Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier

Posted on

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier | Manusia di dunia tentu saja harus memenuhi kebutuhannya untuk dapat bertahan hidup. Namun alat pemenuhan kebutuhan manusia ini terbatas tidak sebanding dengan kebutuhan manusia tidak terbatas.

Untuk mengatasi hal ini, manusia mengelompokkan kebutuhan yang mereka perlukan ini, berdasarkan intensitas atau disebut juga dengan tingkat kepentingan kebutuhannya.

Dibawah ini adalah macam-macam kebutuhan menurut intensitasnya. Kebutuhan ini terbagi menjadi 3 yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Ada salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh seseorang, sehingga hal ini mendorong orang itu untuk memperjuangkannya.

Begitu sebaliknya, ada juga kebutuhan yang ingin dipenuhi oleh seseorang, namun kebutuhan itu dianggap sebagai kebutuhan pelengkap saja.

Pengertian Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok, dasar dan utama yang harus dipenuhi oleh manusia untuk dapat menjalani hidup yang layak sebagai seorang  manusia.

Hal ini berarti, kebutuhan primer ialah kebutuhan pertama yang harus dipenuhi seseorang demi kelangsungan hidupnya. Jika kebutuhan ini tidak dipenuhi maka kebutuhan yang lainnya tidak akan terpenuhi juga.

Baca tentang 5 faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.

Contoh Kebutuhan Primer

pengertian dan contoh kebutuhan primer

Untuk bertahan hidup kebutuhan primer atau pokok yang harus dipenuhi manusia yang utama ialah sandang, pangan, dan papan.

Namun seiring berkembangnya zaman, kebutuhan akan pendidikan serta kesehatan juga menjadi kebutuhan primer. Dimana, semua orang perlu pendidikan dan kesehatan untuk dapat memenuhi segala kebutuhannya.

Berikut contoh kebutuhan primer dalam kehidupan sehari-hari.

1. Pangan sebagai kebutuhan primer, supaya manusia punya energi untuk beraktivitas

Pangan adalah kebutuhan pokok manusia berupa makan dan minum. Manusia membutuhkan makanan dan minum sebagai sumber energi. Selain itu makanan juga dibutuhkan untuk pemenuhan gizi, supaya tubuh selalu sehat.

Manusia yang kekurangan makan, tentu tubuhnya akan lemas dan kekurangan gizi. Tubuh yang mengalami kekurangan gizi, akan mudah terserang penyakit.

Kebutuhan pangan yang baik adalah dengan memenuhi 4 sehat 5 sempurna.

Menu 4 terdiri dari nasi, lauk, sayur-sayuran dan buah-buahan. Sedangkan susu sebagai pelengkap dan penyempurna.

Menu makanan dan minuman tadi mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, karbohidrat, protein.

2. Sandang, untuk melindungi kulit dari panas matahari dan cuaca ekstrem

Kebutuhan primer selanjutnya adalah sandang. Sandang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bahan pakaian.

Pakaian adalah barang yang melekat pada badan manusia, berfungsi untuk melindungi tubuh dari sengatan matahari dan cuaca ekstrem.

Pakaian pada saat ini mempunyai banyak bentuk dan model. Misalnya jaket tebal, yang digunakan pada saat musim dingin. Baju lengan panjang untuk melindungi kulit terkena panas matahari.

Pakaian kelompok masyarakat juga biasanya memiliki perbedaan. Masyarakat di pesisir umumnya menggunakan pakaian yang tipis, karena suhu di pesisir panas.

Kebalikan dari daerah di dataran tinggi atau daerah dengan suhu yang dingin. Kelompok masyarakat cenderung menggunakan pakaian yang bahannya tebal.

3. Papan, sebagai tempat tinggal dan tempat manusia beristirahat dan mendapat perlindungan

Pengertian papan dalam kebutuhan primer adalah rumah atau tempat tinggal.

Tempat tinggal adalah tempat manusia berlindung dari panas dan hujan. Tempat tinggal yang kemudian dinamakan rumah ini, menjadikan manusia merasa nyaman, dan terhindar dari gangguan.

Permintaan akan hunian atau rumah akan terus selalu meningkat, karena manusia terus bertambah populasinya.

Di beberapa negara termasuk Indonesia, karena tingginya permintaan rumah dan kurangnya lahan (tanah), rumah sudah dalam bentuk bertingkat, atau bisa kita sebut sebagai rumah susun/apartemen.

4. Punya Identitas, merupakan kebutuhan pokok yang mencirikan pribadi seseorang

Identitas merupakan hal yang mencerminkan diri seseorang. Contoh identitas yang dimiliki manusia adalah identitas agama, identitas pribadi, identitas gender, identitas nasional.

Identitas nasional merupakan bukti kewarganegaraan seseorang, biasanya ditandai dengan kepemilikan kartu identitas nasional. Contoh kartu identitas di Indonesia adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP).

5. Kesehatan, seseorang yang sehat semangat beraktivitas dan terhindar dari penyakit

Kesehatan menjadi kebutuhan primer setiap orang. Seseorang berusaha menjaga kesehatannya dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan berolahraga, menghindari hal-hal yang bisa membahayakan kesehatan tubuh.

Manusia yang sehat bisa beraktivitas secara normal dan tidak merasakan sakit.

6. Pengetahuan, yang membedakan manusia dengan makhluk lain

Pengetahuan merupakan contoh kebutuhan pokok yang harus dimiliki seseorang.

Manusia dikaruniai otak dan akal supaya memiliki pengetahuan. Pengetahuan juga yang membedakan manusia dengan hewan/binatang.

7. Komunikasi, sebagai kebutuhan manusia sebagia makhluk sosial

Manusia merupakan makhluk sosial, yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain.

Karena manusia tidak bisa hidup sendiri, manusia melakukan interaksi dan komunikasi kepada orang lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

8. Privasi, seiapt orang punya privasi yang harus dijaga

Ptivasi termasuk kebutuhan seseorang.

Privasi adalah sesuatu yang termasuk informasi atau keadaan yang dimiliki oleh seseorang dan tidak ingin diketahui oleh publik (masyarakat luas).

Seseorang mempunyai privasi sehingga orang lain tidak boleh untuk melanggar atau mengganggu privasi dari seseorang tersebut.

9. Kasih Sayang merupakan kebutuhan pokok manusia, sejak dilahirkan

Sejak dilahirkan manusia diberikan kasih sayang oleh orang tua dan keluarganya. Bentuk kasih sayang orang tua sendiri bermacam-macam, seperti memberi perlindungan dan memberikan makanan sehingga manusia bisa tumbuh sampai dewasa, dan bisa memenuhi kebutuhannya sendiri.

10. Pekerjaan, untuk memenuhi kebutuhan manusia

Bekerja atau memiliki pekerjaan termasuk kebutuhan pokok manusia. Manusia bekerja untuk mendapatkan kebutuhan yang diinginkan.

11. Keamanan yang terjamin, supaya seseorang bisa hidup dengan tenang

Keamanan adalah kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Manusia tidak bisa hidup jika terus mendapatkan ancaman, gangguan dan hal lain yang bisa mengancam keselamatan hidup.

Oleh karena itu, di setiap daerah dan negara Hidup di daerah dan lingkungan yang aman.

Pengertian Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan manusia yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi atau disebut juga kebutuhan tambahan. Kebutuhan sekunder ini sifatnya melengkapi kebutuhan primer.

Kebutuhan sekunder dapat mendukung kehidupan manusia agar dapat berlangsung dengan baik. Jika kebutuhan ini tidak dipenuhi, tidak akan mengganggu kelangsungan hidup manusia. Namun kehidupan manusia akan terdukung dengan adanya kebutuhan sekunder.

Kebutuhan sekunder setiap manusia pasti berbeda karena kebutuhan ini di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:

  • Faktor lingkungan,
  • faktor psikologi  gaya hidup
  • dan tradisi

Baca juga 5 teori hierarki kebutuhan Maslow.

Contoh Kebutuhan Sekunder

[Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier

Terdapat banyak contoh kebutuhan sekunder manusia dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh dari kebutuhan ini ialah; olahraga, hiburan, sepeda motor, surat kabar, handphone, televisi, kulkas, mesin cuci, dan sebagainya.

Semua kebutuhan ini sangat dibutuhkan oleh manusia. Dengan terpenuhinya kebutuhan sekunder ini, maka kebidupan manusia akan berlangsung dengan baik.

Berikut contoh kebutuhan tersier dalam kehidupan sehari-hari:

Kendaraan pribadi sebagai penunjang mobilisasi

Saat ini sepertinya separuh lebih penduduk khususnya di Indonesia sudah memiliki kendaraan sendiri. Punya kendaraan sendiri mempermudah seseorang untuk melakukan perjalanan jauh.

Memiliki kendaraan pribadi lebih diminati daripada menggunkan transportasi umum, karena dinilai kurang efisien.

Rekreasi sebagai kebutuhan sekunder manusia, yang sedang digandrungi

Tubuh dan fikiran yang selalu dipakai untuk berja, memang perlu untuk diistirahatkan sejenak. Banyak penelitian yang menunjukkan, bahwa rekreasi dapat memulihkan otak yang lelah, bahkan setelah rekreasi otak cenderung menjadi lebih kreatif.

Berkreasi akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama keluarga dan teman dekat.

Perabotan rumah tangga

Perabotan rumah tangga termasuk kebutuhan sekunder manusia yang juga penting

Perabotan rumah tangga meskipun bukan kebutuhan pokok, tapi kenyatanya juga penting ya.

Misalnya saat di rumah tidak ada perabotan dan perlengkapan rumah, seperti kulkas, mesin cuci, dan oven, sepertinya kita akan kerepotan.

Asisten rumah tangga, untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah

Untuk keluarga yang Ayah atau Ibunya punya pekerjaan, tentu akan sulit jika di rumahnya tidak ada asisten rumah tangga.

Asisten rumah tangga ini banyak dibutuhkan di kota-kota besar, yang mayoritas penduduknya bekerja di kantor.

Asisten termasuk kebutuhan sekunder yang juga sangat penting.

Hiburan, dapat mencegah seseorang mengalami stress

Seperti halnya rekreasi, kebutuhan sekunder berupa hiburan diperlukan bagi manusia. Banyak cara yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hiburan ini. Contohnya bermain game, ngobrol dengan teman dan menonton film.

Olahraga untuk menjaga kesehatan

Olahraga adalah contoh kebutuhan sekunder yang bisa berakibat baik terhadap kesehatan seseorang.

Kegiatan olahraga yang baik adalah yang sesuai dengan kemampuan kita. Pilihan olahraga yang mudah dilakukan diantaranya jogging, senam pagi, bersepeda dan berenang.

Alat komunikasi, mempermudah hubungan jarak jauh dengan teman atau keluarga

Alat komunikasi merupakan contoh kebutuhan sekunder yang dimiliki oleh banyak orang, bahkan sudah seperti kebutuhan pokok. Pasalnya alat komunikasi memudahkan kita untuk bertukar kabar dengan teman, sanak saudara dan rekan kerja.

Pengertian Kebutuhan Tersier

Kebutuhan Tersier merupakan kebutuhan yang terdapat setelah kebutuhan primer dan sekunder jika telah terpenuhi. Kebutuhan tersier sering disebut dengan kebutuhan akan barang mewah.

Kebutuhan tersier ini bersifat prestisius. Kebutuhan tersier ini bertujuan untuk meningkatkan status sosial seseorang atau berkaitan dengan memenuhi kebutuhan hobby yang dimilikinya.

Tidak semua orang dapat memenuhi kebutuhan tersiernya. Kebutuhan tersier biasanya hanya dapat dipenuhi oleh sebagian kecil masyarakat dimana yang memiliki status kelas ekonomi yang tinggi atau orang-orang kaya.

Hiburan atau kesenangan belaka termasuk sifat dari kebutuhan tersier ini. Kebutuhan tersier ini tidak mempengaruhi terhadap kelangsungan hidup manusia.

Baca juga: 

  1.  15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi
  2. Pengertian dan Ciri Ciri Sistem Ekonomi Kapitalis (Liberal) Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Contoh Kebutuhan Tersier

pengertian dan contoh kebutuhan tersier
Mobil mewah termasuk salah satu kebutuhan tersier

Contoh kebutuhan tersier adalah apartemen, perhiasan, vila, mobil sport, pesawat pribadi dan lain-lain.

Perhiasan

Contoh kebutuhan tersier yang pertama adalah perhiasan. Perhiasan banyak dipakai oleh orang dengan tingkat ekonomi menengah atas. Oleh karena itu perhiasan termasuk dalam kategori kebutuhan tersier.

Kendaraan mewah

Jenis kendaraan motor mobil selain berfungsi untuk alat transportasi, juga digunakan sebagai simbol status.

Kelompok orang dengan tingkat ekonomi atas menggunakan kendaraan mewah, disamping untuk kendaraan juga sebagai kepuasan pribadi.

Sehingga kendaraan mewah termasuk kategori kebutuhan tersier.

Namun hal ini perlu diketahui bahwa kebutuhan yang dikelompokkan menurut intensitas kegunaannya setiap orang berbeda. Dalam hal ini berarti bisa saja untuk si A adalah kebutuhan tersier tetapi untuk si B dan status sosial si B barang tersebut termasuk kebutuhan sekunder.

Jadi, setiap kebutuhan manusia itu berbeda-beda. Semua kebutuhan yang ingin dipenuhi seseorang itu dapat dilihat dari keadaan sosial budaya dimana ia tinggal, pendidikan, dan juga pendapatan yang dimiliki. Ada barang yang termasuk sebagai kebutuhan tersier bagi seseorang, namun barang tersebut bisa menjadi kebutuhan sekunder bagi orang lain.

Demikianlah apa itu Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1.  Pengertian Sistem Ekonomi Campuran, Ciri- Ciri Dan Tujuannya
  2. 7 Masalah Pokok Ekonomi di Indonesia dan Cara Mengatasinya
  3. 8 Konsep Pendapatan Nasional Serta Contoh dan Manfaatnya
  4.  8+ Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dan Penawaran Suatu Barang
  5. Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna [Lengkap]

Leave a Reply