13 Contoh Variabel Kontrol Penelitian dan Penjelasannya

Posted on

Variabel kontrol dalam penelitian dapat mendukung penelitian supaya menghasilkan data yang makin akurat dan bisa memberikan solusi atas masalah yang terjadi. Misalnya, contoh variabel kontrol dalam penelitian “Pengaruh Pendapatan Daerah Terhadap Ketersediaan Lapangan Pekerjaan” adalah jenis pekerjaannya atau potensi sumber daya alam di daerah.

Variabel kontrol bisa digunakan pada setiap bidang penelitian, seperti akuntansi, biologi, kimia, ekonomi akuntansi dan bidang ilmu lainnya.

Pengertian Variabel Kontrol

Variabel kontrol adalah variabel penelitian yang mengendalikan pengaruh variabel lain. Tujuan variabel kontrol adalah supaya pembahasan penelitian tidak terlalu melebar dan memastikan penelitian bisa lebih fokus. 

Misalnya penelitian tentang “Manfaat Kalsium Pada Pertumbuhan Tanaman Tomat” Maka bisa dipilih jenis tanaman tomat cherry atau tomat besar atau jenis kalsium tertentu sebagai variabel kontrolnya.

Sehingga kita bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas terhadap penelitian di atas. Selain itu juga mengetahui tidak semua tanaman tomat diberi kandungan kalsium yang sama.

Baca juga : Contoh Variabel Bebas dan Terikat

Manfaat Variabel Kontrol

  1. Hasil penelitian semakin baik dan terarah, karena ada cakupan variabel yang jelas.
  2. Analisis penelitian lebih tajam, karena penelitian fokus membahas sesuai variabel yang dilibatkan.
  3. Informasi penelitian lebih rinci dan tidak menggantung.
  4. Penelitian semakin berkualitas dari data dan kasus yang dijelaskan dalam penelitian.

Cara Menentukan Variabel Kontrol

Cara Menentukan Variabel Kontrol

Cara menentukan variabel kontrol dalam penelitian adalah dengan melihat potensi faktor lain yang berpengaruh pada variabel terikat.

Jadi dalam membuat variabel kontrol bisa memperhatikan peluang variabel lainnya yang dapat membantu fokus penelitian.

Macam Macam Variabel Kontrol

Berikut macam-macam penempatan variabel kontrol dalam penelitian :

  1. Variabel pendahulu
  2. Variabel antara
  3. Variabel penekan
  4. Variabel pengganggu

Baca juga : Contoh Variabel Dependen dan Independen

Contoh Variabel Kontrol Dalam Penelitian

Contoh Variabel Kontrol Dalam Penelitian Akuntansi

Penelitian Tata Kelola Perusahaan Bank Konvensional dan Bank Syariah

Tata kelola perusahaan pada perusahaan bisa dipengaruhi oleh kebijakan direksi maupun peraturan perusahaan dan pemerintah. Penelitian ini akan mengungkapkan bagaimana Bank Konvensional dan Bank Syariah yang merupakan lembaga keuangan dalam mengelola perusahaan.

Supaya bisa tidak sulit mendapatkan terlalu banyak sampel, jadi bisa menggunakan variabel kontrol berupa waktu pengungkapan. Misalnya hanya menggunakan data tahun 2019 – 2022.

Melihat Pengaruh Pemeriksaan Pajak Terhadap Kualitas Laporan Keuangan 

Bagi para akuntan atau yang belajar akuntansi, pasti tahu kalau setiap perusahaan akan diaudit dan dikenakan pajak sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Namun pada penelitian ini, kita akan melihat apakah pemeriksaan pajak bisa berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan perusahaan.

Maka bisa menggunakan variabel kontrol seperti jenis perusahaannya, misalnya perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam bursa.

Jadi penelitian bisa lebih fokus kepada perusahaan di bidang manufaktur dan produksi, juga hanya meliputi perusahaan yang masuk bursa.

Contoh Variabel Kontrol Dalam Penelitian Ekonomi

Pengaruh Belanja Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi

Belanja pemerintah biasanya digunakan untuk belanja modal, belanja pegawai, subsidi, bantuan sosial dan sejenisnya. Beberapa kegiatan tersebut memang akan sangat membantu ekonomi masyarakat.

Disini peneliti bisa melihat pengaruh belanja pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Pada penelitian ini, bisa menggunakan variabel kontrol berupa ruang lingkup, pemerintah pusat atau pemerintah daerah.

Sistem Pengendalian Intern dan Praktik Korupsi di Indonesia

Sistem pengendalian intern (SPI) adalah kegiatan yang dilakukan secara terus menerus kepada internal organisasi, untuk menciptakan kegiatan yang efektif dan efisien.

Secara kasat mata, SPI tentu bisa mencegah praktik korupsi. Jadi penelitian ini bisa memberikan pembuktian lebih jelas.

Contoh variabel kontrol pada penelitian ini adalah ruang lingkupnya seperti lembaga pemerintah tertentu. Misalnya meneliti lembaga pemerintah pada kementerian perdagangan, kementerian kehutanan, kementerian perikanan dan lembaga pemerintah lainnya.

Baca juga : Pengertian Variabel Dependen

Contoh Variabel Kontrol Dalam Biologi

Penelitian Ketahanan Tanaman Cabai Terhadap Virus

Tanaman cabai adalah tanaman yang banyak ditanam di Indonesia. Sehingga sangat penting mengetahui jenis ancaman hama dan jamur dan penyembuhannya. Sehingga bagi yang ingin melakukan penelitian tentang Ketahanan Tanaman Cabai Terhadap Virus bisa menggunakan variabel kontrol jenis varietas cabe nya seperti varietas F1, varietas komersial dan sejenisnya.

Penelitian Pengaruh Fungisida Benomyl Terhadap Penyakit Antraknosa

Fungisida adalah solusi serangan jamur pada tanaman sayur dan buah. Penyemprotan rutin fungisida harus rutin diberikan, supaya tanaman sehat dan bisa sesuai yang diharapkan.

Ada banyak jenis fungisida, diantaranya antraknosa, sehingga penggunaannya pun harus sesuai dengan jenis serangannya.

Pada penelitian ini bisa menggunakan contoh variabel kontrol dari jenis tanamannya, misalnya untuk tanaman pisang, alpukat, cabai, tomat dan sejenisnya.

Pengaruh Vaksin Terhadap Antibodi Ayam

Vaksin adalah produk biologi yang diciptakan untuk mengaktivasi antibodi pada tubuh manusia atau hewan. Misalnya penelitian tentang pengaruh vaksin terhadap antibodi ayam, bisa menggunakan variabel kontrol dari jenis ayamnya, seperti ayam pedaging, ayam petelur atau ayam hias.

Karena masing-masing ayam punya jenis antibodi dan perawatan yang berbeda. Variabel kontrol bermanfaat supaya penelitian bisa memberikan solusi tepat untuk jenis ayam tertentu.

Contoh Variabel Kontrol Dalam Penelitian Kimia

Pengaruh Ragi Terhadap Kadar Glukosa Tepung Biji Durian

Ragi adalah zat yang bisa membuat fermentasi pada bahan tertentu, tentu yang familiar adalah tempe dan tape. Ternyata ragi juga bisa bermanfaat untuk mengatur kadar glukosa tepung di biji durian.

Contoh variabel kontrol yang bisa digunakan pada penelitian di atas adalah jangka waktu proses fermentasinya. Bagaimana dampak fermentasi selama 1 hari, 7 hari dan waktu lainnya.

Praktek Kimia Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Kimia adalah salah satu materi pelajaran sekolah yang bisa ditemukan sejak SMP hingga Perguruan Tinggi. Untuk mengajarkan kimia di sekolah dan universitas memang tidak hanya melalui teori saja, melainkan juga dengan praktik di lab.

Untuk penelitian pengujian praktek kimia dengan prestasi belajar mahasiswa, bisa menggunakan variabel kontrol seperti asal sekolah jurusan SMA IPA dengan SMA IPS atau SMA dengan SMK. Karena kedua tingkat sekolah tersebut memiliki proporsi pelajaran kimia yang berbeda selama di sekolah.

Dengan menguji asal jurusan sekolah yang sama, hasil penelitian akan lebih baik. Jadi variabel kontrol sangat menolong dalam hal ini.

Contoh Variabel Kontrol dalam Penelitian Pendidikan

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Pembentukan Karakter

Model pembelajaran digunakan dalam praktik kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tujuan model pembelajaran adalah memaksimalkan tujuan pembelajaran yang diajarkan kepada peserta didik, seperti pengaruhnya terhadap pembentukan karakter.

Namun variabel kontrol dibutuhkan dalam penelitian ini, misalnya sesuai dengan lingkungan tempat tinggal siswa, kondisi ekonomi, tingkatan kelas atau berdasarkan prestasinya.

Penelitian Tentang Strategi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar

Strategi pembelajaran adalah metode yang diterapkan dalam pembelajaran dengan tujuan menarik perhatian siswa, memudahkan penyerapan materi, meningkatkan partisipasi peserta didik hingga meningkatkan motivasi belajar siswa.

Variabel kontrol pada jenis penelitian ini salah satunya adalah jenis mata pelajarannya. Strategi pembelajaran yang efektif juga harus disesuaikan dengan mata pelajaran. Misalnya strategi pembelajaran praktik cocok untuk jenis mata pelajaran seperti olahraga.

Contoh Variabel Kontrol dalam Penelitian Sosiologi

Kesetaraan Gender Dalam Masyarakat

Kesetaraan gender adalah pandangan bahwa setiap orang mendapatkan perlakuan yang setara atau tidak ada diskriminasi berdasarkan gender atau jenis kelamin. Jadi baik wanita maupun pria tidak ada perbedaan dari statusnya di masyarakat.

Wanita dan pria sama-sama bisa jadi pemimpin, berhak mendapatkan jenjang karir yang sama, berhak berpartisipasi di sosial dan bisa menentukan pilihannya sendiri.

Penelitian ini bisa dibatasi oleh variabel kontrol seperti di lingkungan atau daerah tertentu.

Pendidikan Melalui Permainan Tradisional 

Pendidikan adalah hak setiap orang di dunia ini. Pendidikan bisa disampaikan melalui lembaga pendidikan formal, non formal hingga lingkungan tempat tinggal. Diantara metode transfer pendidikan juga bisa melalui permainan tradisional.

Variabel kontrol pada penelitian ini bisa menggunakan lingkup daerah dan usia anak. Dengan variabel tersebut, bisa dilihat bagaimana dampaknya terhadap penyerapan pendidikan.

Gravatar Image
Semoga materi yang saya bagikan bisa membantu teman-teman yang sedang belajar akuntansi online.

Leave a Reply