7 Pilihan Franchise Bakso Kantongi Untung 30 Juta per Bulan

Posted on

Apakah Anda ingin membuka usaha dengan menjadi mitra franchise bakso? Berikut adalah beberapa franchise yang recommended untuk dijadikan rekan usaha karena nama mereka sedang naik daun:

1. Franchise Bakso Boedjangan

modal franchise bakso boedjangan

Jika berbicara tentang franchise bakso yang sekarang ini naik daun, tentunya nama Franchise Bakso Boedjangan sudah tidak asing lagi di telinga. Franchise ini sudah ada sejak 2013 dan sampai saat ini telah berkembang pesat dengan 80 cabang lebih.

Awalnya franchise ini hanya berpusat di Bandung, tapi sekarang ini sudah tersebar banyak di seluruh Pulau Jawa dan bahkan pulau lain di Indonesia. Kepopuleran franchise ini tentu menarik untuk Anda yang ingin menjadi mitra.

Modal Bisnis Bakso Boedjangan

Untuk mendaftar sebagai mitra, perlu siapkan nilai investasi sebesar 175 juta Rupiah. Dari besaran ini, Anda nantinya akan dapatkan sudah lengkap. Mulai dari resep, alat usaha dan juga prob tempat.

Kuntungan Franchise Bakso Boedjangan

Sebetulnya nilai invest mulai sebagai mitra ada yang lebih kecil lagi biayanya, tapi untuk pilihan ini Anda perlu menyiapkan tempatnya sendiri. Estimasi balik modal dari usaha ini adalah sekitar 2,5 tahun.

Sebelum terjun langsung ke dunia franchise, berikut informasi tips memilih franchise yang menguntungkan.

2. Franchise Bakso Malang Cak Man

harga franchise bakso cak man

Franchise bakso malang sebenarnya ada banyak pilihan, salah satunya Franchise Bakso Malang Cak Man. Perkembangan kepemilikan franchise hidangan kuliner bakso malang sangat populer karena menu bakso yang satu ini tergolong unik dibandingkan banyak bakso lain.

Modal Franchise Bakso Malang Cak Man

Untuk bergabung di franchise bakso malang, Anda rata – rata perlu biaya menjadi mitra antara 50 juta Rupiah saat awal buka. Pada 5 tahun berikutnya, Anda juga diwajibkan membayar 50 juta setiap tahunnya sebagai franchise fee.

Tapi jika ikut paket ini, Anda tidak perlu lagi memikirkan biaya pembangunan tempat usaha, peralatan dan juga supply bahan. Setelah stabil berjalan 5 tahun, Anda diwajibkan membayar fee sebesar 5% dari omzet.

Syarat lain yang perlu diingat jika ingin bergabung dengan franchise Bakso Malang Cak Man adalah wajib memiliki agama islam. Jadi pastikan Anda sesuai dengan persyaratan ini sebelum mengajukan menjadi mitra.

Selain bakso, masih banyak pilihan bisnis franchise yang menjanjikan lainnya, contohnya seperti franchise makanan berikut ini.

3. Franchise Bakso Malang Karapitan

franchise bakso karapitan

Franchise Bakso Malang Karapitan atau lebih dikenal dengan nama BMK, adalah franchise yang sudah ada sejak tahun 2005. Nama franchise ini mungkin tidak sekuat dulu di era 2010 karena persaingan franchise bakso malang yang makin ketat. Tapi jangan salah, produk bakso dari BMK memiliki cita rasa spesial yang unik dibandingkan bakso malang lainnya.

Untuk menu, Anda tidak hanya bisa menikmati bakso, tapi juga soto betawi dan juga mie ayam. Karena memiliki menu yang beragam, tentunya BMK bisa dijadikan tempat kuliner yang baik bagi keluarga dengan selera berbeda.

Modal Investasi Bako Malang Karapitan

Jika Anda ingin menjadi mitra dari franchise bakso malang ini, sayangnya informasinya sedikit tidak jelas. Dari kabar yang bisa ditemukan biaya yang dikeluarkan adalah sekitar 150 juta. Tapi informasi ini adalah dari 2015.

Kuntungan Franchise Bako Malang Karapitan

Untuk kesaksian peluang usaha, BMK cukup sukses dan omset rata – rata bisa mencapai 30 juta per bulannya. Tapi hal ini tentu tergantung dari lokasi dan kesuksesan Anda sebagai mengelola usaha.

Baca juga : 9 bisnis franchise ayam geprek terbukti laris

4. Franchise Bakso Benhil

modal franchise bakso benhil

Jika Anda tertarik usaha franchise bakso dengan barrier of entry yang kecil, mengapa tidak coba franchise Bakso Benhil. Di lansir dari detik.com, Anda bisa mulai usaha di bawah franchise ini hanya dengan biaya 4 juta Rupiah saja, sangat cocok dijadikan contoh usaha sampingan menjanjikan.

Tentu biaya mitra yang kecil ini bukan berarti Anda boleh asal join. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan Anda akan terikat kontrak selama 5 tahun. Walaupun begitu, biaya modal ini tentu sungguh menarik diambil, mengingat pihak Bakso Benhil tidak menarik royalty fee.

Tapi perlu diingat bahwa keperluan bentuk usaha menjadi gerobak kaki lima ataupun toko restaurant ada di tangan Anda. Jadi pihak Bakso Benhil tidak akan memberi dorongan biaya tempat sama sekali. Tapi untuk Anda yang sudah punya konsep usaha rumahan, hal ini bisa diambil karena tidak perlu membangun toko sendiri.

Keuntungan Franchise Bakso Benhil

Dari segi omzet, Anda bisa dapatkan 1,2 juta per harinya, jika dihitung dari keuntungan bersih, Anda akan dapatkan 20-30% dari jumlah tersebut. Pemotongan biaya tergantung ukuran usaha Anda.

Jika menggunakan toko, Anda dibebani biaya listrik dan karyawan, tapi jika hanya kaki lima, biaya tentu lebih berat pada sewa tempat dan bahan baku.

5. Franchise Bakso Bakar

franchise bakso bakar murah

Siapa bilang bakso harus dihidangkan dengan kuah? Franchise Bakso Bakar bisa menyediakan menu alternative bakso yang tentunya berbeda. Bakso bakar ini menggunakan konsep BBQ seperti membakar sate dan sosis. Hidangan ini nantinya diberi toping saos tertentu dan juga bumbu khusus bakar. Rasa dan aroma menggoda adalah daya tarik utama hidangan ini.

Untuk segi usaha, produk ini tentu berbeda dan lebih fleksibel. Anak – anak sekolah bisa membeli bakso bakar ini dan langsung membawanya pulang tanpa harus repot dengan mangkok. Bakso ini juga dijual per tusuk, jadi uang saku anak – anakpun sudah cukup untuk membelinya.

Modal Franchise Bakso Bakar

Jika Anda ingin menjadi mitra franchise ini, adalah 3,5 juta rupiah saja. Dalam paket ini, Anda sudah mendapatkan kios kecil, bahan – bahan, peralatan usaha dan tentunya atribut franchise.

Jika Anda tertarik menyajikan menu lain selain bakso bakar, Anda bisa meningkatkan uang investasi Anda untuk mendapatkan produk kentang stick dan bumbu taburnya. Untuk perkiraan omzet, Anda bisa menikmati 1,3 sampai 1,6 juta rupiah per harinya. 

Baca juga : Peluang Bisnis Franchise Kebab

6. Franchise Bakso Kaget

franchise bakso kaget murah

Franchise Bakso Kaget merupakan saingan utama Brand Bakso Bakar. Kedua brand ini sama – sama menyediakan menu yang mirip, berupa hidangan bakso tanpa kuah dan diproses ala BBQ. Bakso kaget tentunya sama menariknya dijadikan mitra usaha karena peluang menu kuliner ini masih sedikit pesaingnya, tapi Anda harus merogoh kocek lebih dalam.

Untuk menjadi mitra Bakso Kaget, Anda minimal harus memiliki modal sebesar 13 juta Rupiah. Sebagai persyaratan lain, Anda harus mampu menyiapkan supply bahan baku tambahan seperti saos, bumbu dan topping lain karena Bakso Kaget hanya kan menyediakan produk bakso dan resep saja.

Walaupun syaratnya sedikit lebih berat, Anda akan mendapatkan pelayanan lebih dari segi management. Karyawan yang Anda rekrut akan dilatih oleh pihak Bakso Kaget, penyediaan outlet promosi, pendampingan penjualan, perlengkapan olah bakso dan tentunya survey lokasi untuk Anda akan dibantu.

Harga Franchise Bakso Kaget

Dari perhitungan keuntungan, Anda hanya perlu membayar fee membership yang fix sebesar 8,7 juta sekali saja. Jadi Anda tidak akan dikenakan potongan keuntungan untuk seterusnya. Tentu untuk membeli Anda masih harus membayar royalti tapi hal tersebut cukup kecil. Dari segi omzet, Anda bisa dapatkan rata – rata 1,4 juta per harinya.

Baca juga : Peluang Franchise Martabak Terpopuler di Indonesia

7. Franchise Bakso Jawir

franchise bakso jawir murah

Franchise yang satu ini lahir dari menu buatan Pak Sutikno di tahun 1989. Setelah belasan tahun jadi bisnis keluarga, nama Franchise Bakso Jawir dibuka untuk disebarkan ke seluruh Indonesia di tahun 2016. Walaupun tergolong baru, menu utama Bakso Jawir yaitu Bakso Telur Bihun telah menjadi favorit banyak orang.

Jika Anda tertarik menjadi mitra dan memiliki usaha kuliner bakso unik serta nikmat ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya 4 juta Rupiah saja pada awalnya. Dari pembayaran ini, Anda akan mendapatkan resep, bahan baku utama dan juga atribut usaha.

Untuk keperluan usaha lain dan tempat, Anda bebas memilih dan menyediakannya sendiri. Jadi jika Anda ingin membuka restoran besar ataupun kaki lima, hal ini bebas tergantung modal Anda sendiri. Untuk perkiraan omset yang didapat, Anda diperkirakan akan menghasilkan sekitar 3 sampai 4 juta Rupiah per harinya dengan harga per mangkung 30 ribu rupiah. 

Sekian bahasan franchise bakso yang sedang naik daun saat ini. Mudah – mudahan informasi di atas dapat membantu Anda memilih mitra usaha franchise yang cocok. 

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.

Leave a Reply