10 Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa Dan Tahapan Lengkap

Posted on
siklus akuntansi perusahaan jasa 2

Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa – Siklus Akuntansi adalah sebuah proses yang menunjukkan langkah-langkah yang diperlukan guna penyelesaian akuntansi secara manual. Contoh siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang maupun jasa pada prinsipnya sama saja, yang membedakan hanya pada jenis transaksinya.

Definisi Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang bisnis utamanya di bidang layanan. Perusahaan jasa menjual jasanya untuk mendapat keuntungan. Perusahaan jasa tidak melakukan aktivitas pembelian barang untuk dijual kembali, atau mengolah barang menjadi suatu barang lain.

Perusahaan jasa tidak membutuhkan modal produksi, melainkan perusahaan jasa hanya membeli perlatan untuk menunjang produk jasa nya.

Contoh Perusahaan Jasa

  1. Perusahaan jasa penerbangan

Perusahaan ini melayani aktivitas perjalanan menggunakan pesawat terbang. Jenis jasa yang ditawarkan bisa meliputi antar penumpang atau antar barang. Contoh perusahan jasa penerbangan yang sering muncul di berita seperti PT Garuda Indonesia (Persero). Tbk, Batavia Air, PT Lion Mentari Airlines, PT Indonesia AirAsia dan Sriwijaya Air.

  1. Perusahaan jasa pembersihan

Perusahaan pembersihan atau biasa kita kenal dengan cleaning service. Jenis perusahaan ini menawarkan layanan pembersihan untuk gedung perkantoran, rumah, alat rumah tangga, pembersihan kebun halaman dan sebagainya. Perusahaan ini biasanya hadir di daerah perkotaan, karena banyaknya gedung perkantoran atau rumah bangunan besar yang membutuhkan seorang spesialis kebersihan.

  1. Perusahaan jasa teknologi

Perusahaan jasa teknologi menawarkan produk layanan seperi membuat aplikasi atau program untuk membantu pekerjaan manusia. Selain itu, perusahaan ini juga bisa memberikan bantuan perawatan maintenance atau perbaikan untuk suatu program yang sudah dibuat.

Di zaman yang serba digital ini, semakin banyak perusahaan jasa teknologi yang muncul, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Perusahaan ini juga banyak membuka lapangan pekerjaan baru dalam jumlah besar.

Bahkan di level pendidikan baik sekolah menengah atau perguruan tinggi, jurusan bidang teknologi semakin banyak dan berkembang.

Jenis Transaksi Pada Perusahaan Jasa

Jenis transaksi pada perusahaan jasa hampir sama dengan perusahaan dagang atau perusahaan manufaktur. Namun menurut penulis, dalam proses akuntansi, perusahaan jasa lebih mudah dibandingkan jenis perusahaan lain. Alasannya, transaksi perusahaan jasa tidak begitu kompleks. Berbeda dengan perusahaan dagang yang terdapat perhitungan persediaan barang dagang dan harga pokok penjualan.

Nah berikut contoh transaksi yang terjadi pada perusahaan jasa:

  1. Pembelian perlengkapan
  2. Pemberlian peralatan
  3. Membayar sewa gedung atau kendaraan
  4. Melakukan atau melunasi hutang, baik hutang modal atau hutang usaha
  5. Menerima pendapatan. baik pendapatan jasa atau pendapatan bunga
  6. Membayar gaji karyawan
  7. Membayar tagihan telepon, air, internet dan listrik

Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

Dibawah ini adalah tahapan dari siklus akuntansi perusahaan jasa. Untuk lebih jelasnya, kami juga sudah memberikan rekomendasi artikel yang sesuai, pada bahasan masing-masing proses siklus akuntansi perusahaan jasa.

1. Analisa Transaksi

Transaksi yang terjadi pada perusahaan tentu akan dicatat dalam dokumen sumber atau bukti transaksi. Contoh dokumen sumber yang sering kita temui diantaranya adalah kwitansi, faktur penjualan, faktur pembelian, penerimaan kas, kartu jam kerja dan yang lainnya.

Baca Juga: 12 Contoh Macam-Macam Bukti Transaksi Perusahaan

2. Pembuatan Jurnal

Kegiatan penjurnalan adalah penulisan jenis akun beserta jumlahnya dari bukti-bukti transaksi. Dari pengumpulan bukti transaksi tersebut lalu dicatat dalam jurnal harian atau bisa di sebut dengan jurnal umum.

Jurnal adalah buku pencatatan pertama pada tahap siklus akuntansi perusahaan. Setelah analisis transaksi, jenis transaksi beserta nominal dipindahkan ke kolom jurnal umum. Fungsi jurnal umum adalah untuk menerjemahkan transaksi kedalam jenis akun yang sesuai. Jurnal umum juga membantu mengelompokkan transaksi untuk posting ke buku besar.

Untuk selengkapnya silahkan buka link jurnal umum berikut Contoh Jurnal Umum Perusahaan Jasa.

Berikut contoh jurnal umum perusahaan jasa bengkel Adijaya:

  1. Tanggal 3 Juni, Tn Adijaya membuka bengkel dengan modal pribadi sebesar Rp. 15.000.000
  2. Tgl 4 Juni, Tn membayar sewa tempat untuk bengkelnya sebesar Rp. 3.500.000

Bengkel Adijaya
Jurnal Umum
Juni 2021

3. Posting Buku Besar

Kegiatan posting buku besar adalah memindahkan informasi akun beserta saldonya kedalam kolom khusus akun yang sejenis. Selengkapnya tentang buku besar bias dilihat di artikel Contoh Buku Besar Akuntansi Perusahaan.

Berikut contoh posting buku besar perusahaan bengkel Adijaya:

posting buku besar siklus akuntansi perusahaan jasa
gambaran proses posting ke buku besar dari jurnal umum

Nama akun: Kas | Kode akun: 101

TglKetRefDebitKreditSaldo
315.000.00015.000.000
43.500.00011.500.000

Nama akun: Beban Sewa | Kode akun: 202

TglKetRefDebitKreditSaldo
43.500.0003.500.000

Nama akun: Modal Kode akun: 301

TglKetRefDebitKreditSaldo
315.000.00015.000.000

4. Neraca Saldo / Neraca Percobaan

Kegiatan akuntansi yang selanjutnya adalah pembuatan neraca saldo. Neraca saldo / neraca percobaan tujuannya adalah untuk menilai proses penginputan data dari jurnal umum ke buku besar (posting) sudah benar adanya dengan cara membuat neraca saldo. Apabila jumlah debet dan kredit seimbang, itu artinya tidak ada kesalaha dalam penginputan data. Selengkapnya tentang neraca saldo bisa dilihat pada artikel  Cara Membuat Neraca Saldo.

Berikut contoh neraca saldo perusahaan jasa:

NomorKetDebitKredit
101Kas11.500.000
202Beban Sewa3.500.000
Modal15.000.000

5. Jurnal Penyesuaian

Tahap selanjutnya adalah penyusunan jurnal penyesuaian. jurnal penyesuaian di buat saat terjadinya transaksi yang berpengaruh pada akun-akun perusahaan, misalnya penyusutan peralatan, uang sewa yang belum dilunasi dan sebagainya, dan biasanya akan memunculkan akun-akun yang baru.

Baca: Contoh Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa

6. Neraca Lajur

Pembutan neraca lajur mengacu pada tahap sebelumnya yaitu neraca saldo dan jurnal penyesuaian. neraca lajur akan berisi informasi tentang neraca saldo dan jurnal penyesuaian yang akan menghasilkan informasi yang diperlukan dalam membuat laporan keuangan nantinya. Informasi tersebut diantaranya adalah laporan laba rugi dan neraca. Selengkapnya tentang neraca lajur bisa dilihat pada artikel  Cara Membuat Neraca Lajur (Worksheet) Perusahaan.

7. Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah tahap siklus akuntansi perusahaan jasa yang diantaranya adalah laporan laba rugi, neraca dan laporan perubahan modal. Selengkapnya tentang laporan keuangan bisa dilihat di Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Lengkap Beserta Penjelasannya.

8. Jurnal Penutup

pada akhirnya akun-akun perkiraan pada laporan perubahan modal dan laporan laba rugi yang ada pada perusahaan jasa yang  akan ditutup. Akun-akun tersebut diantanya adalah akun pendapatan, biaya/beban, rugi laba dan prive. Selengkapnya tentang jurnal penutup. Setiap akun perkiraan yang ditutup akan bersaldo Rp.0,00 sehingga yang tersisa hanya akun perkiraan yang mempengaruhi neraca saja yang memiliki saldo.

Baca Juga: Contoh Jurnal Penutup Perusahaan Jasa (Penjelasan Lengkap)

9. Jurnal Pembalik

tahapan jurnal pembalik merupakan tahap pembalikkan beberapa akun yang telah ditutup untuk mengembalikan saldonya. Akun perkiraan yang dibalik biasanya adalah pembayaran yang dibayar dimuka yang belum jatuh tempo. Selengkapnya tentang jurnal pembalik. Contoh Jurnal Pembalik Perusahaan Jasa Dengan 4 Jenis Transaksi

10. Neraca Akhir / Awal (Setelah Penutupan)

Disebut dengan neraca akhir / awal karena sebagai neraca akhir yang dihasilkan pada akhir periode, disebut neraca awal karena akan digunakan sebagai neraca awal pada siklus akuntansi periode berikutnya.

Baca Juga: Contoh Neraca Saldo Setelah Penutupan Perusahaan Jasa

Demikianlah pembahasan mengenai 10 Tahapan Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa.
Semoga bermanfaat bagi pembaca akuntansilengkap.com.