Manfaat Koperasi Bagi Semua Elemen Masyarakat Indonesia

Posted on

Koperasi termasuk badan usaha andalan bagi masyarakat semua kelas, baik kelas menengah ke bawah atau menengah ke atas. Manfaat koperasi yang sangat banyak diantaranya bisa membantu perekonomian anggotanya.

Manfaat koperasi tidak hanya bisa dirasakan oleh anggota, namun juga masyarakat dan pelaku bisnis. Manfaat koperasi bagi para anggota diantaranya, bisa menyediakan produk barang dan jasa dengan harga yang terjangkau. Karena tujuan koperasi sendiri adalah membantu mensejahterakan para anggotanya.

Manfaat koperasi bagi para anggota

Manfaat Koperasi Bagi Anggota

Melatih tanggung jawab para anggotanya

Di dalam koperasi perlu dibentuk adanya struktur organisasi. Pemilihan ketua wakil sekretaris dan bendahara semuanya dibentuk dan dikelola oleh anggota koperasi. Dalam hal ini anggota yang tercatat sebagai pengurus harus bertanggung jawab untuk mengelola koperasi supaya ya bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Sedangkan dari sisi anggota bisa bertanggung jawab untuk membantu mengawasi kinerja pengurus koperasi.

Menambah penghasilan dari pembagian sisa hasil usaha

Sisa hasil usaha (SHU) adalah pendapatan koperasi yang berasal dari bisnis koperasi seperti, penjualan produk barang maupun layanan jasa selama 1 tahun setelah dikurangi biaya-biaya. SHU diberikan kepada para anggotanya sesuai dengan presentasi jasa usaha yang dilakukan oleh anggota. Jadi semakin banyak bantuan atau partisipasi dari anggota maka semakin banyak pula nilai SHU yang didapatkan.

Mendapat kemudahan dari produk dan layanan koperasi

Jenis usaha koperasi si ada bermacam-macam, ada koperasi simpan pinjam jam, koperasi produsen koperasi konsumen koperasi pemasaran dan koperasi jasa.

  1. Koperasi produsen

Manfaat dari koperasi produsen adalah anggota koperasi yang terdiri dari pemilik dan pengguna bersama-sama mendapat keuntung manfaat koperasi konsumenan dari hasil produksi dan pemasaran produk.

  1. Manfaat koperasi konsumen

Anggota koperasi mendapat kemudahan untuk membeli barang atau jasa sesuai dengan kebutuhan anggotanya. Koperasi konsumen juga menyediakan layanan kredit dengan bunga yang rendah. Sehingga para anggotanya tidak perlu terjebak kepada rentenir atau lembaga pinjaman lain dengan bunga tinggi.

  1. Manfaat koperasi simpan pinjam

Koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang memiliki layanan kredit pembiayaan. Para anggota operasi menabung rutin di koperasi simpan pinjam, kemudian dana yang terkumpul bisa disalurkan kepada anggota lain yang membutuhkan pinjaman dana. Para anggota koperasi simpan pinjam akan mendapat sisa hasil usaha, dari selisih pinjaman dan pengembalian debitur.

  1. Koperasi pemasaran

Koperasi pemasaran merupakan koperasi yang bertujuan untuk memasarkan produk barang atau jasa milik anggota. Sehingga bisa meningkatkan penjualan dan keuntungan dari anggota koperasi.

  1. Manfaat koperasi jasa

Manfaat koperasi jasa adalah untuk membantu memasarkan produk jasa para anggotanya. Kota sebagai produsen jasa akan terbantu tu tu dari peningkatan penjualan jasa.

Tempat menyimpan modal

Seringkali orang-orang banyak yang yang tidak bijak menggunakan uangnya. Misalnya untuk membelikan barang-barang yang termasuk kelompok liabilitas atau beban. Sebagai alternatif lebih baik menyimpan uang uangnya di koperasi. Kelebihan menyimpan uang modal di koperasi adalah ah anda akan mendapat keuntungan dari pembagian SHU. Selain itu jika di masa depan anda membutuhkan modal anda bisa mengambil simpanan anda yang ada di koperasi.

Sebagai sarana Investasi

Investasi adalah sebuah usaha untuk menanamkan modalnya dengan harapan mendapat keuntungan di masa depan. Banyak cara yang dilakukan untuk berinvestasi seperti investasi emas, deposito, properti, reksa dana dan lain-lain.

Bagi masyarakat menengah ke bawah mungkin investasi di atas belum banyak diketahui. Hadirnya koperasi bisa menjadi solusi bagi masyarakat tersebut untuk berinvestasi. Kelebihan koperasi adalah ah mau memberikan aturan simpanan pokok dan simpanan wajib. Hal ini juga baik untuk membiasakan prinsip menabung bagi masyarakat.

Baca juga:

  1. Contoh Koperasi di Indonesia
  2. Kelebihan dan Kekurangan Koperasi
  3. Sumber modal Koperasi

Manfaat koperasi bagi para pelaku bisnis

Manfaat Koperasi Bagi Pelaku bisnis
  1. Para pelaku usaha bisa terbantu itu dengan pinjaman modal usaha dari koperasi.
  2. Peminjaman modal lewat koperasi lebih mudah dibandingkan lembaga lain.
  3. Pelaku usaha bisa mendapat pelatihan tentang cara mengembangkan usaha, dari pelatihan yang sering dilaksanakan oleh pihak koperasi.
  4. Pelaku usaha bisa terbantu untuk meningkatkan skala bisnisnya karena koperasi juga bisa memberikan workshop tentang perizinan usaha, mekanisme impor ekspor dan pemasaran digital. Biasanya disponsori oleh Kementrian Koperasi.
  5. Semakin banyak warga masyarakat yang bisa membuat usaha sendiri dengan bantuan koperasi.
  6. Bagi para pegiat UMKM bisa terbantu melalui pinjaman modal dari koperasi dengan bunga yang lebih rendah.

Manfaat koperasi bagi masyarakat

Manfaat Koperasi Bagi Masyarakat
  1. Koperasi menciptakan lapangan pekerjaan sehingga mengurangi pengangguran.
  2. Koperasi membantu meningkatkan perekonomian para anggota dan masyarakat secara umum.
  3. Koperasi bisa didirikan dengan modal yang kecil dan dan bisa menghasilkan keuntungan yang besar lewat pembagian sisa hasil usaha. Jadi masyarakat kelas menengah kebawah tetap bisa ikut berpartisipasi.
  4. Tersedianya produk barang atau jasa yang lebih terjangkau.
  5. Masyarakat desa bisa lebih sejahtera dengan mendirikan koperasi di daerahnya masing-masing.

Jenis partisipasi anggota untuk memaksimalkan manfaat koperasi

Di bawah ini merupakan contoh partisipasi anggota, supaya koperasi bisa berjalan maksimal dan bisa bermanfaat bagi para anggota masyarakat dan pelaku bisnis.

Demikian pembahasan tentang manfaat koperasi. Semoga bisa menambah pengetahuan baru bagi pembaca. Terima kasih.

Leave a Reply