[Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier

Posted on
[Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier
4.8 (96.46%) 345 votes

Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier | Manusia di dunia tentu saja harus memenuhi kebutuhannya untuk dapat bertahan hidup. Namun alat pemenuhan kebutuhan manusia ini terbatas tidak sebanding dengan kebutuhan manusia tidak terbatas.

Untuk mengatasi hal ini, manusia mengelompokkan kebutuhan yang mereka perlukan ini berdasarkan intensitas atau disebut juga dengan tingkat kepentingan kebutuhannya. (Baca juga: 5 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia )

Dibawah ini adalah macam-macam kebutuhan menurut intensitasnya. Kebutuhan ini terbagi menjadi 3 yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Ketiga kebutuhan ini terdapat salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh seseorang, sehingga hal ini mendorong orang itu untuk memperjuangkannya. Begitu sebaliknya, ada juga kebutuhan yang ingin dipenuhi oleh seseorang, namun kebutuhan itu dianggap sebagai kebutuhan pelengkap saja.

Pengertian Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok, dasar dan utama yang harus dipenuhi oleh manusia untuk dapat menjalani hidup yang layak sebagai seorang  manusia. Hal ini berarti, kebutuhan primer ialah kebutuhan pertama yang harus dipenuhi seseorang demi kelangsungan hidupnya. Jika kebutuhan ini tidak dipenuhi maka kebutuhan yang lainnya tidak akan terpenuhi juga.

Baca juga: 

  1.  Pengertian Kebutuhan dan 11 Macam-Macamnya
  2. Pengertian + Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer
  3. [Macam-Macam] Alat Pemuas Kebutuhan Manusia + Contohnya

Contoh Kebutuhan Primer

pengertian dan contoh kebutuhan primer

Untuk bertahan hidup kebutuhan primer atau pokok yang harus dipenuhi manusia yang utama ialah sandang, pangan, dan papan.

Namun seiring berkembangnya zaman, kebutuhan akan pendidikan serta kesehatan juga menjadi kebutuhan primer. Dimana, semua orang perlu pendidikan dan kesehatan untuk dapat memenuhi segala kebutuhannya.

Pengertian Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan manusia yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi atau disebut juga kebutuhan tambahan. Kebutuhan sekunder ini sifatnya melengkapi kebutuhan primer. (Baca juga: 5 Teori Hierarki Kebutuhan Maslow )

Kebutuhan sekunder dapat mendukung kehidupan manusia agar dapat berlangsung dengan baik. Jika kebutuhan ini tidak dipenuhi, tidak akan mengganggu kelangsungan hidup manusia. Namun kehidupan manusia akan terdukung dengan adanya kebutuhan sekunder.

Kebutuhan sekunder setiap manusia pasti berbeda karena kebutuhan ini di pengaruhi oleh beberapa faktor yaitu:

  • Faktor lingkungan,
  • faktor psikologi  gaya hidup
  • dan tradisi

Contoh Kebutuhan Sekunder

[Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier

Terdapat banyak contoh kebutuhan sekunder manusia dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh dari kebutuhan ini ialah; olahraga, hiburan, sepeda motor, surat kabar, handphone, televisi, kulkas, mesin cuci, dan sebagainya.

Semua kebutuhan ini sangat dibutuhkan oleh manusia. Dengan terpenuhinya kebutuhan sekunder ini, maka kebidupan manusia akan berlangsung dengan baik.

Pengertian Kebutuhan Tersier

Kebutuhan Tersier merupakan kebutuhan yang terdapat setelah kebutuhan primer dan sekunder jika telah terpenuhi. Kebutuhan tersier sering disebut dengan kebutuhan akan barang mewah. Kebutuhan tersier ini bersifat prestisius. Kebutuhan tersier ini bertujuan untuk meningkatkan status sosial seseorang atau berkaitan dengan memenuhi kebutuhan hobby yang dimilikinya.

Tidak semua orang dapat memenuhi kebutuhan tersiernya. Kebutuhan tersier biasanya hanya dapat dipenuhi oleh sebagian kecil masyarakat dimana yang memiliki status kelas ekonomi yang tinggi atau orang-orang kaya.

Hiburan atau kesenangan belaka termasuk sifat dari kebutuhan tersier ini. Kebutuhan tersier ini tidak mempengaruhi terhadap kelangsungan hidup manusia.

Baca juga: 

  1.  15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi
  2. Pengertian dan Ciri Ciri Sistem Ekonomi Kapitalis (Liberal) Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Contoh Kebutuhan Tersier

pengertian dan contoh kebutuhan tersier
Mobil mewah termasuk salah satu kebutuhan tersier

Contoh dari kebutuhan tersier adalah apartemen, perhiasan, vila, mobil sport, pesawat pribadi dan lain-lain.

Namun hal ini perlu diketahui bahwa kebutuhan yang dikelompokkan menurut intensitas kegunaannya setiap orang berbeda. Dalam hal ini berarti bisa saja untuk si A adalah kebutuhan tersier tetapi untuk si B dan status sosial si B barang tersebut termasuk kebutuhan sekunder.

Jadi, setiap kebutuhan manusia itu berbeda-beda. Semua kebutuhan yang ingin dipenuhi seseorang itu dapat dilihat dari keadaan sosial budaya dimana ia tinggal, pendidikan, dan juga pendapatan yang dimiliki. Ada barang yang termasuk sebagai kebutuhan tersier bagi seseorang, namun barang tersebut bisa menjadi kebutuhan sekunder bagi orang lain.

Demikianlah apa itu Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1.  Pengertian Sistem Ekonomi Campuran, Ciri- Ciri Dan Tujuannya
  2. 7 Masalah Pokok Ekonomi di Indonesia dan Cara Mengatasinya
  3. 8 Konsep Pendapatan Nasional Serta Contoh dan Manfaatnya
  4.  8+ Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Dan Penawaran Suatu Barang
  5. Pengertian, Contoh dan Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna [Lengkap]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *