Pasar Persaingan Sempurna : Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri

Sandi Ma'ruf

Akuntansilengkap – Sebelum ke pembahasan tentang pasar persaingan sempurna, sudah tahukah kamu tentang pengertian pasar sesungguhnya?

Pasar adalah tempat bertemunya antara penjual (pedagang) dan pembeli sehingga keduanya membentuk kesepakatan harga. Bagaimana bentuk pasar?

Menurut bentuknya, pasar dibedakan menjadi dua yaitu Pasar Persaingan Sempurna (Perfect Competition Marketdan Pasar Persaingan Tidak Sempurna.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Definisi pasar persaingan sempurna adalah pasar yang terdapat perusahaan dalam jumlah yang sangat banyak namun dianggap tidak bisa mempengaruhi pasar dikarenakan kemampuan perusahaan yang sangat kecil.

Baca juga : Pasar Bebas

Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Ciri-ciri yang bisa kita temui pada pasar persaingan sempurna adalah:

1. Terdiri atas Banyak Penjual dan Pembeli

Adanya sifat ini, mengakibatkan perilaku penjual dan pembeli tidak bisa memengaruhi keadaan pasar, dengan kata lain mereka hanya sebagian kecil dari unsur pasar secara keseluruhan.

Interaksi antara penjual dan pembeli dianggap sebagai pengikut harga (price taker) yang menyebabkan harga di pasar ini bersifat datum (harganya tetap berapapun jumlah barang yang dijual).

Karena mekanisme pasar yang menentukan harganya melalui interaksi antara kekuatan permintaan dan penawaran di masyarakat yang menentukan mekanisme pasar.

2. Adanya Kebebasan untuk Membuka dan Menutup Perusahaan (Free Entry and Free Exit)

Artinya adalah tidak terdapat suatu hambatan apabila suatu perusahaan ingin memulai sebuah usaha baru jika dianggapnya menguntungkan, dan menutup usahanya jika ternyata merugikan.

3. Barang yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen

Perusahaan menghasilkan barang yang merupakan pengganti yang sempurna terhadap barang yang diproduksi oleh perusahaan lain dalam semua aspek.

Sehingga produk identik sama atau tidak bisa dibedakan. Artinya semua produk kelihatan identik (serba sama) atau tidak.

4. Penjual dan Pembeli Memiliki Pengetahuan yang Sempurna tentang Pasar

Penjual dan pembeli sangat mengetahui betul bahkan sempurna tentang keadaan pasar dalam hal tingkat harga yang berlaku di pasar meliputi setiap perubahannya.

Pengetahuan tentang keadaan ini yang mengakibatkan:

  1. semua sumber daya digunakan sepenuhnya untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.
  2. tidak ada produsen yang menjual barang dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar,
  3. tidak ada konsumen yang membeli barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar,

5. Mobilitas atau Perpindahan Sumber Ekonomi Cukup Sempurna

Maksudnya adalah tidak ada kesulitan sedikit pun jika sumber daya atau faktor produksi ingin dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Baca juga : Pasar Persaingan Monopolistik

Contoh Pasar Persaingan Sempurna

  1. Buah-buahan
  2. Beras
  3. Sayuran
  4. Kedelai
  5. Tembakau
  6. Kentang
contoh pasar persaingan sempurna
Pasar beras adalah pasar yang cenderung ke pasar persaingan sempurna
Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna [Lengkap]
Pasar sayur juga termasuk pasar yang cenderung ke pasar persaingan sempurna. DIkarenakan sangat banyak penjual dan pembeli.

Pasar beras atau sayuran adalah yang mendekati persaingan sempurna, mengapa? karena jumlah produsen (petani) dan pedagang sangat banyak kita temui bukan?

Silahkan minta pendapat gurumu juga ya! 🙂

Baca juga : Pasar Oligopoli

Dibandingkan pasar lainnya, bentuk pasar persaingan sempurna dianggap ideal dikarenakan banyak memiliki kebaikan.

Namun layaknya sebuah sistem, pasar ini tentu tidak luput dari keburukan. Berikut ini disajikan beberapa kebaikan dan keburukan dari pasar persaingan sempurna

Kelebihan Pasar Persaingan Sempurna

  1. Menggunakan Sumber Daya secara Efisien

Maksudnya, pemanfaatan sepenuhnya terhadap semua sumber daya yang tersedia. Akibatnya, perusahaan akan diuntungkan dan masyarakat menjadi makmur karena dapat memperoleh barang dengan harga murah sebab sumber daya tersebut dilakukan secara efisien.

  1. Adanya Kebebasan Bertindak dan Memilih

Kebebasan ini sangat bermanfaat terhadap pengelola perusahaan dikarenakan bisa membawa perusahaan kepada peningkatan kreativitas dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

Baca juga: Pasar Monopoli

Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna juga mempunyai beberapa keburukan disamping juga memiliki kebaikan. Keburukannya adalah:

  1. Kelemahan dalam Asumsi

Sulitnya menjumpai pasar persaingan sempurna karena homogenitas atas barang dianggap sebuah asumsi yang tidak realistis.

Disamping itu daya beli masyarakat berpenghasilan rendah akan menurun karena tingkat harga tidak dapat ditawar tawar lagi.

  1. Tidak Mendorong Adanya Inovasi

Penemuan yang mudah dicontoh perusahaan lain atas teknologi dan teknik produksi yang memaksa persaingan produk antar produsen.

  1. Membatasi Pilihan Konsumen

untuk menentukan barang yang akan dikonsumsinya konsumen mempunyai pilihan yang terbatas karena barang yang dihasilkan pasar persaingan sempurna bersifat homogen.

  1. Menimbulkan Eksploitasi Sumber Daya dan Ongkos Sosial

Pasar persaingan sempurna di suatu waktu dapat menimbulkan ongkos sosial yang berupa pencemaran lingkungan apabila eksploitasi sumber daya tidak dibatasi.

Harga adalah suatu datum, yaitu baik penjual dan pembeli tidak bisa mempengaruhi harga.

Demikianlah tadi Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna [Lengkap]. Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya. Like and share ya ! 🙂

Bagikan:

Sandi Ma'ruf

Tertarik dengan dunia keuangan. Sebagai kontributor di AKL. Lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

Leave a Comment