Contoh Kebutuhan Sekarang dan Yang Akan Datang

Posted on

Contoh kebutuhan sekarang dan yang akan datang merupakan kebutuhan yang berbeda dari jenis waktunya. Misalnya kebutuhan sekarang adalah kebutuhan makanan pokok, pakaian dan pengobatan bagi yang sedang sakit. Sedangkan kebutuhan akan datang seperti menikah, dana tabungan dan investasi.

Kebutuhan manusia diklasifikasikan dalam beberapa kelompok yakni berdasarkan hal-hal yang mempengaruhinya, salah satunya ialah kebutuhan menurut waktu pemenuhannya. Kelompok kebutuhan terbagi menjadi 2 jenis yaitu kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang.

 Kebutuhan pribadi termasuk dalam salah satu aspek psikologis yang dimiliki manusia dimana dapat mempengaruhi manusia untuk bergerak melakukan aktivitasnya dan juga menjadi alasan untuk bertahan hidup.

Dalam bertahan hidup, umumnya manusia akan bekerja dengan tujuan untuk dapat memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan hidup manusia tidak terlepas dari kehidupannya sehari-hari, misalnya seperti makanan, pakaian, rumah, kesehatan, dan lain-lain. (Baca: 15 Faktor yang mempengaruhi kebutuhan

Kebutuhan merupakan suatu keinginan yang dimiliki oleh manusia atas suatu barang dan jasa yang dapat memberikan kepuasaan secara jasmani ataupun rohani dengan tujuan untuk mempertahankan hidupnya.

Manusia perlu memenuhi semua kebutuhannya demi bertahan hidup. Umumnya barang dan jasa merupakan wujud dari kebutuhan manusia. Dalam kehidupan ini manusia memiliki masa depan yang belum diketahui oleh dirinya sendiri, maka dari itu diperlukan suatu prioritas mengenai kebutuhan apa yang harus dipenuhi di masa kini dan kebutuhan apa yang dapat dipenuhi di masa depan.

Pengertian Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan sekarang merupakan kebutuhan yang bersifat mendesak dan termasuk hal yang wajib untuk dipenuhi pada waktu itu juga, maka dari itu kebutuhan sekarang termasuk dalam bagian kebutuhan primer.

Kebutuhan sekarang harus dapat terpenuhi dan tidak dapat ditunda karena akan menimbulkan masalah. Selain itu kebutuhan sekarang merupakan kebutuhan yang menjadi suatu prioritas. Hal ini bertujuan agar manusia tidak menghadapi masalah apabila suatu kebutuhan belum terpenuhi.

Pengertian Kebutuhan Yang Akan Datang

Kebutuhan yang akan datang merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi, supaya kehidupan manusia terjamin. Kebutuhan ini juga bisa dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, supaya tidak membebani. Meski begitu, kehidupan masa depan ini tidak terlalu urgent sehingga masih bisa ditunda.

Baca: Kebutuhan Jasmani dan Rohani

Contoh Kebutuhan Sekarang dan Pemenuhannya

contoh kebutuhan sekarang

Berikut ini merupakan contoh-contoh kebutuhan sekarang yaitu:

1. Makan dan Minum

Kebutuhan Sekarang beserta Contohnya

Makan dan minum termasuk dalam kebutuhan primer manusia, karena makan dan minum adalah salah satu hal yang diperlukan manusia untuk bertahan hidup. Maka dari itu manusia perlu makan dan minum dengan teratur agar memiliki hidup yang sehat dan berkualitas.

Namun apabila manusia sering menunda makan saat lapar maka akan berdampak di masa depan misalnya seperti mengalami penyakit maag yang akan mengganggu aktivitasnya.

Untuk menjaga stamina tubuh, manusia membutuhkan 8 liter air per harinya. Jika manusia tidak minum secara teratur, tidak disegerakan minum saat haus, atau menunda minum maka manusia akan dehidrasi dan mengakibatkan dirinya akan lemas bahkan dapat pingsan.

Maka dari itu, makan dan minum merupakan kebutuhan sekarang yang tidak dapat diganggu gugat, tidak dapat ditunda, dan harus disegerakan agar manusia tetap sehat dalam melangsungkan hidupnya.

Baca: 5 Teori Hierarki Kebutuhan Maslow

2. Udara Bersih

Kebutuhan udara bersih sangat dibutuhkan manusia. Manusia membutuhkan udara untuk bernafas.

Saat ini, udara di dunia banyak mengalami kerusakan akibat tercemar polusi udara yang berasal dari pabrik dan kendaraan.

Jika dibiarkan berlanjut, manusia akan kekurangan udara bersih dan bisa menimbulkan banyak gangguan pernafasan, yang mengakibatkan kematian.

3. Tidur dan Istirahat

Kebutuhan Sekarang beserta Contohnya

Manusia memerlukan istrirahat disaat ia lelah hal ini bertujuan untuk dapat memulihkan kembali tenanganya.

Manusia memerlukan istirahat atau tidur yang cukup kurang lebih 8 jam setiap harinya. Apabila manusia kurang istirahat dan terlalu diporsir dalam mengerjakan sesuatu, maka manusia akan merasa lelah.

Sehingga berdampak kepada terhambatnya pekerjaannya atau bahkan akan dapat menimbulkan penyakit.

Baca: Alat-Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

4. Kebutuhan Perlengkapan dan Peralatan Sekolah

Kebutuhan Sekarang beserta Contohnya

Perlengkapan dan peralatan sekolah merupakan contoh kebutuhan sekarang bagi pelajar/siswa/mahasiswa. Misalnya seperti baju seragam, sepatu, buku pelajaran, dan alat tulis.

Tanpa adanya perlengkapan ini, pelajar tidak akan dapat melakukan kegiatan belajar dengan lancar.

Sehingga kebutuhan perlalatan tersebut harus ada dan dipenuhi saat ini juga.

5. Kebutuhan Keamanan

Keamanan adalah upaya menghindari tubuh dari ancaman yang berbahaya.

Bahaya bisa terjadi dimana saja, baik di rumah, di jalan, di tempat bekerja.

Manusia membutuhkan keamanan untuk menjalani hidup dengan nyaman. Contonhya polisi, untuk mencegah kriminalitas di lingkungan rumah, TNI untuk melindungi wilayah negara dari serangan negara lain.

6. Pakaian

Pakaian termasuk kebutuhan sekarang bagi manusia. Pakaian berfungsi untuk menutup tubuh dan melindungi tubuh dari cuaca panas, angin, debu.

Orang yang tidak menggunakan pakaian saat ini sudah dianggap menyalahi aturan.

Pakaian dengan model tertentu juga menambah nilai bagi pemakaianya. Contohnya busana muslim, jas, kemeja dan batik.

7. Obat-Obatan

Kebutuhan Sekarang beserta Contohnya

Obat merupakan kebutuhan yang diprioritaskan oleh manusia disaat dirinya tersarang penyakit.

Kebutuhan akan obat ini perlu segera dipenuhi, tidak dapat ditunda-tunda karena akan berakibat terhadap penyakit yang diderita tidak segara sembuh atau bahkan dapat memperburuk kondisi.

Contoh Kebutuhan Yang Akan Datang

Contoh Kebutuhan Yang Akan Datang masyarakat

1. Menikah

Menikah merupakan kebutuhan masa depan bagi orang dewasa. Menikah selain bisa mencukupi kebutuhan jasmani juga kebutuhan rohani. Kebanyakan orang menikah di usia 25 tahun ke atas.

Menikah banyak membantu pasangan mendapatkan kebahagiaan, pasalnya mereka bisa hidup bersama, membuat goals bersama, seperti membangun rumah, liburan dan memiliki anak. Ada banyak pengalaman yang bisa didapatkan oleh pasangan yang menikah, yang tidak didapat selama masih sendiri.

2. Investasi

Investasi adalah kegiatan mengumpulkan aset atau harta yang bisa memberi manfaat di kemudian hari. Ada banyak jenis instrumen investasi seperti saham, reksadana, rumah, uang, barang antik dan masih banyak lagi.

3. Dana Tabungan

Dana tabungan adalah kebutuhan masa depan yang bisa disiapkan guna kebutuhan tertentu.  Misalnya dana tabungan pendidikan, dana tabungan pensiun, tabungan naik haji dan umrah, tabungan kesehatan dan tabungan lainnya.

Dana tabungan bisa dilakukan sendiri atau ikut program lembaga tertentu, seperti asuransi. Maka nggak heran kalau asuransi banyak bermunculan saat ini, dikarenakan banyak orang makin sadar dengan kebutuhan yang akan datang ini.

4. Tunjangan Hari Tua

Tunjangan hari tua adalah persiapan kebutuhan yang akan datang bagi setiap orang. Pasalnya di hari tua, seseorang tidak bisa bekerja secara maksimal, sehingga membutuhkan tunjangan dari segi ekonomi hingga kesehatan.

5. Cadangan Energi

Cadangan energi adalah sumber daya yang harus dipersiapkan untuk kehidupan. Pasalnya beberapa energi saat ini termasuk yang tidak dapat diperbaharui, sehingga suatu saat akan habis.

Saat ini sudah ada beberapa alternatif energi yang dirasa bisa diperbaharui seperti sumber energi matahari dan nuklir.

Namun upaya pencarian energi harus terus dilakukan supaya semakin banyak cadangan energi yang tercipta.

6. Kebersihan Lingkungan

Kebersihan lingkungan adalah bagian penting dalam kehidupan. Pasalnya lingkungan yang tidak layak, bisa menyebabkan banyak permasalah baru, terutama kesehatan.

Saat ini masih sangat mudah ditemukan banyak sampah di aliran sungai, penebangan hutan dan masalah lingkungan lain dikarenakan belum adanya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan alam.

7. Teknologi 

Teknologi adalah kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Teknologi terbukti mampu membantu pekerjaan jadi lebih mudah.

Dengan perawatan minimal, bisa bekerja secara maksimal. Maka sudah banyak perusahaan yang menggunakan teknologi untuk menggantikan tenaga manusia.

Meski begitu, teknologi akan terus diciptakan di masa depan karena masih banyak sektor yang belum dimaksimalkan melalui teknologi.

Perbedaan Kebutuhan Sekarang dan Kebutuhan Masa Yang Akan Datang

Definisi kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi dalam waktu dekat, jika ditunda-tunda akan menyebabkan suatu masalah.

Sedangkan kebutuhan yang akan datang tidak harus dipenuhi saat ini juga. Contoh kebutuhan yang akan datang adalah:

  1. kebutuhan masa pensiun,
  2. kebutuhan bayi yang akan lahir,
  3. kebutuhan kuliah anak di masa depan,
  4. tunjangan,
  5. tabungan pendidikan,
  6. asuransi kematian, dan masih banyak lagi.

Demikianlah pembahasan mengenai Kebutuhan Sekarang beserta Contohnya. Semoga bermanfaat dan dapat memperluas wawasan anda. Terima kasih atas kunjungannya^^

Comments are closed.