Pengertian Standar Akuntansi Keuangan dan 3 Lembaga Resmi

Posted on

Apa itu standar akuntansi ? Siapakah sebenarnya yang membuat standar ini? Lalu apa tujuannya ? Bagi yang ingin tahu jawaban dari pertanyaan tadi AkuntansiLengkap.com akan menjelaskan pada artikel dibawah ini.

pengertian standar akuntansi keuangan

Pengertian Standar Akuntansi Keuangan


Jenis laporan keuangan yang beragam menyebabkan keharusan akan adanya standar atau aturan yang berbeda-beda pula. Contoh sederhana misalnya seperti laporan keuangan usaha otomatis akan berbeda dengan laporan pemerintahan.

Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dianggap sebagai  suatu metode dan format baku dalam penyajian informasi laporan keuangan suatu kegiatan usaha cara atau aturan untuk menyajikan informasi keuangan dari sebuah kegiatan usaha pada entitas ekonomi atau perusahaan.

Tujuan Standar Akuntansi Keuangan


Tujuan dari aturan ini adalah untuk keseragaman dan kemudahan mendapatkan informasi dari laporan tersebut.

Standar Akuntansi Keuangan dibuat melalui kesepakatan bersama. Yaitu kesepakatan dari lembaga resmi atau Standard Setting Body. Lembaga ini secara resmi menetapkan regulasi atau aturan mengenai segala hal tentang akuntansi seperti menjelaskan transaksi apa saja yang harus dicatat; bagaimana cara mencatatnya dan bagaimana penyajiannya.

Ada kurang lebih 4 lembaga resmi yang bisa membuat standar ini. Tugas dari lembaga ini adalah menentuukan berbagai standar dari berbagai jenis laporan yang ada.

Beberapa lembaga resmi dibawah ini adalah yang umum dikenal di Indonesia.

1. Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI)


IAI merupakan kumpulan dari semua akuntan yang ada di Indonesia. Ketentuan dan aturan akuntansi yang ada di Indonesia diatur oleh lembaga ini meliputi standar akuntansi keuangan tersebut.

Ada bagian-bagian yang dapat menghasilkan aturan SAK diantaranya ada bagian Dewan Standar Akuntansi yang bertugas menyusun standar tersebut.

Bagian kedua adalah Komite Pengesahan Standar Akuntansi Keuangan Indonesia untuk mengecek kembali sebelum disahkan pada kongres IAI.

2. Financial Accounting Standard Board (FASB)


Lembaga ini berada di USA. Tugasnya sama dengan lembaga IAI yaitu mengesahkan standar yang telah disusun. FASB pada pertama kali telah menghasilkan Statement of Accounting Standard and interpretation yang dimuat dalam Accounting Research Bulletin yang di keluarkan oleh American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)

3. International Financial Report Standard (IFRS)


Lembaga ini berada di London, lembaga ini pada awalnya dikenal dengan nama International Accounting Standard Commite (IASC).

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Standar Akuntansi Di Indonesia. silahkan kunjungi artikel selanjutnya 4 (Empat) Pilar Standar Akuntansi Keuangan Di Indonesia. Semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Kunjungi Juga:

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.