Pengertian, Segmentasi Pasar [Strategi dan Contoh]

Posted on
Pengertian, Segmentasi Pasar [Strategi dan Contoh]
5 (100%) 1 vote

pengertian segmentasi pasar serta contoh “Pengertian, Contoh, Strategi Segmentasi Pasar”

Akuntansilengkap.com – Pengertian Segmentasi Pasar | Secara sederhana artinya adalah strategi memahami struktur pasar dan pihak-pihak yang ada di dalamnya.

Tahukah Kamu ?

Menurut Kasali, memahami struktur pasar (segmentasi pasar), maka penjual akan mendapat keuntungan seperti. 1) Mendesain produk yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar. 2) membantu mendeteksi siapa saja yang menjadi pesaing dalam pasar. 3) menemukan peluang (niche). 4) menguasai posisi yang superior dan kompetitif. 5) menentukan komunikasi yang strategis, efektif dan efisien. 

Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

Menurut Kotler

Segmentasi pasar adalah sekelompok pelanggan yang merupakan bagian dari pasar yang memiliki kebutuhan dan keinginan yang serupa. (Baca juga: pengertian dan contoh pasar monopolioligopoli )

Menurut Kasali

Segmentasi pasar merupakan proses mengkotak-kotakkan pasar menjadi kelompok-kelompok “potential costumer” yang memiliki kesamaan karakter atau kebutuhan yang sama sehingga cenderung mempunyai respon yang sama dalam membelanjakan uangnya.

Pengertian segmentasi pasar adalah membagi sebuah pasar berdasarkan kebutuhan, perilaku yang membutuhkan produk atau karakteristik atau bauran pemasaran. Dengan kata lain membagi pembagi kedalam kelompok-kelompok tersebut.

Baca juga:

  1.  Pengertian Stakeholder [Teori Analisis dan Contoh]
  2. (Lengkap) Pengertian, Contoh, Fungsi Lembaga Ekonomi dan Tujuannya
  3. 11 Pengertian, Ciri-ciri, Contoh dan Fungsi Lembaga Sosial di Indonesia

Tahap Segmentasi Pasar

Berdasarkan pengertian tersebut segmentasi pasar bisa kita definisikan kedalam dua hal yaitu:

Penetapan Target Pasar, yaitu proses dalam mengevaluasi daya tarik dari berbagai segmen dan memilih salah satu diantaranya untuk dijadikan segmen yang akan dimasuki. (Baca juga: contoh pasar input )

Penempatan posisi, yaitu upaya mengatur produk agar dapat menempati posisi pada benak konsumen yang jelas dan khas dan diinginkan secara relatif terhadap produk pesaing.

Tabel dibawah ini menunjukkan beberapa langkah dalam segmentasi pasar, penetapan target dan penempatan posisi pasar.

Segmentasi Pasar1.Mengenali basis yang digunakan untuk mensegmentasi pasar.
2.Menyusun Profil-profil segmen.
Penetapan Target Pasar3.Mengevaluasi daya tarik masing-masing Segmen.
4.Memilih segmen sasaran
Penempatan Posisi di Pasar5.Menyusun penempatan segmen-segmen yang ditargetkan.
6.Menyusun bauran pemasaran tiap-tiap segmen.

Tingkatan Strategi Segmentasi Pasar

Tingkatan strategi segmentasi pasar diantaranya terdiri dari Pemasaran Massal, Pemasaran Segmen, Pemasaran Relung dan Pemasaran Mikro.

  1. Pemasaran Massal, adalah memproduksi, mendistribusi dan mempromosikan secara masal kepada semua konsumen dengan produk yang hampir sama dan dengan cara yang hampir sama pula.
  2. Pemasaran Segmen, adalah membagi segmen yang membentuk suatu pasar dan mengadaptasi tawarannya supaya sesuai dengan kebutuhan atau lebih segmen tersebut. (Baca juga: jenis strategi pemasaran )
  3. Pemasaran Relung, adalah membagi segmen dengan cara memfokuskan kepoada subsegmen (segmen yang lebih khusus/relung pasar) yang memiliki jumlah ciri bawaan yang khas dengan kombinasi sejumlah manfaat yang khusus.
  4. Pemasaran Mikro, adalah pernancangan produk dan program yang sesuai dengan selera individu di setiap lokasi yang spesifik atau dengan kata lain adalah pemasaran lokal dan pemasaran individual.
  • Pemasaran lokal adalah perancangan merek dan promosi untuk wilayah/pelanggan lokal, kota, pemukiman atau bahkan untuk yang spesifik.
  • Pemasran individual adalah perancangan produk beserta program pemasaran supaya tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Istilah ini juga sering disebut dengan pemasaran satu per satu (one to one marketing) atau pemasaran yang terdiri dari satu orang (market of one marketing) dan sesuai dengan kebutuhan dan pemasaran pasar yang.

Baca juga:

  1. Pengertian, Tujuan Administrasi Perkantoran [Ruang Lingkup Dan Fungsi]
  2. 10 Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)

Mensegmentasi Pasar Konsumen

Cara mensegmentasi pasar konsumen bisa dikelompokkan menjadi seperti berikut ini:

  1. Segmentasi Geografis, adalah membagi pasar kedalam unit geografis yang berbeda seperti contohnya kota, pemukiman, wilayah negara bagian, negara dan kabupaten.
  2. Segmentasi Demografis, adalah upaya untuk membagi pasar kedalam kelompok yang berdasarkan variabel usia, ukuran keluarga, pendapatan, agama, ras, pekerjaan dan kebangsaan.
  3. Segmentasi Psikografis, adalah upaya yang mengelompokkan pembeli menjadi berbeda atau berdasarkan kelas sosial, karakterisitik kepribadian atau gaya hidup (lifestyle).
  4. Segmentasi Perilaku, adalah membagi pasar menjadi kelompok yang berdasarkan kepada tanggapan atau penggunaan konsumen terhadap suatu produk.

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1. 12 Cara Mendirikan Koperasi (Simpan Pinjam, Yang Benar
  2.  4 (Tahap Lengkap) Cara Mendirikan Koperasi Sekolah Dan Contohnya
  3. 4 Tingkatan Koperasi Di Indonesia (Struktur Dan Usahanya) Lengkap
  4. [Lengkap] Contoh Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Beserta Penjelasan
  5. Pengertian Badan Hukum Serta Bentuk-Bentuk Dan Tanggung Jawabnya
Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

Comments are closed.