Pengertian Ekuitas (Equity) Modal dan 5 Jenisnya

Posted on

Pengertian Ekuitas (Equity) Modal dan 5 Jenisnya – Apa yang terlintas difikiran anda saat mendengar istilah ini? Mungkin sebagian orang mendefinisikan sebagai harta yang digunakan untuk membiayai suatu kegiatan usaha. Definisi tersebut tidaklah salah. Namun apakah pengertian ekuitas/modal dalam bidang akuntansi ? (Baca juga: bidang- bidang dan profesi akuntansi )

pengertian ekuitas dan 5 jenisnya

Pengertan Ekuitas


Mudahnya begini, Ekuitas adalah sebuah perkiraan yang mencerminkan besarnya hak atau kepentingan pemilik perusahaan pada harta perusahaan. Kalau sesuai pada persamaan dasar akuntansi, kolom sisi kiri (debet) berisi kelompok harta dan pada sisi kanan (kredit) berisi kelompok hutang dan ekuitas. ( Baca juga:  Cari Tahu 5 Bentuk dan Contoh Laporan Keuangan di sini )

Pada sisi kiri merupakan sumber daya yang dimiliki perusahaan dan pada sisi kanan menunjukkan besarnya kepemilikan harta perusahaan dan kepentingan kreditor (utang).

Rumus Modal = Aktiva (Harta) – Passiva (Utang)

Ekuitas merupakan hak dari pemilik perusahaan yaitu selisih antara total aktiva dan kewajiban yang ada, namun ekuitas tidak dapat dijual atau tidak memiliki ukuran nilai jual perusahaan. Pada dasarnya ekuitas berasal dari investasi pemilik dan hasil dari usaha perusahaan. (Baca juga: laporan perubahan modal / ekuitas perusahaan )

Ekuitas akan berkurang disebabkan penarikan modal pribadi (prive) atau karena pembagian keuntungan dan kerugian.

Elemen-Elemen Ekuitas (Modal)


Pada sebuah perusahaan yang berbentuk perseroan modal ditunjukkan dengan rekening modal yang terdiri dari beberapa elemen seperti berikut:

1. Modal disetor

Modal ini adalah jumlah uang yang disetorkan oleh pemegang saham yang umumnya dibagi menjadi 2 kelompok yitu:

  • Modal saham, adalah jumlah ni=ominal saham yang beredar.
  • Agio/Disagio Saham , adalah selisih antara setoran pemegang saham dengan jumlah nominal saham. Agio adalah selisih atas nominal sedangkan disagio adalah selisih dibawah nominal. Di dalam neraca suatu agio akan ditambahkan pada modal saham yang beredar dan disagio akan diuangkan. (Baca juga: pengertian pendapatan dalam akuntansi )

2. Laba Tidak Dibagi

Modal ini merupakan kumpulan dari laba tahun-tahun sebelumnya yang tidak dibagi sebagai deviden. Laba ini berasal dari dalam perusahaan. apabila laba ini bersaldo debit maka akan disebut defisit.

Jenis modal laba tidak dibagi ini sewaktu-waktu dapat diminta oleh yang bersangkutan (pemegang saham) sebagai deviden.

Bagaiamana seandainya jika tiba-tiba laba tidak dibagi diminta?

Perusahaan harus mengantisipasi apabila laba tidak dibagi diminta sebagai deviden dengan membuat cadangan-cadangan dari laba tidak dibagi.

3. Modal Penilaian Kembali

Apabila dilakukan penilaian kembali terhadap aktiva-aktiva perusahaan, maka selisih nilai buku lama (buku periode sebelumnya) dengan nilai buku yang baru dicatat sebagai modal penilaian kembali. (Baca juga: pengertian aktiva lancar dan tidak lancar )

4. Modal Sumbangan

Modal sumbangan adalah modal yang timbul akibat sebuah perusahaan memperoleh aktiva yang berasal dari sumbangan.

5. Modal Lain-lain

Modal ini contohnya seperti modal pada cadangan laba tidak dibagi seperti cadangan untuk ekspansi, cadangan penurunan harga persediaan, cadangan pelunasan obligasi dan sebagainya. Jumlah laba tidak dibagi yang sudah dicadangkan tidak bisa diminta kembali sebagai deviden

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian ekuitas dan 5 jenisnya.  Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian, dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

Kunjungi artikel terbaru:

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.