10 Prospek Kerja Jurusan Akuntansi “Terbaru”

Posted on

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi


AkuntansiLengkap.com – Menarik memang membahas mengenai urusan pekerjaan yang diharapkan melalui pendidikan yang kita tempuh. Nah artikel ini akan me-review secara ringkas dan ringan jenis-jenis pekerjaan sesuai bidang akuntansi, silahkan disimak. 🙂

prospek kerja lulusan akuntansi

Berikut prospek (Profesi) kerja yang bisa dimiliki seseorang yang ada di jurusan akuntansi:

1. Profesi Akuntan

Tentu profesi ini sangat dibutuhkan disetiap perusahaan, karena keuangan perusahaan akan dikelola melalui profesi ini.

Akuntan yang baik seharusnya bisa menganalisis keuangan, menyajikan laporan keuangan dengan baik, tentu hal ini sangat berguna bagi perusahaan untuk mengambil kebijakan perusahaan.

2. Entrepreneur

Setiap orang memiliki kesempatan menjadi pengusaha dan memiliki usaha sendiri. Bagi seorang akuntansi pasti memiliki kelebihan dalam mengelola keuangan sebuah organisasi ataupun perusahaan, sehingga menjadi modal baik untk membuka sebuah usaha.

3. PNS Akuntansi

Sering sekali kita lihat pembukaan lowongan CPNS tersedia bagi lulusan jurusan akuntasi. Dikarenakan banyak dibutuhkan oleh pemerintah untuk menangani masalah  keuangan pemerintah misalnya, Kementrian Keuangan dan Dirjen Perpajakan.

4. Profesi Akuntan Pendidik (Dosen / Guru)

Profesi ini bertugas menyampaikan materi baik di dalam maupun luar kelas. Mudahnya sebut saja dosen / guru mata pelajaran di sekolah.

Tidak hanya mengajar, bisa juga menjadi konsultan / narasumber pada acara – acara terkait dengan akuntansi.

5. Profesi Internal Auditor

Internal auditor bertugas untuk memeriksa hasil laporan keuangan dari suatu perusahaan. auditor bertugas memastikan hasil dari laporan sesuai dengan jalurnya. Dan memastikan pihak manajemen  telah melakukan fungsi dan tugasnya dengan baik.

6. Profesi Akuntan Publik

Akuntan publik bisa dianggap sebagai kebalikan dari internal auditor, profesi ini adalah pihak independen sebagai pihak dari  luar perusahaan yang bertugas mengaudit laporan keuangan (Financial statement).

7. Profesi Akuntan Pajak

Profesi ini bertugas menghitung nilai pajak perusahaan. disamping menghitung nominal pajak, profesi ini juga menganalisis dan memberikan saran kepada manajemen supaya tidak berbuat curang terhadap peraturan pemerintah.

8. Profesi Akuntan Pemerintah

Profesi ini bertugas menyusun laporan keuangan pemerintah di dalam instansi – instansi pemerintahan.

Sistem akuntansi yang dipakai bukanlah mengenai laba rugi namun mengacu kepada peraturan yang ditetapkan pemerintah sendiri.

9. Profesi Konsultan Akuntansi

Dengan bekal pengalaman dan pengetahuan yang cukup, lulusan jurusan akuntansi bisa juga mendirikan jasa konsultan akuntansi yang tugasnya memberikan jasa pengaduan permasalahan tentang akuntansi di perusahaan.

10. Profesi Akuntansi Riset

Profesi ini bisa bekerja di lembaga riset (penelitian) yang secara khusus mempelajari masalah tentang akuntansi yang beredar di masyarakat.

Wisata Akuntansi dulu yuk:

 

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.