Contoh Jurnal Umum Akuntansi Perusahaan Jasa

Posted on
contoh jurnal umum perusahaan jasa 1

Contoh Jurnal Umum Perusahaan Jasa – Menyusun jurnal umum akuntansi pada perusahaan bisa dikatakan kegiatan awal dalam penyusunan siklus akuntansi.

Jadi kita harus faham dan mengerti cara penyusunannya. Jurnal umum adalah kegiatan pencatatan hasil dari Analisa bukti transaksi yang dituangkan berupa nama akun beserta jumlah saldonya baik di posisi debet atau kredit.

Tentang Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang memiliki usaha di bidang layanan. Dengan kata lain perusahaan jasa mendapat keuntungan dari jasa atau layanan yang mereka jual. Sehingga dalam pembuatan jurnal umum perusahaan jasa tidak akan ditemukan transaksi seperti pembelian persediaan, seperti yang terdapat pada perusahaan dagang.

Jika dalam perusahaan dagang pengeluaran terbesar biasanya terletak pada pembelian barang dagang, sedangkan pengeluaran terbesar dalam perusahaan jasa umumnya adalah untuk gaji pegawai. Hal ini dikarenakan layanan mereka dijalankan oleh manusia atau tenaga kerja.

Namun secara keseluruhan, jenis transaksi perusahaan jasa dan perusahaan jenis lain sama. Misalnya pembelian peralatan kantor, pembelian perlengkapan, bayar sewa, bayar listrik, bayar pegawai dan lainnya.

Ada banyak contoh perusahaan jasa yang mudah Anda temukan dalam lingkungan sekitar seperti :

  • perusahaan jasa salon,
  • jasa reparasi motor / mobil,
  • jasa pemasaran digital,
  • perusahaan jasa laundry
  • jasa firma hukum dan
  • jasa pengiriman barang.

Beberapa jenis perusahaan jasa tersebut memang ada yang menjual jenis produk barang tertentu, misalnya jasa reparasi atau jasa bengkel yang menjual produk oli motor/mobil, ban atau produk sparepart kendaraan yang lainnya.

Namun aktivitas penjualan produk tersebut bukan merupakan pendapatan utama perusahaan. Melainkan produk yang dijual sebagai pendukung produk utama mereka yaitu service kendaraan.

Jenis Jurnal Umum Perusahaan Jasa

Sebelumnya sudah disinggung bahwa perusahaan jasa juga melakukan penjualan produk barang. Lalu bagaimana cara pencatatan produk barang tersebut dalam jurnal umum perusahaan jasa?

Jika dalam perusahaan dagang pembelian produk barang dagang dicatat sebagai pembelian barang dagang, sedangkan dalam perusahaan jasa, produk barang dicatat sebagai pembelian perlengkapan.

Misalnya Bengkel Motor Atuk Dalang membeli oli motor, ban motor, spion, velg tunai dengan nilai Rp 1.5 juta. Maka jurnal umum pembelian barang tersebut adalah :

Perlengkapan bengkel (D) Rp 1.500.000

Kas (K) Rp 1.500.000

Perlengkapan menyesuaikan jenis perusahaan, misalnya perlengkapan salon, perlengkapan laundry dsb

Jika perusahaan Anda memiliki banyak perlengkapan, Anda bisa mencatat persediaan produk perlengkapan, dengan membuat catatan perlengkapan sendiri. Sehingga akan memudahkan Anda pada saat ingin mengetahui sisa produk perlengkapan di gudang.

Atau Anda bisa memanfaatkan informasi pada buku besar perusahaan jasa yang akan Anda buat setelah jurnal umum ini.

Mengenal Jurnal Umum Perusahaan Jasa

Jurnal berasal dari Bahasa prancis yaitu kata ‘journal’ yang artinya buku harian. Jurnal adalah alat yang digunakan untuk mencatat transaksi perusahaan yang dilakukan secara kronologis. Jadi jurnal umum perusahaan jasa adalah buku harian untuk mencatat transaksi yang terjadi di perusahaan jasa selama periode tertentu.

Membuat jurnal umum sangat penting dalam proses akuntansi, sekaligus jadi materi dasar dalam proses belajar akuntansi. Saat Anda sudah menguasai jurnal umum, maka tahap akuntansi berikutnya akan mudah dilalui. Pasalnya metode yang digunakan akan sama dengan proses pencatatan jurnal umum.

Menyusun jurnal umum perusahaan jasa dapat membantu Anda dalam membuat laporan keuangan akuntansi perusahaan jasa. Melalui jurnal ini, Anda akan mudah mencari informasi transaksi tertentu. Misalnya Anda ingin mengetahui berapa jumlah transaksi pembelian perlengkapan, melihat piutang pelanggan atau mengecek kembali transaksi yang terjadi selama periode tertentu

Informasi yang dihasilkan jurnal umum juga menjadi dasar penting untuk menyusun laporan keuangan. Jadi sebagai seorang akuntan, Anda harus benar-benar memastikan telah membuat jurnal umum dengan baik dan benar.

Fungsi Jurnal Umum

Fungsi dari jurnal umum diantaranya adalah.

  1. Fungsi mencatat, jurnal digunakan untuk mencatat semua transaksi keuangan baik transaksi internal atau eksternal.
  2. Fungsi historis, jurnal mencatat transaksi keuangan secara berurutan atau berdasarkan tanggal.
  3. Fungsi analisis, jurnal dihasilkan dari analisis dari seorang akuntan.
  4. Fungsi instruktif, jurnal bersifat memerintah, atau menginstruksikan pencatatan akuntansi buku besar.
  5. Fungsi informatif, jurnal memberikan informasi transaksi keuangan secara jelas dengan menyebutkan tanggal, keterangan akun, nomer akun, jumlah debet dan kredit.

Aturan Jurnal Umum

Dalam penyusunan jurnal umum hal ini tidak boleh dilupakan, karena aturan debet dan kredit sangat penting diingat untuk menerntukan dimana posisi debet atau kredit sebuah akun.

Baca: Jurnal Umum Perusahaan Dagang

Contoh Jurnal Umum Perusahaan Jasa

Pada kesempatan ini, kami akan membagikan contoh jurnal umum pada 2 jenis perusahaan jasa yaitu perusahaan jasa SPA dan perusahaan jasa pemasaran digital.

  • Perusahaan Jaya Abadi

Berikut transaksi perusahaan jasa Jaya Abadi Sumatera per Desember 2020 yang didirikan Tn. Joko.

  • Desember 1 : Tn Joko menyetorkan uang sebagai modal usaha ke bank sebesar Rp. 150.000.000.
  • Desember 2 : Perusahaan membayar sewa gedung untuk 1 tahun dari Desember 2020 sampai November 2020, sebesar Rp. 3.000.000.
  • Desember 3 : Pembelian peralatan kantor secara kredit Rp. 20.000.000 ke Toko Cahaya Asia.
  • Desember 5 : Membayar biaya iklan Rp. 600.000 untuk bulan Desember 2020.
  • Desember 11 : Pembelian perlengkapan kantor Rp. 1.200.000 secara kredit dari Toko Bumi Putera.
  • Desember 15 : Telah selesai mengerjakan layanan jasa untuk Toko Insan Permata, dan sudah di fakturkan untuk ditagih senilai Rp. 9.000.000.
  • Desember 16 : Pendapatan atas jasa sebesar Rp. 5.000.000 dari pelanggan.
  • Desember 17 : Membayar sebagian utang sebesar Rp. 7.500.000 atas pembelian peralatan kantor ke Toko Cahaya Asia tgl 3 Des.
  • Desember 19 : Menerima uang atas penyelesaian jasa kepada Toko Murni Jaya sebesar Rp. 4.500.000.
  • Desember 22 : Menerima cicilan pembayaran atas faktur tgl 15 pada Toko Insan Permata sebesar Rp. 3.000.000.
  • Desember 24 : Membayar biaya perjalanan dinas Rp. 900.000.
  • Desember 25 : Membayar biaya telepon Rp. 400.000 untuk bulan Desember 2020.
  • Desember 25 : Membayar gaji pegawai Rp. 9.000.000 bulan Desember.
  • Desember 27 : Membayar tagihan listrik dan air Rp. 600.000.
  • Desember 30 : Tn Joko mengambil kas perusahaan Rp. 5.000.000, untuk keperluan pribadinya.
  • Desember 31 : Menyelesaikan pekerjaan jasa, telah difakturkan untuk ditagih Rp. 8.000.000.

Penyelesaian jurnal umum.

Jurnal Umum
Jasa Abadi
Desember 2020

  • Perusahaan Candra SPA

Berikut ini adalah contoh dari beberapa transaksi perusahaan perseorangan yang terjadi pada bulan Mei tahun 2017 Perusahaan Jasa Candra Spa.

CANDRA SPA
JURNAL UMUM
PERIODE MEI 2017

Analisis Transaksi

  1. Mencatat transaksi setoran modal awal Nn. Candra. Sehingga menambah kas perusahaan pada kolom debet dan menambah modal bagi pemilik di kolom kredit.
  2. Mencatat pembelian hotel secara paket mulai dari tanah, bangunan, perlengkapan hotel, peralatan hotel dan kendaraan yang dibayarkan secara tunai, sehingga dicatat mengurangi kas sebelah kredit.
  3. Mencatat beban perbaikan AC dibayarkan secara tunai sehingga mengurangi akun kas pada sebelah kredit.
  4. Mencatat pembelian perlengkapan secara tunai, jadi perlengkapan bertambah di kolom debet dan mengurangi kas pada kolom kredit.
  5. Mencatat pembayaran beban iklan secara tunai, jadi beban iklan bertambah dan dicatat pada kolom debet danmengurangi kas pada kolom kredit.
  6. Mencatat transaksi pencairan dana di bank sebagai hutang perusahaan di bank. Jadi menambah kas perusahaan pada debet dan menambah utang bank pada kolom kredit.
  7. Mencatat transaksi pembelian sejumlah 2 mobil (kendaraan) secara kredit dengan telah membayarkan uang muka. Jadi kendaraan bertambah pada debet dan mengurangi kas untuk membayarkan uang muka sebelah debet dan sisa utang dagangnya di kolom kredit.
  8. Mencatat transaksi penerimaan uang sewa. Jadi kas perusahaan bertambah pada debet dan pendapatan sewa perusahaan juga bertambah pada kredit.

Perbedaan Jurnal Umum Perusahaan Jasa dan Perusahaan Dagang

Di awal sudah disinggung tentang contoh perbedaan jurnal umum perusahaan jasa dan dagang, yaitu tidak adanya transaksi pembelian persediaan barang pada perusahaan jasa. Selain itu ada beberapa perbedaan lain dari kedua jenis jurnal perusahaan ini diantaranya:

Perbedaan akun yang dicatat

Perbedaan akun transaksi dalam perusahaan jasa adalah Anda tidak akan menemukan jenis transaksi seperti:

  1. retur penjualan & retur pembelian barang dagang
  2. harga pokok penjualan
  3. beban angkut pembelian dan beban angkut penjualan
  4. biaya produks

Perbedaan jenis jurnal

Perbedaan kedua ini terletak pada jenis jurnal yang digunakan yaitu di perusahaan jasa tidak mengenal jurnal khusus. Jurnal khusus hanya digunakan pada perusahaan dagang, karena perusahaan dagang memiliki banyak jenis transaksi sejenis atau berulang.

Selain itu perusahaan dagang juga melibatkan beberapa pihak yang sering melakukan transaksi seperti pemasok (supplier) dan pelanggan (customer).

Itulah pembahasan tentang Contoh Jurnal Umum Akuntansi Perusahaan Jasa Dengan 8 Transaksi semoga bermanfaat bagi pembaca akuntansilengkap.com. Sekian dan terimakasih.

Kunjungi Juga :

  1. Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa
  2. Neraca Lajur Perusahaan Jasa
  3. Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
  4. Jurnal Penyesuaian