Jurusan Hubungan Masyarakat, Gaji, Profesi Lulusan, Gelar

Posted on

Hubungan Masyarakat (Humas) atau dalam bahasa Inggris disebut Public Relation memang sangat penting dan dibutuhkan oleh organisasi hingga perusahaan. Sehingga semakin banyak perusahaan startup yang bermunculan, juga menambah minat jurusan hubungan masyarakat di kampus atau universitas.

Humas merupakan pihak, divisi yang bertugas untuk memberikan informasi dan membangun kesadaran publik terhadap organisasi atau perusahaan. Humas juga sebagai fasilitator organisasi dengan pihak ketiga, misalnya masyarakat, partner hingga pemerintah.

Jadi bagi Anda yang suka dengan komunikasi, menambah banyak relasi, jangan ragu untuk menempuh pendidikan di jurusan hubungan masyarakat.

Jurusan Hubungan Masyarakat

Jurusan hubungan masyarakat adalah program studi di universitas yang mengajarkan tentang kehumasan, lingkup humas, tugas humas, tanggung jawab humas, metode pemecahan masalah, pemberitaan, mengelola media publikasi dan termasuk juga tentang pemasaran.

Jurusan ini banyak dipilih oleh orang yang suka berbicara, menulis, suka meneliti, kreatif dan senang bekerjasama. Apalagi jurusan ini tersedia mulai dari Diploma D3 hingga Sarjana S1. Lulusan Hubungan Masyarakat juga bisa bekerja di tempat bergengsi, seperti di lembaga hukum, lembaga swasta, partai politik hingga lembaga pemerintah. 

Baca juga : Gaji Lulusan Akuntansi

Profesi Lulusan Jurusan Hubungan Masyarakat

Profesi Lulusan Hubungan Masyarkat

Bagi yang punya pertanyaan seperti lulusan jurusan Humas bisa jadi apa? bisa lihat daftar profesi lulusan jurusan Humas di bawah ini.

Humas di lembaga Pemerintah

Setiap lembaga pemerintah membutuhkan humas untuk mempublikasikan, mendokumentasikan, menyebarkan informasi kegiatan lembaga pemerintah hingga membangun reputasi baik lembaga pemerintah di mata publik dan masyarakat.

PR Perusahaan

Pekerjaan Public Relation di perusahaan bertugas untuk menjalin hubungan dengan partner, wartawan, investor, pemerintah dan pihak ketiga lainnya. PR juga menyusun strategi pemberitaan untuk acara dan kegiatan perusahaan.

Humas di Partai Politik

Profesi humas di partai politik sangat dibutuhkan apalagi partai politik membutuhkan aspirasi dan dukungan dari masyarakat. Humas di partai politik biasanya berfungsi untuk menjalin komunikasi dengan masyarakat, media massa hingga lawan politik.

Humas di partai politik juga mendukung dan membangun citra partai politik hingga kadernya supaya mendapat hati di masyarakat.

Humas di Lembaga Non Profit

Lembaga swasta, lembaga non profit, seperti organisasi lingkungan, organisasi kebersihan dan lembaga sosial masyarakat lainnya membutuhkan humas sebagai divisi yang bisa mengelola informasi, berita dan menjangkau masyarakat luas melalui media untuk membangun citra baik sehingga kepercayaan masyarakat terhadap organisasi meningkat. 

Humas di Lembaga Pendidikan

Sekolah, kampus dan lembaga pendidikan lain juga membutuhkan staff humas selain untuk pemberitaan juga untuk menjalin komunikasi kepada publik, siswa, pengajar, staff hingga orang tua murid. Humas bisa menjadi memperkenalkan lembaga pendidikan dari segi keunggulan, prestasi dan fasilitasnya. Sehingga sekaligus bisa menjadi ajang promosi.

Event Organizer

Seorang lulusan humas bisa bekerja sebagai event organizer profesional. Pasalnya saat perkuliahan di jurusan humas juga mempelajari mata kuliah seputar EO. 

MC

Master of ceremony adalah profesi yang membutuhkan kecakapan komunikasi dan pengetahuan yang luas. Bagi seorang lulusan humas tentu sudah menguasai teknik MC dan bagaimana menjadi MC yang baik. MC juga dibutuhkan bahkan hampir di semua acara. 

Jurnalis

Profesi jurnalis juga bisa dilakukan oleh lulusan. Pasalnya seorang lulusan humas juga mempelajari tentang jurnalis, penelitian dan pengungkapan informasi yang baik dan benar, melalui tulisan dan secara lisan. 

Akademisi

Anda juga bisa menjadi akademisi dan menjadi pengajar di lembaga pendidikan seperti kampus. Setelah menyelesaikan pendidikan S1 Anda bisa melanjutkan pendidikan untuk bisa menjadi seorang akademisi. 

Editor

Lulusan Humas bisa bekerja sebagai Editor penulisan, editor berita dan sejenisnya. Apalagi pekerjaan ini sebenarnya bukan hal baru lagi, karena sudah banyak dibahas ketika masih dalam pendidikan kehumasan.

Manajer Media Sosial

Seorang lulusan humas bisa bekerja sebagai manajer media sosial. Tugasnya adalah menyampaikan informasi, membuat konten dan mengelola feedback dari pengunjung dan followers.

Baca juga : Pekerjaan Freelance Menjanjikan

Mata Kuliah Yang Dipelajari di Jurusan Hubungan Masyarakat

Mata Kuliah yang dipelajari Jurusan Humas

Bagi yang tertarik untuk melanjutkan kuliah di jurusan Hubungan Masyarakat, berikut contoh mata kuliah yang akan dipelajari:

  1. Dasar Dasar Humas
  2. Pengantar Ilmu Komunikasi
  3. Pengantar Ilmu Hukum 
  4. Pengantar Ilmu Politik 
  5. Aplikasi Komputer 
  6. Pengantar Periklanan 
  7. Media Massa Kontemporer 
  8. Komunikasi Organisasi 
  9. Statistik Humas 
  10. Marketing Public Relation 
  11. Interview 
  12. Manajemen PR
  13. Fotografi PR
  14. Kampanye PR
  15. Humas Perusahaan 
  16. Komunikasi Bisnis 
  17. Event Organizing 
  18. Riset PR
  19. English For PR
  20. Penulisan Naskah Kehumasan 
  21. Etika PR
  22. Humas Pendidikan 
  23. Public Speaking 
  24. Produksi Media PR
  25. dan lain-lain.

Gaji Lulusan Humas

Gaji Humas di Indonesia berdasarkan platform kerja adalah sekitar Rp 4 jutaan. Namun untuk beberapa profesi humas, berdasarkan UMR dan scope of work Humas di masing-masing organisasi.

Namun kami juga telah merangkum beberapa gaji lulusan humas untuk berbagai profesi seperti berikut. 

  • Gaji mc di acara seminar, ulang tahun dsb, Rp 500 ribuan. 
  • Staff event organizer, Rp 3 juta perbulan dan Rp 300 ribuan tambahan saat acara. 
  • Gaji editor penulisan, Rp 4 – Rp 6 juta. 
  • Gaji jurnalis, Rp 3.5 jutaan.

Gaji di atas merupakan gambaran umum, dan tentu bisa berbeda sesuai dengan jam terbang, jenis instansi, pengalaman dan tingkatannya. 

Baca juga : Contoh Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Gelar Jurusan Hubungan Masyarakat

Gelar lulusan Hubungan Masyarakat D3 adalah Ahli Madya, sedangkan lulusan S1 Humas memiliki gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom.). Pasalnya di beberapa universitas, humas termasuk dalam jurusan Ilmu Komunikasi dan Fakultas Ilmu Sosial.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Hubungan Masyarakat

Dari penjelasan diatas, lulusan humas banyak sekali dibutuhkan oleh hampir semua lembaga dan acara. Selain bisa mendaftar di lembaga besar, seorang lulusan Humas juga bisa berwisata dengan mengandalkan kemampuan nya di bidang humas yang diperoleh dari pendidikannya. 

Selain itu, jurusan hubungan masyarakat juga memiliki materi kuliah yang sangat bermanfaat di kehidupan sehari-hari. Misalnya mengajarkan Anda untuk mahir public speaking, belajar psikologi, belajar memecahkan masalah sosial, membangun citra baik dan menangkal isu negatif dan masih banyak lagi. 

Universitas dengan Jurusan Hubungan Masyarakat Terbaik

  • Binus University
  • President University
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Esa Unggul
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Padjadjaran

Demikian prospek tentang jurusan hubungan masyarakat, semoga bisa menambah wawasan bagi yang ingin melanjutkan pendidikan.

Gravatar Image
Semoga materi yang saya bagikan bisa membantu teman-teman yang sedang belajar akuntansi online.

Leave a Reply