Perbedaan Kelebihan Dan Kekurangan Emas Putih & Emas Kuning

Posted on

Emas putih dan emas kuning banyak digunakan untuk perhiasan dan dijual secara bebas di pasaran. Bagi Anda yang belum mengetahui perbedaan kedua jenis emas ini, berikut akan dijabarkan perbedaan emas putih dan emas kuning.

Secara kasat mata, perbedaan kedua jenis emas ini sesuai dengan namanya terletak pada warnanya. Emas putih berwarna putih berkilau sedangkan emas kuning memang berwarna kuning mengkilap. Selain itu harga emas putih biasanya tentu lebih mahal dibandingkan emas yang kuning.

Namun ternyata banyak lagi perbedaan kedua jenis emas yang banyak dijual dipasaran ini. Mulai dari bahan penyusun, cara perawatan, keuntungan untuk investasi dan lainnya.

Perbedaan Emas Putih dan Emas Kuning

Perbedaan kedua jenis emas ini tergantung dari zat penyusunnya sehingga menghasilkan warna yang berbeda. Emas putih adalah campuran dari 75% emas dengan 25% perak dan platinum, serta dilapisi oleh zat kilau rhodium. Rhodium digunakan untuk pelapisan agar emas putih tidak kusam dan menjadi lebih cemerlang.

Emas kuning adalah campuran dari 75% emas dengan 25% lagi tembaga dan seng/zinc. Warna emas yang berkilauan ini didapatkan dari campuran tembaga dan perak dengan perbandingan tertentu. Perbedaan emas putih dan emas kuning dalam segi harga dipengaruhi oleh zat rhodim pelapisnya. Zat selain memiliki harga yang mahal juga sulit diolah namun bisa membuat kilau emas.

Kelebihan Emas Putih

  1. Emas putih dicampur menggunakan beberapa bahan lain agar menghasilkan warna putih tersebut.

Campuran ini memiliki kekuatan dan daya tahan yang lebih kuat dibanding jenis emas kuning. Karena lebih kuat emas putih ini tidak mudah rusak ketika tergores atau tidak sengaja terkena tekanan.

  1. Dengan campuran yang membuat emas menjadi kuat, namun emas ini juga mudah dibentuk.

Jadi sangat menguntungkan karena tidak sulit dibentuk agar sesuai dengan keinginan yang menggunakannya.

  1. Bagi yang menginginkan perhiasan awet dengan warna keabu-abuan, maka emas putih bisa dijadikan salah satu pilihan.

Emas putih ini memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan perhiasan keabu-abuan berbahan platinum atau titanium.

  1. Jika digunakan dengan sebagai kombinasi berlian, emas putih akan membuat warna berlian semakin berkilau.

Namun berbeda dengan emas kuning yang kurang cocok untuk berlian karena berlian akan memiliki warna kekuning-kuningan.

5.Emas putih sangat cocok untuk menjadi pilihan penampilan dengan perhiasan yang lebih modern. Perhiasan dengan bahan emas putih banyak digunakan oleh masyarakat saat ini terutama kaum muda karena lebih elegan dan modern.

Kekurangan Emas Putih

  1. Emas putih banyak yang menggunakan lapisan zat kimia bernama rhodium agar tampak berkilau dengan indah

Zat pelapis ini bisa mengalami kepudaran jika terlalu lama digunakan. Pemudaran ini disebabkan oleh gesekan dan berbagai hal eksternal lainnya. Oleh sebab itu emas putih harus dilapisi ulang sekitar satu atau dua tahun sekali agar tetap berkilau.

  1. Emas putih juga beberapa mengandung zat nikel yang bisa menyebabkan pemakainya alergi

Namun alergi ini hanya dialami oleh orang yang memiliki kulit sensitif, oleh sebab itu Anda bisa memeriksakan diri sebelum menggunakan emas ini. Atau Anda bisa menanyakan kepada penjualnya apa saja kandungan emas putih yang akan dibeli tersebut.

  1. Perhiasan yang berbahan dasar emas putih juga bisa rusak karena berbagai hal, misal menjadi rusak dan patah

Emas ini bisa diperbaiki namun perbaikan ini juga harus disertai pelapisan agar emas kembali lagi kebentuk semula. Oleh sebab itu biaya perawatan jika terjadi kerusakan pada emas putih cenderung lebih mahal.

  1. Rhodium adalah zat yang memiliki harga sangat mahal

Harganya bisa mencapai 10 kali lipat dari harga emas normal. Karena emas putih dilapisi rhodium maka harganya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan emas kuning biasa.

Kelebihan Emas Kuning

  1. Emas kuning tidak mengandung nikel yang bisa menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif.

Campuran emas ini adalah zat zinc dan tembaga yang sangat aman digunakan untuk semua jenis kulit pemakainya.

  1. Emas jenis ini juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan emas putih yang lebih mahal.

Hal ini sangat membantu Anda yang ingin memiliki perhiasan emas dengan harga terjangkau namun tahan lama.

  1. Emas juga tidak mudah pudar seperti emas putih yang lebih cepat pudar.

Sehingga Anda tidak perlu terus melakukan pelapisan ulang yang tentunya menggunakan waktu, uang dan tenaga. Jadi secara tidak langsung Anda bisa menghemat pengeluaran untuk perawatan perhiasan jenis ini.

  1. Perhiasan dengan warna kuning emas cenderung terkesan mewah dan klasik sekaligus.

Cocok sekali bagi Anda yang memang menyukai penampilan klasik namun tetap berkelas. Misalnya perhiasan digunakan untuk menghadiri acara seperti pesta pernikahan.

  1. Jika terjadi kerusakan pada perhiasan dengan bahan emas kuning maka akan lebih mudah diperbaiki.

Selain itu biaya perawatan untuk emas kuning ini cenderung lebih murah dibandingkan jenis emas lain seperti emas putih.

  1. Emas kuning memiliki dua bentuk umum yang banyak diperjualbelikan yaitu bentuk perhiasan dan emas batangan.

Kedua jenis ini bisa digunakan untuk investasi, namun untuk investasi dalam jumlah lebih besar emas batangan bisa dijadikan pilihan.

Kekurangan Emas Kuning

  1. Emas yang berwarna kuning ini sangat cantik ketika digunakan untuk Anda yang memiliki kulit hangat khas Indonesia, seperti kuning langsat.

Namun ternyata warna kuning emas ini kurang cocok untuk yang memiliki kulit tone dingin, seperti pucat atau cerah. Perhiasan akan terlihat pucat dan pudar jika digunakan untuk kulit yang tidak sesuai.

  1. Meski tidak membutuhkan pelapisan, emas kuning tetap harus dipoles agar kilauan emas selalu terjaga.

Terutama emas kuning yang setiap hari digunakan untuk perhiasan sehingga dalam kurun waktu tertentu warna emasnya akan memudar.

  1. Emas kuning dalam hal kekuatan logamnya memiliki kekuatan yang lebih rendah dibanding emas putih.

Emas ini cenderung lebih lunak sehingga jika secara tidak sengaja terkena goresan atau benturan emas bisa penyok dan tergores. Bahkan dalam beberapa kasus emas yang terkena benturan bisa putus dan hilang begitu saja.

Kesimpulan

Pada dasarnya emas putih dan emas kuning sama saja, namun yang membedakan adalah zat campuran yang digunakan. Zat ini akan mempengaruhi warna yang terjadi yaitu putih atau kuning. Perhiasan menggunakan kedua jenis emas ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

Jika ingin perhiasan emas dengan biaya perawatan murah maka emas kuning bisa dijadikan pilihan yang sesuai. Namun jika menginginkan perhiasan emas yang awet dan tahan lama maka emas putih adalah pilihan yang paling tepat. Emas putih bisa digunakan untuk perhiasan yang diwariskan secara turun-menurun karena lebih kuat.

Namun jika untuk investasi yang menguntungkan dalam jangka waktu panjang, jenis perhiasan kedua emas tersebut bukanlah pilihan yang tepat. Investasi emas paling baik menggunakan emas batangan yang masih murni dan tidak terpengaruh inflasi seperti perhiasan emas putih dan kuning.

Gravatar Image
Accounting Blogger, Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.