Tips Menjadi Wirausaha Sukses Bagi pemula

Posted on
tips menjadi wirausaha pemula yang sukses

Saat ini Indonesia hanya menduduki peringkat 94 dari 137 negara untuk tingkat partisipasi penduduk dalam dunia bisnis.

Saat ini jumlah wirausaha di Indonesia masih tergolong rendah, dimana dari total penduduk usia kerja di Indonesia hanya mencapai 3,1 persen yang merupakan pebisnis.  

Syarat untuk menjadi negara maju ialah jumlah wirausaha harus lebih dari 14 persen dari rasio penduduknya. Itu artinya Indonesia masih kurang 10,9% wirausaha lagi untuk menjadi negara maju.

Dalam rangka meningkatkan jumlah wirausaha tersebut pemerintah telah melakukan beberapa program penting diantaranya di bidag permodalan, permerintah bekerjasama dengan pihak perbankan untuk memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang telah digagas sejak tahun 2007.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program prioritas pemerintah dalam mendukung UMKM berupa kebijakan pemberian kredit/pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada debitur individu/perseorangan, badan usaha, dan/atau kelompok usaha yang produktif dan layak, namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup.

Tujuan dilaksanakannya program KUR antara lain adalah untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM); dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Selain KUR di bidang pendidikan pemerintah juga menggagas kurikulum pendidikan kewirausahaan.

Pendidikan kewirausahaan merupakan salah satu program pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan Nasional yang bertujuan untuk membangun dan mengembangkan manusia yang berjiwa kreatif, inovati, sportif dan wirausaha.

Program pendidikan kewirausahaan ini dikaitkan dan diintegrasikan dengan program-program lain, seperti pendidikan karakter, pendidikan ekonomi kreatif dan pendidikan kewirausahaan ke dalam kurikulum sekolah.

Dengan adanya pendidikan kewirausahan di sekolah diharapkan generasi muda Indonesia semenjak di dunia pendidikan sudah berminat dan memulai berwirausaha sehingga jumlah wirausaha di Indonesia semakin meningkat.

Adanya pendidikan kewirausahan di sekolah diharapkan generasi muda Indonesia semenjak di dunia pendidikan sudah berminat dan memulai berwirausaha sehingga jumlah wirausaha di Indonesia semakin meningkat.

Berikut ini beberapa tips menjadi wirausaha tangguh bagi anda wirausaha pemula atau anda yang berminat menjadi seorang wirausaha :

1. Memiliki Kemampuan Melihat Peluang

Sebelum menjadi seorang wirausaha hal pertama yang harus dimiliki seseorang adalah mampu melihat peluang usaha yang ada di sekitar kita.

Peluang usaha adalah kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki.

Dalam menemukan sebuah peluang usaha seseorang dapat melakukannya dengan cara :

  1. tanyakan pada diri anda, keterampilan apa yang anda miliki,
  2. pikirkan apa yang lagi ngetrend saat ini yang dapat menjadi  peluang berwirausaha,
  3. ciptakan barang atau jasa baru,
  4. menambah nilai produk yang sudah ada, dan
  5. penelitian pasar.

Kemampuan ini tidak semua manusia miliki, sehingga tidak semua manusia bisa menjadi seorang wirausaha, tapi bisa dikembangkan.

Mau mulai wirausaha ? cobain Peluang Usaha Ternak Menguntungkan dan Menghasilkan.

2. Memiliki Sikap Optimis dan Yakin dalam Berwirausaha

Setelah memiliki ide tentang peluang usaha yang akan di mulai seorang wirausaha yang tangguh harus yakin bahwa ide yang ia miliki itu akan berjalan dengan baik.

Optimis dan yakin akan usaha yang dijalani menjadi  salah satu kunci keberhasilan usaha kita.

Optimis adalah keyakinan atas segala sesuatu dari segi yang baik dan menyenangkan dan sikap selalu mempunyai harapan baik di segala hal.

Dengan yakin dan optimis maka semua hambatan dan tantangan dalam berwirausaha akan terasa mudah.

Belajar jadi wirausaha memang tidak akan ada habisnya. Dapatkan inspirasi bisnis di 24 Peluang Usaha Sampingan Generasi Milenial (Menjanjikan).

3. Memiliki Ketekunan dan Kekerja Keras dalam Proses Usaha

Dalam menjalankan suatu usaha tentu saja tidak semudah membalikan telapak tangan, tentu saja melalui proses dan tahapan – tahapan.

Dalam proses dan tahapan – tahapan itu tentu saja banyak hambatan, tantangan, dan kendala. Agar semua itu tidak membuat usaha kita tergagnggu tentu saja kita harus tekun dan kerja keras.

Tekun artinya mengarahkan pemikiran dan perasaan pada kegiatan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Sedangkan kerja keras adalah kegiatan yang dikerjakan secara sungguh-sungguh tanpa mengenal lelah atau berhenti sebelum target kerja tercapai dan selalu mengutamakan atau memperhatikan kepuasan hasil pada setiap kegiatan yang dilakukan.

Anda seorang karyawan yang ingin memulai usaha? yuk cari ide bisnis untuk karyawan yang ngga ganggu kerjaan.

4. Berani Mengambil Resiko dalam Berwirausaha

Setiap kegiatan atau pun hal yang kita lakukan sudah pasti mengandung resiko. Begitu juga halnya dalam berwirausaha tentu saja banyak resiko yang harus kita perhitungkan.

Risiko adalah bahaya, akibat atau konsekuensi yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang.

Contoh Resiko dalam Wirausaha

Resiko – resiko dalam berwirausaha antara lain :

  1. resiko produksi,
  2. resiko pemasaran,
  3. resiko finansial
  4. resiko pasar, dan
  5. resiko kerjasama.

Seorang wirausaha yang tangguh harus mampu mengambil dan mempertimbangkan resiko tersebut.

5. Berinovasi dan Berorientasi Pada Pelanggan

Dalam kegiatan berwirausaha persaingan tentu saja menjadi hal yang tidak dapat dihindari. Persaingan tentu saja harus kita hadapi jika kita ingin tetap eksis dan konsisten dalam dunia usaha.

Dengan adanya persaingan ini tentu saja seorang wirausaha harus dituntut memiliki kemampuan dalam berinovasi dan berproduksi dengan berorientasi pada kepuasan pelanggan.

Inovasi adalah suatu proses dan/ atau hasil pengembangan pemanfaatan suatu produk/ sumber daya yang telah ada sebelumnya, sehingga memiliki nilai yang lebih berarti.

Sedangakan berorientasi pada pelanggan artinya mengedepankan kualitas produk yang kita hasilkan untuk kepuasan pelanggan.

6. Memiliki Kemampuan Mengorganisir Internal Perusahaan

Kemampuan mengorganisasir adalah kemampuan seseorang atau kemampuan yang harus dimiliki oleh wirausahawan yang meliputi planning, organizing , actuacting dan controling.

Planning

Planning meliputi pengaturan tujuan dan mencari cara bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut.

Organizing

Organizing adalah proses dalam memastikan kebutuhan manusia dan fisik setiap sumber daya tersedia untuk menjalankan rencana dan mencapai tujuan yang berhubungan dengan organisasi.

Actuating

Actuating adalah perencanaan dan pengorganisasian yang baik kurang berarti bila tidak diikuti dengan pelaksanaan kerja.

Controling

Controling adalah kegiatan kontrol agar pekerjaan berjalan sesuai dengan visi, misi, aturan dan program kerja maka dibutuhkan pengontrolan. Kemampuan ini harus dimilikioleh seorang wirausaha agar usahanya dapat bertahan dan sukses.

7. Memiliki Kemampuan bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik

Kemampuan bekerjasama adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

Sedangkan kemampuan berkomunikasi adalah kemampuan mengekspresikan pemikiran, perasaaan, keinginan, melalui komunikasi verbal atau komunikasi non-verbal untuk mendapat pengertian orang lain.

Kedua kemmapuan ini harus dimiliki seorang wirausaha agar usaha yang dijalankan dapat berkembang, karena dengan memiliki kedua kemmapuan ini relasi baik dibidang permodalan, pemasaran, dan bahan baku tentu saja akan terjalin dengan baik.

Nah itu dia beberapa tips menjadi wirausaha yang tangguh. Ayo semangat untuk menjadi seorang wirausaha. Menjadi seorang wirausaha tentu saja banyak manfaatnya.

Keuntungan Menjadi Wirausaha

Ada keuntungan yang hanya bisa di dapatkan dengan menjadi seorang wirausaha diantaranya:

  1. waktu bekerja lebih fleksibel, sehingga waktu dengan keluarga lebih banyak,
  2. penghasilan lebih menjanjikan dibandingkan pekerja,
  3. membuka kesempatan kerja bagi orang lain,
  4. relasi semakin luas, dan
  5. wawasan bertambah.

Demikian artikel Tips Menjadi Wirausaha Sukses Bagi pemula. Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat.

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

Leave a Reply