Pengertian dan Tujuan Akuntansi Anggaran (Budgeting)

Posted on
Pengertian dan Tujuan Akuntansi Anggaran (Budgeting)
3 (60%) 2 vote[s]

Akuntansi anggaranterdapat berbagai bidang dalam akuntansi salah satunya adalah Akuntansi anggaran. Untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan ringkas mengenai akuntansi anggaran pada artikel berikut.

akuntansi-anggaran

Pengertian Akuntansi Anggaran (Budgeting)


Akuntansi anggaran adalah salah satu bidang akuntansi yang berkaitan dengan perencanaan pengeluaran perusahaan yang kemudian bertujuan membandingkan dengan pengeluaran yang sebenarnya (aktual). Akuntansi anggaran akan menguraikan aktivitas keuangan dalam jangka waktu tertentu yang dijalankan melalui sistem analisa dan pengawasan. Akuntansi anggaran merupakan bagian dari akuntansi manajemen.

Dalam penerapannya pada perusahaan akuntansi anggaran adalah teknik akuntansi yang berperan untuk mencatat setiap peristiwa transaksi yang terjadi dan terdapat pada setiap anggaran yaitu mulai sejak pengesahan anggaran, dialokasikan ataupun yang dilaksanakan sampai saat penutupan buku anggaran akhir periode.

Di setiap perusahaan, organisasi dan instansi yang menggunakan dana/anggaran teknik akuntansi anggaran ini sangat penting digunakan untuk mengelola dana anggaran yang ada.

Tujuan Akuntansi Anggaran


Tujuan dari diberlakukannya akuntansi anggaran adalah  untuk mencegah terjadinya kelebihan dana yang tak terduga (over budget).

Apa effeknya ? dampak (efek) yang terjadi adalah neraca yang tidak seimbang akibat pengeluaran yang lebih besar daripada pemasukan. Apabila hal ini terjadi, akan dikhawatirkan perusahaan akan mengalami kebangkrutan. Itulah sebabnya akuntansi anggaran penting digunakan setiap badan usaha guna mengawasi setiap aliran dana / anggaran yang ada.

pengertian-dan-tujuan-akuntansi-anggaran

Selain itu, data yang dihasilkan dari pembukuan akuntansi anggaran  yang tepat dapat digunakan sebagai dasar atau acuan untuk membantu perusahaan  dalam merencanakan dan mengestimasi anggaran untuk periode bulan/tahun berikutnya.

Berkaca dari kata pepatah “Tidak ada gading yang tak retak” Semoga artikel yang masih banyak kekurangan ini bisa manambah wawasan keilmuan dan bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terimakasih

Kunjungi Artikel Manfaat Lainnya:

Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.