2 [CONTOH] Jurnal Umum Perusahaan Dagang

2 [CONTOH] Jurnal Umum Perusahaan Dagang
2.5 (50%) 6 votes

Jurnal Umum (General Ledger) Perusahaan Dagang


AkuntansiLengkap.comJurnal umum perusahaan dagang adalah jurnal yang mencatat seluruh transaksi keuangan yang timbul akibat kegiatan perdagangan seperti :

1. Pembelian barang dagang

2. Penjualan barang dagang

3. Pengembalian barang dagang yang di jual atau di beli (retur)

4. Potongan atas penjualan atau pembelian

Pada umumnya terdapat dua jenis metode pencatatan jurnal umum dalam perusahaan dagang yakni metode fisik (periodik) dan metode perpetual.

1. Metode Fisik

Metode fisik digunakan oleh perusahaan yang menjual barang dagang yang relatif murah dan sering terjadi.

Dalam metode ini, akun Persediaan barang dagang tidak boleh di debet ketika terjadi transaksi pembelian barang dagang, dan tidak boleh di kredit ketika terjadi transaksi penjualan barang dagang.

Transaksi pembelian barang dagang akan dicatat dengan mendebet akun pembelian, sedangkan transaksi penjualan akan dicatat dengan mengkredit akun penjualan.

metode periodik2. Metode Perpetual

Metode perpetual digunakan oleh perusahaan yang memberlakukan tarif relatif mahal pada barang dagangnya.

Dalam metode ini, Ketika terjadi transaksi pembelian barang dagang maka akan mendebet akun persediaan barang dagang, dan ketika terjadi transaksi penjualan maka akan mengkredit akun persediaan barang dagang.

metode perpetual

Dalam penerapannya metode periodik lebih mudah untuk dijalankan, tetapi metode perpetual memiliki ketepatan dan kecepatan informasi yang lebih baik daripada metode periodik.

Untuk melihat Contoh 14 Transaksi Jurnal Umum

 

Baca Juga :