3 Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

Posted on

Perbedaan Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro | Ilmu ekonomi ialah ilmu yang mempelajari perilaku manusia untuk memenuhi kebutuhannya yang secara keseluruhan tidak terbatas, namun sumber daya yang tersedia terbatas.

Demi penghematan alat pemuas kebutuhan ini, manusia mempunyai alternatif penguunaan sumber daya, yaitu secara garis besar ilmu ekonomi terbagi menjadi 2 yaitu ilmu ekonomi makro dan mikro. Sebelum mengetahui apa perbedaan dari ekonomi makro dan mikro ini, mari kita mengetahui pengertian dari ekonomi makro dan mikro.

Ekonomi Makro

Ilmu ekonomi makro adalah ilmu yang mempelajari tentang variabel-variabel ekonomi secara agregat atau keseluruhan.

Variabel-variabel ekonomi makro yaitu: pendapatan nasional suatu negara, pertumbuhan ekonomi, laju inflasi dan deflasi, kesempatan kerja atau pengangguran, jumlah uang yang beredar, serta neraca pembayaran internasional.

Ekonomi makro menjelaskan perubahan ekonomi yang memengaruhi banyak masyarakat atau rumah tangga, perusahaan, bahkan pasar.  Dalam perkembangannya, Ilmu Ekonomi Makro berkaitan dengan masalah ekonomi secara publik (negara).

Baca juga:

  1. Contoh dan Jenis-Jenis Kelangkaan Ekonomi + Penyebab dan Cara Mengatasinya
  2. 15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi
  3. 7 Masalah Pokok Ekonomi di Indonesia dan Cara Mengatasinya

Masalah-Masalah Ekonomi Makro

Ilmu ekonomi makro adalah ilmu yang mengaalisis berbagai masalah-masalah pokok ekonomi yaitu sebagai berikut:

1. Sejauh mana berbagai macam sumber daya yang telah dimanfaatkan dalam kegiatan ekonomi di masyarakat. Full Employment ialah sumber daya yang telah dimanfaatkan. Namun sebaliknya, Under Employment ialah sumber daya yang belum dimanfaatkan secara sepenuhnya.

2. Perkembangan perekonomian tersebut, apakah dalam keadaan stabil khususnya stabilitas ekonomi pada bidang moneter. Apabila nilai uang di negara tersebut menurun dan terjadi dalam jangka waktu yang panjang berarti hal ini terjadi inflasi. Namun jika terjadi keadaan sebaliknya maka disebut deflasi.

3. Mengetahui sejauh mana pertumbuhan dan pertumbuhan ekonomi di negara tersebut dengan disertai oleh distribusi pendapatan baik.

Perbedaan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro

Ekonomi Mikro

Ilmu ekonomi mikro adalah ilmu yang mempelajari segala variabel-varibel ekonomi namun dalam ruang lingkupnya kecil, contohnya seperti perilaku konsumen dan perusahaan, serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan.

Dalam ekonomi mikro mempelajari bagaimana seseorang memanfaatkan sumber daya yang telah dimilikinya, sehingga ia akan merasakan tercapainya tingkat kepuasan secara optimum.

Secara teori, terjadinya keseimbangan dalam skala makro dengan asumsi ceteris paribus dapat terjadi jika setiap orang yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi secara optimum dan bersama dengan orang lain.

Berikut adalah aspek-aspek dari ekonomi mikro:

  • Analisis biaya dan manfaat
  • Teori permintaan dan penawaran
  • Elastisitas
  • Model-model pasar
  • Industri
  • Teori produksi
  • Teori harga

Perbedaan Ekonomi Makro dan Mikro

Perbedaan ekonomi mikro dan makro bisa kita lihat lebih sepesifik pada tabel berikut ini:

Dilihat dari segiEkonomi MikroEkonomi Makro
HargaHarga dalam ekonomi mikro adalah nilai dari suatu komoditas atau barang-barang tertentu sajaHarga dalam ekonomi makro adalah nilai dari suatu komoditas secara keseluruhan atau agregat
Unit analisisKegiatan ekonomi yang melibatkan perorangan atau individual atau unit-unit kecil dalam perekonomian.

Contohnya pasar, permintaan dan penawaran, laba atau rugi dari suatu perusahaan

Kegiatan ekonomi yang dilakukan secara agregat atau keseluruhan.

Contohnya inflasi dan deflasi,pendapatan nasional, investasi, pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Tujuan analisisEkonomi mikro lebih fokus terhadap tujuan analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya yang dimiliki.Ekonomi makro lebih fokus terhadap tujuan analisis yang berisi tentang pengaruh kegiatan ekonomi yang dilaksanakan terhadap perekonomian yang terjadi secara keseluruhan

Pengertian Ilmu ekonomi makro ialah ilmu yang membahas dan menganalisis mengenai seluruh kegiatan perekonomian yang bersifat global. Ekonomi makro tidak memperhatikan kegiatan ekonomi unit-unit kecil dalam perekonomian.

Dalam ilmu ekonomi makro, analisis dan pembahasan ini dilakukan terhadap seluruh kegiatan produsen dan konsumen yang terlibat dalam perekonomian. Karena teori ekonomi makro ini menjelaskan tentang aspek-aspek contohnya seperti, penentuan dalam tingkat perekonomian negara yang berkaitan dengan menghasilkan barang dan jasa.

Sebaliknya Ilmu ekonomi mikro ialah ilmu yang menganalisis kegiatan yang dilakukan oleh unit-unit kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian di suatu negara.

Pendekatan mikro berhubungan dengan segala keputusan yang akan diambil oleh para pelaku ekonomi dengan mendorong pada harga pasar. Sehingga dalam pemahaman konsep-konsep ekonomi mikro, dan pengimplementasinya dalam ekonomi dan bisnis, atau dalam kehidupan sehari-harin, mengharuskan para pelaku ekonomi untuk membuat keputusan yang optimal.

Terimakasih banyak atas kunjungannya di Perbedaan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca dan semoga bermanfaat.

Kunjungi juga artikel lainnya:

  1. Pengertian Sistem Ekonomi Campuran, Ciri- Ciri Dan Tujuannya
  2.  [Macam-Macam] Alat Pemuas Kebutuhan Manusia + Contohnya
  3. Pengertian Pasar Monopoli, Ciri Ciri Dan Contohnya Serta Kelebihan Dan Kekurangan
  4. [Pengertian, Faktor Penyebab dan Dampak] Kelangkaan Sumber Daya Alam Serta Cara Mengatasinya
  5.  8 Konsep Pendapatan Nasional Serta Contoh dan Manfaatnya

Leave a Reply