[Lengkap] Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan

Posted on

Karakteristik kualitatif laporan keuangan | Manfaat Laporan keuangan salah satunya adalah dapat menilai kondisi keuangan, dapat mengevaluasi efektivitas dan efisiensi suatu entitas dalam setiap pelaporan, membantu menentukan keberadaannya terhadap peraturan perudang-undangan, selain itu dapat juga membuat suatu keputusan. Dalam laporan keuangan untuk menentukan kualitasnya melibatkan kinerja keseluruhan perusahaan yang terdapat dalam laba perusahaan. (Baca juga: Catatan Atas Laporan Keuangan)

Untuk memberikan informasi yang penting dan bermanfaat untuk pihak-pihak yang terlibat, maka informasi ini ditampilkan dalam laporan keuangan yang telah memenuhi karakteristik kualitatif.

Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan

Segala ukuran normatif yang harus diwujudkan dalam sistem informasi akuntansi agar dapat memenuhi tujuan disebut dengan karakteristik kualitatif laporan keuangan. Hal ini merupakan suatu persyaratan normatif yang dibutuhkan oleh pemerintah dalam menyajikan laporan keuangan yang dapat memenuhi kualitas yang diinginkan. Berikut merupakan karakteristik kualitatif dari laporan keuangan:

Relevan

Jika informasi yang disajikan dalam laporan keuangan yang dapat mempengaruhi keputusan pengguna dengan membantunya dalam mengevaluasi kejadian di masa lalu dan masa kini, atau meramalkan masa depan, serta mengoreksi atas hasil evaluasi di masa lalu disebut dengan laporan keuangan yang relevan. Maka dari itu informasi laporan keuangan dikatakan relevan dengan melibatkan tujuan penggunanya.

Berikut ini merupakan syarat-syarat apabila informasi laporan keuangan dikatakan relevan, antara lain yaitu:

1. Informasi memiliki manfaat umpan balik (feedback value)

Informasi yang disajikan kemungkinan akan dapat membuat pengguna untuk mengoreksi rencana serta harapan atau ekspektasi di masa lalu.

2. Informasi memiliki manfaat yang prediktif (predictive value)

Informasi yang disajikan dapat membantu pengguna dalam memperkirakan keadaan di masa mendatang dengan perbandingan hasil masa lalu dan masa kini.

3. Tepat waktu

Apabila informasi yang disajikan tepat waktu maka akan berguna serta mempengaruhi proses pengambilan keputusan.

4. Lengkap

Apabila informasi yang disajikan secara lengkap dan jelas serta mencakup semua informasi yang berpengaruh dalam pengambilan keputusan dengan mempertimbangkan hambatan yang akan terjadi.

Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan

Baca juga:

  1. Pengertian Dan [4] Jenis-Jenis Laporan Keuangan
  2. Contoh Laporan Keuangan Perubahan Modal Perusahaan Dagang
  3. “4” Contoh Laporan Neraca Perusahaan (Dagang dan Jasa)

Andal

Saat informasi yang disajikan dalam laporan keuangan disebut andal apabila informasi tersebut memenuhi syarat yaitu harus bebas dan tak terikat dengan pengertian yang menyesatkan dan kesalahan material, menyajikan semua fakta yang ada secara jelas dan jujur, serta informasi yang disajikan telah terverifikasi. Walaupun informasi yang disajikan telah relevan, namun apabila dalam penyajiannya tidak dapat diandalkan maka pemanfaat informasi tersebut secara potensial dapat dikatakan menyesatkan atau salah.

Berikut ini merupakan syarat-syarat informasi dikatakan andal, antara lain:

1. Disajikan Secara Jujur

Umumnya setiap informasi laporan keuangan yang disajikan akan menggambarkan kejujuran dalam bertransaksi dan kejadian lainnya.

2. Dapat Diverifikasi (verifiability)

Informasi laporan keuangan yang disajikan akan dapat diuji, dan jika pihak berbeda ingin melakukan pengujian juga maka hasilnya akan tetap menunjukkan kesimpulan yang tidak beda jauh atau hampir sama.

3. Netralitas

Informasi laporan keuangan akan mengarah pada kebutuhan umum dan tidak berpihak kepada pihak tertentu.

Dapat Dibandingkan

Informasi laporan keuangan dapat lebih bermanfaat apabila dapat dibandingkan dengan laporan keuangan periode sebelumnya atau dibandingkan dengan laporan keuangan entitas lain. Dalam melakukan perbandingan ini dilakukan secara internal dan eksternal.

Dalam melakukan perbandingan secara internal apabila suatu entitas mengimplementasikan kebijakan akuntansi yang sama setiap tahunnya. Dana dalam melakukan perbandingan secara eksternal apabila suatu entitas yang akan dibandingkan mengimplementasikan kebijakan akuntansi yang sama.

Dapat Dipahami

Apabila pengguna laporan keuangan dapat mengerti atas semua informasi yang disajikan serta mampu menginterpretasikannya maka informasi tersebut dikatakan dapat dipahami. Maka dari itu hal ini terlihat dari manfaat informasi yang telah disajikan dalam pengambilan keputusan. Faktanya, dalam laporan keuangan pemerintah masih mengalami beberapa hambatan-hambatan saat penyajian informasi yang relevan dan andal.

Berikut ini merupakan tiga hal yang merupakan penyebab terjadinya kendala dalam penyajian laporan keuangan pemerintah yaitu:

1. Materialistis

Laporan keuangan pemerintah dikatakan wajar apabila laporan keuangan yang disajikan memuat informasi yang material. Namun hal ini dapat berakibat pada suatu informasi yang tidak disajikan dalam laporan keuangan pemerintah.

2. Pertimbangan biaya dan manfaat

Dalam proses evaluasi atas biaya dan manfaat dalam laporan keuangan umumnya membutuhkan proses pertimbangan yang matang. Dalam hal ini biaya penyajian informasi tidak wajib ditanggung oleh pengguna informasi yang hanya menikmati manfaatnya saja, karena manfaat dari menyajikan informasi ini kemungkinan dirasakan juga oleh pengguna lain atau pihak eksternal yang tidak terdapat dalam tujuan informasi.

3. Keseimbangan antar karakteristik kualitatif

Dalam mencapai suatu keseimbangan yang benar dan tepatsiantara segala macam tujuan normatif yang telah diharapkan dan dipenuhi oleh laporan keuangan pemerintah, namun tetap saja hal ini membutuhkan keseimbangan antar karakteristik kualitatif.

Demikianlah penjelasan mengenai Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga dapat menambah wawasan pembaca.

Kunjungi artikel terbaru:

  1. “6” Contoh Laporan Arus Kas Perusahaan (Dagang dan Jasa)
  2. Fungsi Laporan Keuangan Secara Umum Bagi Perusahaan
  3. Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Lengkap Beserta Transaksinya
  4. 09: Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Lengkap Beserta Penjelasannya
  5. Cari Tahu 5 Bentuk dan Contoh Laporan Keuangan di SINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *