membutuhkan modal usaha tersebut,

Demikianlah artikel diatas yang membahas mengenai Fungsi Asli dan Turunan Uang Serta Contohnya. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi anda yang membacanya yaa… Terimakasih atas kunjungannya^^

 Kunjungi artikel terkait:

  1. Pembangunan Ekonomi [Pengertian, Tujuan, Faktor, Dampak, dan Contohnya]
  2. 5 Teori Pertumbuhan Ekonomi (Klasik, Neo Klasik, Adam smith, Schumpeter)
  3. 10 Prinsip Ekonomi Beserta Contohnya
  4. Motif Ekonomi [Pengertian, Jenis dan Macam-Macamnya]
  5. “Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis” Asuransi [Lengkap]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *