Pengertian, Fungsi, Unsur dan Rumus Persamaan Dasar Akuntansi

Posted on

Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi


AkuntansiLengkap.com – Secara sederhana persamaan dasar akuntansi merupakan hubungan antara harta, hutang dan modal yang dimiliki perusahaan. persamaan dasar akuntansi digunakan sebagai dasar pencatatan pada sistem akuntansi, artinya setiap terjadi transaksi harus dicatat seimbang dalam dua aspek yaitu sisi kiri (Aktiva) dan (Pasiva).

Transaksi yang merubah aktiva harus diimbangi pada kewajiban. Jadi persamaan dasar akuntansi adalah keseimbangan antara sisi kiri (aktiva) dengan sisi kanan (pasiva), perubahan yang timbul akibat kejadian transaksi keuangan maka ke-seimbangannya akan selalu dipertahankan.

pengertian persamaan dasar akuntansi

Fungsi Persamaan Dasar Akuntansi


Persamaan dasar akuntansi berfungsi untuk mengetahui perubahan kekayaan setiap terjadi transaksi dalam perusahaan. Dan untuk mengetahui berapa yang telah digunakan dan dibelanjakan dalam satu periode akuntansi.

Unsur – Unsur Persamaan Dasar Akuntansi


Unsur-unsur yang merupakan dasar sistem akuntansi diantaranya adalah:

1. Aktiva / Aset (Assets)

Aset atau aktiva adalah sumber daya yang dimiliki / dikuasai perusahaan akibat suatu peristiwa transaksi masa lalu dan harapannya dimasa depan perusahaan akan memperoleh manfaat ekonomi dari sumber tersebut.

2. Kewajiban / Hutang / Liabilitas (Liabilities)

Kewajiban  merupakan tanggung jawab perusahaan akibat peristiwa transaksi dimasa lalu  yang harus diselesaikan dengan pengorbanan sumber daya perusahaan.

3. Modal / Ekuitas (Equity)

Modal merupakan sisa kepentingan dalam aktiva perusahaan setelah dikurangi dengan kewajiban.

4. Pendapatan (Revenue)

Pendapatan adalah arus masuk atau peningkatan atas aktiva atau penurunan kewajiban yang timbul akibat aktivitas penjualan/penyerahan atau pembuatan barang dan jasa atau aktivitas lain yang menjadi kegiatan utama perusahaan.

5. Beban (Expenses)

Beban merupakan arus keluar atau penggunaan atas aktiva atau peningkatan kewajiban yang timbul akibat aktivitas penjualan/penyerahan atau pembuatan barang dan jasa atau aktivitas lain yang menjadi kegiatan utama perusahaan.

6. Prive (Drawing)

Prive bisa diartikan sebagai pengambilan aset (kas) perusahaan oleh pemilik untuk kepentingan pribadi.

Prinsip / Rumus Persamaan Dasar Akuntansi


1. Keseimbangan Harta dengan Modal

Yang pertama kali perlu diketahui adalah kekayaan perusahaan yang digunakan untuk sumber pembelanjaan kegiatan usaha biasa disebut dengan Harta. Sumber pembelanjaan itu berasal dari pemilik yang biasa disebut dengan Modal / Ekuitas. Jadi diperoleh persamaan

HARTA (ASSETS) = MODAL (EQUITY)

2. Keseimbangan Harta dengan Utang ditambah Modal

Sumber Modal sendiri terbagi menjadi dua yaitu Modal yang berasal dari kreditur Sumber Modal sendiri terbagi menjadi dua yaitu Modal yang berasal dari kreditur kemudian disebut Utang dan Modal dari pemilik sendiri yang disebut dengan Modal itu sendiri, jadi diperoleh persamaan :

HARTA (ASSETS) = UTANG + MODAL (EQUITY)

Dalam operasi usaha dimungkinkan adanya transaksi pendapatan dan beban. Pendapatan mempunyai arti kenaikan harta yang diperoleh melalui hasil penjualan barang atau jasa. Sedangkan beban adalah penurunan sejumlah harta akibat pengorbanan untuk memperoleh pendapatan. Pendapatan sifatnya menambah modal sedangkan beban sifatnya mengurangi modal. Sehingga diperoleh persamaan dasar akuntansi sebagai berikut:

HARTA = UTANG +MODAL+ PENDAPATAN + BEBAN

Demikian ulasan megenai Pengertian Fungsi dan Rumus Persamaan Dasar Akuntansi semoga bermanfaat. Terimakasih

Baca Juga Artikel Lainnya :

 

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.