Pengertian Variabel Independen, Dependen, Moderating, serta Intervening [Lengkap]

Posted on

Pengertian Variabel Independen, Dependen, Moderating, serta Intervening | Penelitian adalah suatu kegiatan mencari tahu atas sesuatu hal secara sistematis dengan menggunakan metode ilmiah serta kebijakan dan aturan yang berlaku, penelitian ini dilakukan dalam waktu yang relatif lama.

Penelitian memiliki komponen, salah satunya menjadi hal yang penting serta memiliki hubungan dalam proses studi secara komprehensif adalah variabel penelitian. Variabel penelitian adalah komponen sekaligus objek yang menjadi titik fokus dalam proses penelitian.

Variabel independen / Variabel Bebas

Merupakan jenis variabel yang mempengaruhi variabel yang lainnya. Variabel independen adalah variabel yang mempengaruhi atau menjadi sebab perubahan sehingga menimbulkan variabel terikat (dependen). Variabel ini disebut dengan variabel bebas, variabel kuasa, variabel pengaruh, variabel stimulus, variabel resiko dan lain-lain.

Dalam penelitian, variabel independen adalah variabel yang dapat dimanipulasikan atau dibuat-buat oleh peneliti tersebut. Variabel independen dapat disebut dengan variabel bebas karena dapat mempengaruhi variabel lainnya. Atau dengan kata lain variabel independen merupakan variabel penyebab.

Untuk melihat hubungan di antara fenomena atau peristiwa yang diteliti atau diamati, peneliti akan mengukur, memilih, dan memanipulasi faktor-faktornya hal ini disebut dengan variabel independen (bebas).

Contoh: Pengaruh musik terhadap penurunan tingkat kekhawatiran seseorang.

Pengertian Variabel Independen, Dependen, Moderating, serta Intervening

Variabel dependen / Variabel Terikat

Variabel dependen merupakan jenis variabel yang telah dipengaruhi oleh adanya variabel independen atau variabel bebas. Variabel dependen atau variabel terikat adalah variabel yang timbul disebabkan oleh variabel bebas.

Besarnya perubahan pada variabel dependen ditentukan dengan besarnya variabel independen (bebas). Variabel dependen diberikan peluang oleh variabel independen yaitu sebesar koefisien perubahan dalam variabel independen tersebut.

Artinya terjadinya suatu perubahan di variabel dependen dalam setiap satuan hal ini diakibatkan karena terjadinya perubahan dalam satuan variabel independen. Variabel dependen tidak dimanipulasi atau dibuat-buat, melainkan diamati variasinya sebagai hasil hipotesa yang berasal dari variabel independen (bebas). Biasanya variabel dependen adalah suatu keadaan yang hendak dijelaskan.

Variabel independen dan variabel dependen merupakan jenis-jenis variabel yang sering digunakan dalam penelitian, hal ini karena kedua variabel ini mempunyai kemampuan dalam aplikasi yang luas. Untuk menentukan ada atau tidaknya suatu pengaruh dari variabel independen, maka peneliti akan mengamati dan mengukur atas faktor-faktor penelitian disebut dengan variabel dependen (bebas).

Dalam suatu sistematis penelitian, apakah ada faktor yang akan muncul, ataukah faktor tersebut tidak akan muncul, atau bahkan akan berubah seperti yang telah diprediksi oleh peneliti, maka hal ini harus diketahui secara pasti oleh peneliti.

Contoh variabel dependen
  
Antara Kualitas layanan restoran dengan jumlah pengunjung terdapat dalam suatu hubungan yang positif, yaitu:

  • Kualitas layanan restoran merupakan variabel independen
  • Jumlah pengunjung merupakan variabel dependen 

Tujuan suatu penelitian sama dengan tujuan teori yaitu menjelaskan serta meramalkan suatu fenomena melalui berbagai pengujian. Menjelaskan dan meramalkan fenomena ini dilakukan dengan sistematis dideskripsikan melalui variabilitas atas variabel-variabel dependen yang dipengaruhi oleh variabel-variabel independen.

Hubungan korelasional dan hubungan sebab akibat merupakan bentuk dari hubungan antara variabel independen dan dependen. Misalnya fenomena sosial, maka bentuk hubungan antara variabel independen dan dependen akan bersifar positif ataupun negatif.

Variabel Moderating

Selain terdapat hubungan langsung antara variabel independen dengan variabel dependen dalam suatu penelitian juga kemungkinan terdapat pengaruh dari variabel-variabel lain. Salah satu variabel lainnya adalah variabel moderating.

Variabel moderating terbentuk karena adanya hubungan antara variabel Independen (bebas) dengan variabel dependen (terikat). Variabel moderating adalah salah satu jenis variabel yang memiliki kemampuan dalam memperkuat atau bahkan memperlemah suatu hubungan secara langsung yang terjadi antara variabel independen dengan variabel dependen.

Maksudya adalah sifat atau arah hubungan yang positif atau negatif antara variabel independen dan dependen, namun hal ini tergantung pada variabel moderating. Maka dari itu variabel moderating bisa disebut juga dengan variabel contingency. Variabel moderating sering dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya yaitu faktor yang tidak terdapat dalam model statistic yang digunakan.

Contoh variabel moderating
  

– Apabila harga emas turun, maka masyarakat akan banyak yang membeli emas.

– Masyarakat tidak mempunyai emas atau masyarakat tidak ingin membeli emas karena harganya mahal. 

Variabel Intervening

Variabel intervening adalah jenis variabel yang menjadikan hubungan tidak langsung antara hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Variabel intervening merupakan variabel yang letaknya terdapat diantara variabel independen dan dependen, sehingga variabel dependen tidak langsung tepengaruh oleh variabel independen.

Dengan arti lain yaitu variabel intervening adalah variabel yang dapat memperkuat ataupun memperlemah hubungan antar variabel, namun hal ini tidak bisa diukur dan diamati.

Contoh variabel intervening

Implementasi atas kebijakan harga baru, (variabel  Independen )

Meningkatnya volume penjualan , (variabel depanden  )

Sebab sifat pembeli adalah rasional (variabel Intervening) . 

  

Demikianlah penjelasan mengenai Pengertian Variabel Independen, Dependen, Moderating, serta Intervening. Terimakasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat^^

Comments are closed.