[TERBARU] Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

Posted on

Sahabat Akuntansi – Terdapat 3 jenis perusahaan diantaranya perusahaan dagang, perusahaan jasa dan perusahaan manufaktur. Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai laporan laba rugi perusahaan dagang dan kali ini kita akan membahas tentang laporan laba rugi perusahaan jasa.

Baca Juga: Selengkapnya tentang Perusahaan Jasa dan Karakteristiknya

Laporan laba rugi yang disusun oleh perusahaan jasa terdiri dari pendapatan jasa dan seluruh beban, baik itu beban usaha maupun beban diluar usaha dalam periode berjalan.

Laporan laba rugi merupakan rangkaian dari siklus akuntansi yang disusun setelah neraca saldo dan jurnal penyesuaian atau setelah penyusunan neraca lajur / kertas kerja (worksheet). Penyebabnya adalah sumber data untuk menyusun laporan laba rugi berasal dari neraca lajur pada kolom laba rugi.

Pada kenyataannya penyusunan laporan laba rugi sangatlah mudah, mengapa? Karena kita hanya perlu mengutip seluruh saldo-saldo pada akun pendapatan dan beban dalam kolom laba rugi di neraca lajur.

laporan laba rugi neraca lajur perusahaan jasa

Baca Juga: Selengkapnya Tentang Laporan Laba Rugi

Manfaat Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

Ada beberapa hal positif yang didapatkan dari laporan laba rugi perusahaan diantaranya :

1. Memberikan informasi pendapatan perusahaan

Dari hasil laporan laba rugi, pihak manajemen perusahaan bisa memantau laba perusahaan pada periode berjalan. Contoh biaya normal perusahaan seperti :

  1. harga pokok penjualan,
  2. biaya operasional,
  3. gaji pegawai
  4. bayar pajak perusahaan dan
  5. mencatat pendapatan bunga investasi.

2. Menyediakan data untuk analisis investor

Laporan laba rugi menjadi dokumen penting bagi investor untuk mempertimbangkan investasi di perusahaan manapun. Data penting laporan laba rugi adalah :

  1. informasi penjualan dan keuntungan
  2. efisiensi biaya operasional dan biaya non operasional

Investor akan dimudahkan untuk melihat informasi yang jelas untuk menilai bisnis perusahaan.

3. Menyediakan informasi pendapatan perusahaan secara periode

Laporan laba rugi menunjukkan profitabilitas perusahaan selama periode waktu tertentu. Kita bisa melihat dan menentukan pendapatan utama perusahaan. Data ini sangat penting untuk menilai apakah perusahaan untung dengan melihat biaya yang dikeluarkan perusahaan dengan pendapatan yang diperoleh.

Dari sudut pandang investasi, investor perusahaan akan tertarik dengan laba bersih yang diperoleh perusahaan.

Kekurangan Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi dapat membantu mengukur laba saham dan data keuangan periode sebelumnya, namun tidak bisa memberikan data yang tepat untuk pertumbuhan yang di harapkan di masa depan.

Jadi tidak memberikan perkiraan apapun tentang bagaimana pendapatan perusahaan terjadi.

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa

Metode pembuatan laporan laba rugi baik perusahaan jasa dan perusahaan dagang sama-sama menggunakan dua metode yaitu metode langsung (single step) dan metode tidak langsung (multiple step). 

Laporan Laba Rugi Metode Langsung (Single Step)

Laporan single step hanya menggunakan dua komponen yaitu pendapatan dan beban pengeluaran. Anda hanya tinggal memasukkan hasil beban dan keuntungan di kolom berbeda dan hitung selisih dari hasil keduanya. Berikut ini adalah contoh contoh laporan laba rugi perusahaan jasa single step :
laporan laba rugi single step perusahaan jasa 1

Laporan Laba Rugi Metode Tidak Langsung (Mulitple Step)

Laporan multiple step disusun dengan cara memisahkan pendapatan usaha dan luar usaha. Beban dipisahkan menjadi beban usaha dan beban diluar usaha. Berikut ini adalah contoh contoh laporan laba rugi perusahaan jasa multiple step :

laporan laba rugi multiple step perusahaan jasa

Kesimpulan

Pengambilan keputusan bisnis adalah gabungan antara seni dan perhitungan. Pemilik bisnis harus bisa mempertimbangkan dengan cermat hasil dari laporan laba rugi. Bisnis yang sukses akan melibatkan berbagai pilihan dan pertimbangan dengan mengandalkan data, pengalaman dan kesimpulan dari angka angka perusahaan.

Demikian artikel tentang Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Sekian dan terimakasih.

Kunjungi Artikel Lainnya:

Gravatar Image
Accounting Blogger, Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.