Apa itu Variabel Dependen?

Posted on

Variabel dependen merupakan salah satu jenis variabel yang berusaha diukur dalam penelitian. Pada proses penelitian, untuk menguji variabel dependen dibutuhkan variabel independen yang akan membantu mengetahui kesimpulan dari penelitian. Variabel dependen juga dianggap sebagai variabel penelitianmenggantung” karena bergantung pada variasi variabel independen.

Secara singkat variabel terikat adalah dampak atau efek, sedangkan variabel bebas adalah penyebab. 

Silahkan simak selengkapnya tentang variabel dependen berikut ini.

Apa Itu Variabel Dependen

Variabel dependen atau disebut juga variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas. Variabel dependen juga dikenal dengan variabel output yang artinya suatu kejadian atau peristiwa yang dihasilkan akibat adanya variabel bebas. Misalnya peristiwa keputusan pembelian seseorang bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti desain produk, promosi produk dan potongan harga produk.

Variabel dependen merupakan hasil yang Anda ukur, seperti pertumbuhan tanaman, pertumbuhan anak, tekanan darah, kualitas tidur dan masih banyak lagi.

Ciri Variabel Dependen

Untuk mengetahui apakah suatu objek penelitian dianggap sebagai variabel independen, terkadang memang tak mudah. Pasalnya jika dilihat sekilas, jenis variabel dependen sangat mirip dengan variabel independen.

Berikut ciri variabel dependen yang bisa Anda pahami.

Variabel yang akan diukur oleh eksperimen

Variabel dependen adalah sesuatu yang menjadi objek yang diamati ketika terjadi perubahan pada variabel lain. Misalnya seorang pelajar yang mendapat akses pendidikan layak, akan memiliki prestasi yang lebih baik dibanding yang tidak mendapat akses pendidikan.

Variabel yang terbatas

Variabel dependen sifatnya terbatas, karena bergantung pada variabel bebas (independen). Sedangkan variabel bebas bisa disesuaikan sedemikian rupa, baik jumlah, durasi maupun jenisnya.

Baca juga : Contoh Variabel Dependen Dan Independen

Cara Memilih Variabel Dependen

Sebelum menentukan variabel dependen yang akan Anda pilih, berikut beberapa langkah-langkah yang dianggap baik oleh para ahli dalam memilih variabel dependen diantaranya:

  • Bersifat stabil.

Apabila Anda mengisinya dengan beberapa orang partisipan dengan kondisi dan variabel bebas yang sama, maka akan menghasilkan kesimpulan yang hampir sama atau berdekatan. 

  • Berdasarkan kompleksitas pendidikan

Bagi sebagian peneliti, terkadang ingin mengetahui tentang hal yang kompleks atau beragam, sehingga membutuhkan banyak dukungan variabel. Misalnya Anda peneliti yang ingin mengetahui pengaruh fasilitas pendidikan yang memadai dengan tingkat prestasi siswa. Namun ternyata fasilitas pendidikan juga bisa berpengaruh pada tingkat persentase kehadiran siswa.

Contoh Variabel Dependen

Sebelum memulai suatu penelitian, tentu ada pertanyaan atau masalah yang ingin Anda pecahkan dan temukan solusinya. Ada banyak jenis penelitian di berbagai bidang, mulai dari penelitian tentang kesehatan, tanaman, teknologi, pertanian, pendidikan dan bidang lainnya. Setelah Anda menemukan permasalahan, Anda bisa menentukan hal apa yang ingin Anda ukur atau uji, hal inilah yang dinamakan variabel dependen.

Berikut contoh variabel dependen di berbagai jenis penelitian.

Contoh variabel dependen dalam penelitian kesehatan

Anda sebagai mahasiswa atau tenaga kesehatan yang ingin menguji pengaruh obat baru dan jenis obat lain terhadap tekanan darah pasien. Maka Anda bisa membuat variabel seperti berikut:

  • Variabel dependen yang Anda ukur adalah tekanan darah
  • Variabel independen yang mempengaruhi adala jenis obat yang dikonsumsi pasien

Dari variabel tersebut, Anda bisa memberikan tingkat pemberian obat atau dosis yang berbeda kepada pasien, untuk melihat perbedaan dalam tekanan darah.

Pada kasus lain, Anda ingin tahu bagaimana pengaruh alkohol demgam reaksi pengendara mobil. Maka variabel dependen adalah tes mengemudi dan variabel independen adalah jumlah alkohol yang diminum pengendara mobil.

Variabel terikat dalam penelitian pekerjaan

Pada pekerjaan yang masih mengandalkan tenaga manusia, ada banyak faktor yang menentukan hasil pekerjaan, tingkat produktivitas dan tingkat pekerjaannya. Anda sebagai seorang peneliti mungkin ingin mengetahui seberapa besar pengaruh upah terhadap tingkat produktivitas karyawan. Untuk mendapatkan jawaban, Anda akan melakukan penelitian tentang hal ini.

Berikut contoh variabel dependen untuk mengukur efektifitas upah dalam pekerjaan:

  • Variabel dependen yang Anda ukur adalah tingkat produktivitas karyawan
  • Variabel independen yang mempengaruhi adalah upah

Dengan variabel tersebut, Anda bisa mengetahui apakah upah berpengaruh terhadap produktivitas pekerjaan.

Contoh variabel dependen bidang pendidikan

Anda ingin mengetahui apakah jumlah waktu belajar bisa berpengaruh terhadap hasil ujian? Maka variabel dependen adalah nilai tes sedangkan variabel independen adalah jumlah waktu belajar.

Contoh variabel dependen bidang psikologi

Anda ingin mengetahui bagaimana pengaruh terapi terhadap gangguan psikologis. Variabel dependen yang Anda ukur adalah tingkat keparahan gejala yang dialami pasien, sedangkan jenis terapi tertentu sebagai variabel independen.

Variabel terikat pada penelitian pertumbuhan anak

Anda ingin mencari tahu pengaruh kecepatan berbicara bagi anak pertama dan anak terakhir. Maka variabel dependen bisa menggunakan usia anak bisa berbicara dan variabel bebasnya adalah tingkatan anak pertama, kedua dan seterusnya.

Leave a Reply