Sejarah Bank Pemerintah Indonesia Beserta Tahun Pendirian

Posted on
sejarah bank pemerintah di Indonesia 1
Kantor Javasche Bank di Batavia (tahun 1930-an) atau saat ini adalah Bank Indonesia.

Sejarah Bank Pemerintah | Akuntansilengkap.com Perbankan Indonesia telah melewati rangkaian sejarah yang cukup panjang. Perkembangan bank di Indonesia sejak masa pemerintahan kolonial telah banyak bermunculan, seperti bank dari Belanda, negara asing lainnya dan beberapa bank lokal.

Bahkan pada masa pergerakan nasional telah muncul beberapa bank yang bernuansa semangat nasional. Beberapa bank didirikan oleh pemerintah Repunblik Indonesia saat memasuki masa kemerdekaan, seperti diantaranya:

  1. Bank Negara Indonesia (BNI),
  2. Bank Industri Negara (BIN),
  3. Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan
  4. Bank Tabungan Pos.

Selain dari bank-bank pemerintah tersebut, telah beroperasi beberapa bank swasta nasional, bank desa, lumbung desa, yayasan kredit dan bank-bank asing.

Berdirinya Bank Indonesia pada 1 Juli 1953 telah memberikan fase baru dalam tata perbankan Indonesia, khusunya pada fungsi pengawasan bank. Hingga kemudian muncul PP (Peraturan Pemerintah) No. 1/1955 Ditetapkan Bank Indonesia melaksanakan pengawasan terhadap seluruh bank umum dan bank tabungan yang beraktivitas di Indonesia, karena sebelum berdirinya BI tahun 1953 belum ada lembaga yang berfungsi sebagai pengawas bank.

Sejarah Bank Pemerintah


Bisa dikatakan, perbankan di Indonesia adalah hasil dari turunan bangsa Belanda, maka secara fungsional dan administratifnya masih terpengaruh oleh kolonial tersebut, baik bank milik pemerintah atau bank swasta nasional.

Berikut ini adalah informasi sejarah dari bank milik pemerintah diantaranya yaitu:

Sejarah Bank Sentral

Bank sentral di Indonesia pada saat ini adalah Bank Indonesia yang berdasarkan UU No 13 Tahun 1968 yang kemudian ditegaskan lagi dengan UU No 23 Tahun 1999. Bank Indonesia pada awal mulanya berasal dari hasil nasionalisasi bank yang bernama De Javasche Bank pada tahun 1951.

Sejarah Bank Rakyat Indonesia dan Bank Expor Impor

Awal mulanya pendirian Bank ini berasal dari De Algemene Volkscrediet Bank yang dilebur setelah menjadi bank tunggal yang bergerak di bidang rural dan expor impor (exim) dengan nama Bank Nasional Indonesia (BNI) Unit II. Kemudian dipisahkan lagi menjadi menjadi beberapa bidang yaitu:

  1. Bidang rural menjadi Bank Rakyat Indonesia dengan    No. 21 Tahun 1968.
  2. Bidang Exim sesuai UU No. 22 Tahun 1968 menjadi Bank Expor Impor Indonesia.

Bank Negara Indonesia atau dikenal dengan BNI 46.

Bank Negara Indonesia 46 yang sebelumnya menjalankan BNI Unit III dengan UU No. 17 Tahun 1968.

Bank Dagang Negara (BDN)

BDN adalah bank hasil nasionalosasi dari Escompto Bank dengan PP No 13 Tahun 1960, namun PP (Peraturan Pemerintah) ini dicabut dan diganti dengan UU No 18 Tahun 1968 menjadi Bank Dagang Negara. BDN adalah satu-satunya Bank Pemerintah yang berada diluar Bank Negara Indonesia Unit.

Bank Bumi Daya (BBD)

Bank Bumi Daya (BBD) adalah berasal dari Nederlandsch Indische Hendles Bank yang kemudian menjadi Nationale Hendles Bank, dalam perjalanannya bank ini kemudian menjadi Bank Negara Indonesia Unit IV dan berdasarkan UU No 19 Tahun 1968 menjadi Bank Bumi Daya.

Baca juga: (LENGKAP) Sejarah Akuntansi di Indonesia dan Dunia serta Perkembanganya

Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo)

Bank Pembangunan Daerah (BPD)

Bank Pembangunan Daerah (BPD  adalah Bank yang didirikan di daerah-daerah tingkat I. Dasar hukumnya adalah UU No 13 Tahun 1962.

Bank Tabungan Negara (BTN)

Bank Tabungan Negara (BTN) berasal dari De Post Paar Bank yang pada tahun 1950 menjadi Bank Tabungan Pos. sempat menjadi Bank Negara Indonesia Unit V dan yang terakhir dengan UU No 20 Tahun 1968 menjadi Bank Tabungan Negara

Bank Mandiri

Bank Mandiri adalah bank hasil merger antara Bank Bumi Daya (BBD), Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), Bank Dagang Negara (BDN) dan Bank Expor Impor Indonesia (Bank Exim). Keputusan merger dari keempat bank ini dilaksanakan pada tahun 1999.

Download Sejarah Perbankan Indonesia.

Demikianlah Sejarah Bank Pemerintah Indonesia Beserta Tahun Pendirian. Semoga bermanfaat menambah wawasan kita. Terimakasih banyak atas kunjungannya. 🙂

Kunjungi Juga Artikel Lainnya:

  1. Sejarah Perbankan Di Indonesia [9 Bank Zaman Kemerdekaan]
  2. 8 [Bahasan] Materi Pengantar Akuntansi Dasar dan Penjelasannya
  3. 10 Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Dan Tahapan Lengkap
  4. 13 Produk Produk Bank Syariah (Penjelasan Lengkap)
  5. 5 (Lima) Pengertian Uang Secara Umum dan Menurut Para Ahli
Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.