6 Fitur Canggih Di Accounting Software Indonesia

Posted on
software-accounting-indonesia

Kehadiran accounting software Indonesia mampu mendatangkan dampak yang begitu besar dalam proses pengelolaan keuangan pada sebuah perusahaan.

Para pelaku usaha kini mulai menyadari bahwa pengeloaan finansial perusahaan kini semakin kompleks dan membutuhkan tingkat akurasi yang tinggi.

Jika perusahaan hanya menerapkan cara manual dalam pengelolaan keuangannya, rasanya sulit bagi mereka untuk mewujudkan pengelolaan keuangan yang benar-benar efisien.

Hal ini akhirnya mendorong banyak pelaku usaha untuk menggunakan software akuntansi. Di dalam software ini terdapat beberapa fitur canggih yang memudahkan para penggunanya lebih mudah dalam mengerjakan tugas-tugas akuntansi dalam perusahaan:

1. Financial Forecasting 

Financial forecasting merupakan salah satu fitur sistem akuntansi yang paling krusial. Fitur ini sangat membantu perusahaan dalam melakukan estimasi biaya dan pendapatan. Dengan memanfaatkan forecasting tool yang terdapat dalam software akuntansi, Anda bisa lebih mudah dalam mengontrol keuangan dengan bijak, menghilangkan biaya yang tidak perlu, serta mengoptimalkan kuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. 

2. Manajemen Penagihan dan Faktur 

Accounting software Indonesia yang  canggih menyediakan fitur yang dapat digunakan oleh pemilik bisnis untuk membuat, mengelola, serta mengirim berbagai jenis penagihan dan faktur. Di dalam fitur tersebut terdapat berbagai komponen yang bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

3. Rekonsiliasi Akun dan Laporan Bank 

Rekonsialiasi merupakan langkah yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk memastikan keakuratan data keuangannya. Dengan menggunakan software akuntansi, Anda bisa lebih mudah dalam merekonsiliasi akun dan laporan bank dengan cepat. Jika Anda melakukan rekonsiliasi dengan cara manual, maka hal ini berpotensi menimbulkan human error dan membutuhkan waktu yang sangat lama. 

4. Pembuatan Laporan Keuangan 

Di dalam software akuntansi, terdapat fitur yang dapat memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan, seperti misalnya mengenai laba, rugi, neraca, perubahan modal, arus kas, dan lain sebagainya. Laporan keuangan tersebut dapat dilakukan secara digital.  Laporan keuangan tersebut dapat dibuat dalam berbagai macam versi, di antaranya tabel, diagram grafik, garis, dan juga lingkaran. 

5. Manajemen Pembelian dan Penjualan

Fitur manajemen pembelian dan penjualan yang terdapat dalam sistem akuntansi yang baik akan memudahkan Anda untuk mengelola transaksi keuangan kapan pun dan dimana pun Anda inginkan. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, Anda juga bisa lebih leluasa dalam membuat dokumen pembelian, penawaran, resi, dan lain sebagainya. 

6. Manajemen Depresiasi Aset 

Fitur yang terdapat di dalam software akuntansi yang canggih akan memudahkan Anda dalam menghitung penyusutan alat secara otomatis dan lebih akurat.

Anda dapat menghitung depresiasi aset dapat berbagai metode yang bisa disesuaikan dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Perhitungan tersebut dilakukan sesuai dengan pajak dan juga standar akuntansi yang telah ditentukan.

Itulah fitur-fitur accounting software Indonesia yang mampu memudahkan pekerjaan Anda sebagai seorang akuntan. Untuk mendapatkan software akuntansi yang terbaik, Anda dapat berkonsultasi dengan Soltius Indonesia. 

Gravatar Image
Accounting Blogger, Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.