[Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Jasmani dan Rohani

Posted on

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani | Manusia hidup selalu berurusan dengan masalah kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan merupakan salah suatu hal yang harus dipenuhi oleh seseorang agar dapat bertahan hidup. Kebutuhan hidup manusia pada dasarnya tidak ada yang sama dan berbeda-beda.

Kebutuhan manusia itu tiada batasan karena begitu banyak macamnya. Untuk lebih memudahkan mengetahui apa saja macam-macam kebutuhan. Kebutuhan tersebut dikelompokkan menurut berbagai hal, yakni kebutuhan menurut intensitas, sifat, bentuk, waktu, dan subjek. (Baca juga: Faktor yang mempengaruhi kebutuhan )

Kali ini akan diulas mengenai kebutuhan manusia menurut sifatnya. Kebutuhan manusia menurut sifatnya terdiri atas kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Kebutuhan jasmani ini biasanya bersifat lebih material, sedangkan kebutuhan rohani memiliki sifat immaterial.

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani

Kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani merupakan kebutuhan pokok manusia yang didasari dengan sifat kebutuhan tersebut. Kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani merupakan hal yang sangat penting untuk dipenuhi oleh semua orang.

Jika kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka dapat menyebabkan masalah dalam kelangsungan hidup manusia itu sendiri. Berikut ini adalah penjelasan tentang kebutuhan jasmani dan rohani beserta contohnya.

Kebutuhan Jasmani

Pengertian Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh jasmani, badan atau tubuh manusia. Kebutuhan jasmani ini berkaitan dengan masalah kesehatan ataupun penampilan seseorang.

Pengertian kebutuhan jasmani secara umum dapat diartikan sebagai kebutuhan yang dapat dirasakan oleh fisik atau tubuh manusia. Kebutuhan jasmani ini secara langsung berkaitan dengan tubuh manusia.

Jika kebutuhan jasmani ini tidak mampu terpenuhi, maka manusia akan mengalami masalah, seperti masalah kesehatan tubuh.

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani

Baca juga: 

  1.  [Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier
  2. Pengertian + Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer
  3. [Macam-Macam] Alat Pemuas Kebutuhan Manusia + Contohnya

Contoh Kebutuhan Jasmani

Contoh dari kebutuhan jasmani antara lain adalah:

  • Makanan dan Minuman
  • Pakaian
  • Olahraga
  • Kesehatan
  • Istirahat cukup

Jika kebutuhan jasmani manusia misalnya berupa makanan dan minuman ini tidak dapat dipenuhi dengan baik, maka bisa saja akan menyebabkan seseorang sakit atau bahkan akan mengalami gizi buruk. Jadi sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan jasmani berupa makan dan minum agar hidup berlangsung dengan baik dan sehat.

Jika kebutuhan berupa olahraga dan istirahat yang cukup tidak dapat terpenuhi dengan baik, maka seseorang akan memiliki daya tahan tubuh yang rendah dan mudah terserang penyakit. Begitu pula dengan kebutuhan jasmani berupa pakaian, bila tidak dapat terpenuhi dengan baik, maka bisa membuat seseorang malu dan kehilangan jati dirinya.

Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa jika kebutuhan jasmani ini tidak dapat terpenuhi dengan baik, maka akan berdampak langsung pada fisik individu itu sendiri.

Kebutuhan Rohani

Pengertian Kebutuhan Rohani

Rohani atau jiwa manusia tentu saja memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi, kebutuhan ini disebut kebutuhan rohani. Kebutuhan rohani adalah kebutuhan manusia yang berkaitan dengan psikologis dirinya. Karena yang merasakan atau membutuhkan kebutuhan rohani ini bukanlah fisik manusia itu sendiri, melainkan jiwa manusia yang paling dalam.

Kebutuhan rohani berkaitan dengan tuntutan perasaan, etika, dan keyakinan manusia demi terpenuhinya kepuasan batin. Kebutuhan rohani tidak berkaitan langsung dengan fisik manusia sehingga tidak dapat dilihat secara langsung. Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan batin yang hanya dapat dirasakan oleh individu yang bersangkutan.

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani

Baca juga: 

  1.  Pengertian Kebutuhan dan 11 Macam-Macamnya
  2. 6 Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Rumah Tangga

Contoh Kebutuhan Rohani

Contoh dari kebutuhan rohani manusia antara lain:

  • Ibadah
  • Rekreasi atau hiburan
  • Ilmu pengetahuan
  • Bersosialisasi dengan masyarakat
  • Melakukan hobby

Hal ini dapat tercermin dari kebutuhan orang akan rasa aman dan kebutuhan meyakini suatu agama atau kepercayaan tertentu. Kebutuhan seseorang untuk dapat memeluk agama atau kepercayaaan tertentu, menjadikan seseorang itu merasakan suatu ketentraman dan mempunyai pedoman dalam hidupnya.

Di era globalisasi inipun, semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menyebabkan kebutuhan ini terasa semakin penting bagi manusia, baik dalam statusnya sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial.

Orang yang kebutuhan rohaninya tidak mampu terpenuhi biasanya akan rentan mengalami stress. Contohnya jika seseorang kurang beribadah, maka biasanya akan mengalami pemikiran yang suram dan mudah pesimis yang berujung pada kurangnya produktivitas hidup.

Contoh yang lainnya, kegiatan rekreasi terutama bersama keluarga dan orang-orag tercinta akan dapat memberikan kepuasan batin tersendiri bagi individu.

Dengan terpenuhinya kebutuhan rohani dalam kehidupan manusia, maka akan merasakan perasaan yang bahagia dan gembira, sehingga ia menjalani hidupnya dengan penuh semangat.

Oleh karena itu, begitu pentingnya kebutuhan jasmani dan rohani untuk kehidupan manusia, sehingga kita sebagai manusia yang cerdas tidak boleh mengabaikan kebutuhan ini sedikutpun. Mulai sekarang, kita harus membiasakan diri untuk memakan makanan sehat dan bergizi, berolah raga secara rutin, berpakaian yang rapi dan sopan, sehingga kebutuhan jasmani ini dapat terpenuhi.

Kita juga tentu saja perlu untuk beribadah sesuai dengan keyakinan kita masing-masing, mencari ilmu pengetahuan jika untuk membuat kita pintar dan berwawasan, menjalani hobi yang dapat membuat kita bahagia, dan melakukan kegiatan rekreasi bersama keluarga dan orang-orang terdekat agar kehidupan kita dapat selalu bahagia.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai Pengertian dan Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani. Terima kasih atas kunjungannya, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1. 15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi
  2. [Lengkap] Contoh Circular Flow Diagram 2, 3 dan 4 Sektor Serta Penjelasannya
  3. Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional [Kelebihan dan Kekurangan]
  4. Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Pancasila [Kelebihan dan Tujuannya]
  5.  Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Sosialis/Komando [Kelebihan dan Kekurangan]

2 thoughts on “[Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Jasmani dan Rohani

  1. Terima kasih atas ilmunya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *