Pengertian Inkaso Beserta [Jenis-Jenis, Mekanisme Dan Prosedur]

Posted on

Pengertian Inkaso Adalah [Jenis-Jenis, Mekanisme Dan Prosedur]

Pengertian Inkaso Adalah [Mekanisme, Contoh]

Pengertian Inkaso


Inkaso adalah salah satu bentuk jasa Bank yang digunakan untuk menjalankan amanat dari pihak ke tiga berupa penagihan sejumlah uang

Inkaso merupakan kegiatan jasa Bank untuk melakukan amanat dari pihak ke tiga yang berupa penagihan sejumlah uang kepada perorangan atau badan tertentu di kota lain yang telah ditunjuk oleh yang pemberi amanat.

Transaksi inkaso yang dimaksud adalah penagihan cek/BG dari suatu bank yang berada di wiayah kliring atau kota tertentu kepada bank penerbit yang letaknya di kota dan wilayah kliring yang berbeda. Dari kaitannya dengan inkaso, kita akanmengenal istilah:

  1. Bank pemrakarsa

Bank pemrakarsa adalah bank yang fungsinya menerima warkat dari pihak ketiga untuk  ditagihkan dan kemuian hasilnya untuk pihak ketiga tersebut.

  1. Bank Pelaksana

Bank Pelaksana adalah yang melaksanakan penagihan kepada nasabah (pihak ketiga) berdasarkan amanatdari cabang/bank pemrakarsa dan hasilnya untuk keuntungan pihak ketiga pihak ketiga nasabah bank pemrakarsa.

Proses inkaso membutuhkan media yang berupa warkat-warkat yang diinkasokan seperti cek bilyet giro, pos biasa atau faximile dan teleks. Dengan menggunakan media tersebut akan menimbulkan biaya, danbiaya ini akan dibebenakan kepada pihak ketiga yang memberikan amanat inkaso. Disamping itu, bank pemarakarsa akan memperoleh pendapatan yang berupa komisi inkaso.

Baca juga: 

  1. Pengertian Kliring Beserta [Jenis-Jenis, Sistem, Akuntansi]
  2. Pengertian Giro (Rekening Koran) Beserta Fungsi, Jenis-Jenis Dan Manfaat
  3. Pengertian, Perbedaan Cek Dan Bilyet Giro Beserta Jenis-Jenisnya

Warkat Inkaso

Tidak semua warkat yang diterbitkan oleh suatu bank bisa dimasukkan dalam kegiatan inkaso. Warkat yang bisa diinkasokan dikelompokkan menjad 2 yaitu:

  1. Inkaso dengan warkat tanpa lampiran adalah warkat inkaso yang digunakan digunakan saat melakukan inkaso dengan tidak dilampirkan dokumen apapun. Contohnya: cheque, bilyet giro.
  2. Inkaso dengan warkat berlampiran adalah warkat yang inkasonya harus dilampirkan dokumen-dokumen pelengkap (pendukung). Contohnya: kwitansi, faktur dan polis asuransi.

 Jenis Inkaso

Jika dilihat dari lalu lintas dananya, inkaso bisa dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu:

  1. Inkaso keluar

Inkaso keluaradalah inkaso atas instruksi nasabah agar melakukan penagihan kepada pihak ketiga baik di cabang sendiri maupun bank di luar kota. Inkaso ini dibayarkan atau dikreditkan ke rekening ke rekening si pemberi amanat di bank pemrakarsa setelah inkaso berhasil ditagih.

  1. Inkaso masuk

Inkaso masuk adalah tagihan masuk atas beban rekening (warkat yang diterbitkan) nasabah sendiri yang hasilnya akan dikirimkan ke cabang pemrakarsa untuk keuntungan pihak ketiga.

Proses kegiatan inkaso masuk dan inkaso keluar bisa kita gambarkan dengan bagan berikut ini:

mekanisme inkaso masuk dan keluar

Saat kegiatan inkaso dalam hal pihak tertarik sebagai nasabah bank lain bisa digambarkan pada bagan berikut ini.

mekanisme inkaso pihak tertarik

Baca juga: Pengertian Deposito Beserta Manfaat, Jenis-Jenis Dan Karakteristik

Mekanisme Dan Prosedur Inkaso

1. Mekanisme oleh teller kepada penyetor

mekanisme inkaso

2. Mekanisme atau prosedur inkaso

mekanisme dan prosedur inkaso

Pengertian Inkaso Adalah [Jenis-Jenis, Mekanisme Dan Prosedur]. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita. Terimakasih banyak atas kunjungannya. 🙂

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1. Potongan Pembelian Beserta Contoh “Jurnal dan Rumusnya
  2. Pengertian Depresiasi (Penyusutan) Beserta Metodenya
  3. Pengertian Deplesi Beserta Metode, Contoh Soal Dan Jawaban
  4. Model Dan Contoh Sistem Informasi Manufaktur
  5. “Obligasi” Pengertian, Jenis-Jenis, Rumus dan Perhitungan
Gravatar Image
Accounting Blogger, Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung. Materi artikel, penulis rangkum dari berbagai sumber. Kritik dan saran, silahkan dikirimkan melalui halaman kontak website.