7 Pengertian Akuntansi Syariah “Lengkap”

Posted on

AkuntansiLengkap.com – Bagi kalangan pelajar khususnya siswa Sekolah Menengah Atas / Sekolah Menengah Kejuruan, mungkin sudah banyak yang sudah pernah mendengar tentang 2 jenis akuntansi seperti Akuntansi Syariah dan Akuntansi Konvensional. Nah kali ini akan kita ulas mengenai Pengertian Akuntansi Syariah.

7-pengertian-akuntansi-syariah

Pengertian Akuntansi Syariah


Berikut ini merupakan definisi Akuntansi Syariah menurut para ahli dan kesimpulannya;

1. Sofyan S Harahap dalam (Akuntansi Sosial Ekonomi dan Akuntansi Islam) 

Menyatakan bahwa Akuntansi Islam atau Akuntansi syariah pada hakekatnya adalah penggunaan sistem akuntansi dalam menjalankan syariah Islam.

Sofyan S harahap menyatakan bahwa Akuntansi syariah merupakan penggunaan akuntansi yang secara nyata telah diterapkan sejak era Nabi Muhammad SAW, Khulafaurrasyidin dan pemerintah islam lainnya yaitu dengan menjalankan syariah islam. (Baca juga: pengertian dan karakteristik ekonomi syariah dan prinsip ekonomi syariah)

2. Muhammad dalam (Pengantar Akuntansi Syariah 2012)

Akuntansi syariah merupakan akuntansi yang mempunyai 3 komponen prinsip diantaranya prinsip pertanggungjawaban (Accountability), prinsip keadilan dan prinsip kebenaran yang berdasarkan pada hukum syariah dan bersifat universal. (Baca juga: Perbedaan Akuntansi Syariah dan Akuntansi Konvensional)

3. Karim

Menyatakan Akuntansi Syariah sering juga disebut Akuntansi Islam yaitu suatu bidang baru dalam studi akuntansi, pada prinsipnya akuntansi ini dikembangkan dengan landasan nilai-nilai, etika dan syariah islam.

Baca Juga:

  1. 12 Pengertian Kas Kecil dan Tujuannya
  2. 12 Contoh Macam-Macam Bukti Transaksi
  3. Pengertian Bukti Transaski [5 Manfaat Dan Fungsi]

4. Adnan M Akhyar

Akuntansi Syariah (Islamic Accounting) adalah akuntansi yang mempunyai tujuan untuk membantu mencapai keadilan sosial ekonomi (Al-Falah) baik bagi individu atau masyarakat dan sebagai upaya untuk mengenal sepenuhnya akan kewajiban kepada Tuhan. Semua unsur yang terlibat aktivitas ekonomi seperti akuntan, auditor, pemilik, manajer dan pemerintah sebagai bentuk sarana ibadah.

Badan yang menerbitkan standar akuntansi islam/ akuntansi syariah adalah Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Instution) yang berdiri sejak tahun 1991 di Bahrain. (Baca juga: perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan)

5. Napier (2007)

Pengertian Akuntansi Syariah adalah bidang akuntansi yang memfokuskan kepada dua hal, yaitu akuntabilitas dan pelaporan. Maksud dari akuntabilitas ini dapat tercermin melalui tauhid yang berarti bahwa segala sesuatu yang ada di muka bumi ini harus berjalan sesuai dengan aturan dari Alloh SWT dan manusia yang berperan sebagai khalifah Allah di Bumi. Dan maksud dari pelaporan adalah bentuk pertanggungjawaban manusia kepada Allah dan manusia lainnya. (Baca juga: Prinsip Akuntansi Adalah: dan 10 Prinsip Dasar Akuntansi)

6. Toshibaku Hayashi

Menyatakan bahwa akuntansi syariah merupakan akuntansi yang berkonsep kepada hukum Syariah yang berasal dari Sang Pencipta manusia dan akuntansi syariah menuntut agar perusahaan menerapkan etika dan tanggungjawab sosial, bahkan pertanggungjawaban manusia di akhirat atas segala perbuatan manusia baik di bidang ekonomi sikap sosial dan atas hukum syariah lainnya. (Baca juga: pengertian dan tujuan akuntansi keuangan)

7. Kesimpulan

Akuntansi Syari’ah merupakan suatu kegiatan identifikasi, klarifikasi dan pelaporan dalam mengambil keputusan ekonomi yang berdasarkan prinsip akad syariah yang artinya tidak mengandung zhulum (kezaliman), riba, judi (masyir) penipuan (gharar), barang yang haram serta barang yang membahayakan.

Akuntansi Syari’ah adalah akuntansi yang digunakan bukan hanya sebagai alat untuk menterjemahkan fenomena ekonomi  namun digunakan juga sebagai salah satu metode yang menjelaskan bagaimana kegiatan ekonomi yang berjalan dalam masyarakat islam. Akuntansi syariah lebih berorientasi ke bidang sosial. Akuntansi syariah meliputi isu yang tidak umum dibahas pada akuntansi konvensional.

Itulah tadi 7 (tujuh) Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih atas kunjungannya yaa.

Kunjungi artikel terbaru:

  1. 6 (enam) Tujuan Akuntansi Syariah Lengkap
  2. 4 (Empat) Pilar Standar Akuntansi Keuangan Di Indonesia
  3. Pengertian Standar Akuntansi Keuangan dan 3 Lembaga Resmi
  4. Teori Akuntansi Positif dan Normatif + Prinsip dan Hioptesis
  5. (LENGKAP) Sejarah Akuntansi di Indonesia dan Dunia serta Perkembanganya
Gravatar Image
Accounting Blogger, lulusan Pendidikan Ekonomi Universitas Lampung.