10 Contoh Permintaan dan Penawaran Dalam Kehidupan Sehari-hari

Posted on

Permintaan dan penawaran adalah hal yang pasti terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Contoh permintaan dan penawaran yang sering dilakukan adalah barang kebutuhan pokok.

Pasalnya, barang tersebut selalu dibutuhkan dan dikonsumsi setiap hari. Jadi pada kesempatan ini, kami juga akan membagikan beberapa contohnya.

Yang mesti diingat, permintaan adalah hal yang diminta masyarakat atau konsumen, sedangkan penawaran adalah hal yang ditawarkan oleh produsen.

Tingginya permintaan barang tertentu membuat harga barang tersebut naik, karena pasokan barang yang berkurang. Sedangkan tingginya penawaran membuat harga semakin turun.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran, seperti yang akan kami bagikan berikut ini.

Contoh Permintaan

1. Permintaan uang

Permintaan uang adalah permintaan yang dipengaruhi oleh motif transaksi dan motif berjaga-jaga. Meski saat ini sudah hadir alat pembayaran seperti crypto, namun uang masih tetap dominan di masyarakat.

Uang memiliki nilai yang jelas sebagai alat tukar barang di pasar. Namun uang juga memiliki kelemahan karena nilainya bisa berubah sesuai dengan keadaan ekonomi negara.

2. Permintaan hasil pertanian dan perkebunan

Permintaan hasil pertanian diantaranya seperti beras, jagung, kedelai, cengkeh, tebu dan kopi. Berbagai macam barang tersebut juga dibutuhkan oleh manusia setiap hari.

Maka nggak heran jika kita sering mendengar hasil pertanian dan perkebunan yang langka, karena permintaan sangat tinggi, sedangkan hasil pertaniannya sedikit.

Terkadang disebabkan oleh perubahan cuaca, sehingga pertanian sering gagal panen atau harga pupuk yang mahal mengakibatkan hasil pertanian dan perkebunan kurang maksimal.

Jika hasil pertanian dan perkebunan langkah, seringkali harganya cenderung naik. Bagi sebagian orang yang tidak mampu membelinya, akan mengganti jenis barang tertentu dengan barang lain.

Akhirnya permintaan pada barang tertentu turun dan meningkatkan permintaan pada barang lain. 

3. Permintaan pekerjaan

Permintaan pekerjaan merupakan hal yang tinggi peminat, namun peluangnya sangat sedikit. Pasalnya, jumlah lapangan kerja saat ini memang sangat terbatas.

4. Permintaan kendaraan

Saat ini ekonomi masyarakat semakin baik, terbukti dengan tingginya permintaan kendaraan. Kendaraan memang memudahkan pekerjaan seseorang untuk berpindah tempat.

Kendaraan juga digunakan untuk mencari penghasilan. Sehingga kendaraan terus diminati seiring dengan kebutuhan masyarakat.

5. Permintaan makanan dan minuman

Contoh permintaan pada makanan dan minuman sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari. Semakin bertambahnya jumlah penduduk, setiap hari jenis makanan dan minuman juga meningkat.

Jenis makanan dan minuman yang ditawarkan juga semakin beraneka ragam, karena orang-orang cenderung tertarik dengan hal-hal baru.

Baca juga : Fungsi Permintaan dan Penawaran

Contoh Penawaran

1. Penawaran buah-buahan

Belakangan ini, buah durian sedang banyak-banyaknya di pasaran. Durian termasuk jenis buah yang memiliki permintaan tinggi, juga jarang ditemukan pada periode tertentu. Sehingga durian banyak dijual dengan harga tinggi. 

Namun jika barang yang tersedia melimpah, maka harga durian akan turun.

2. Penawaran jagung

Hasil pertanian jagung pada tahun ini sangat melimpah. Sehingga petani harus menjualnya lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Untuk mendorong orang membeli jagung lebih banyak, penjual harus menurunkan harga. Sehingga masyarakat beralih dari konsumsi barang lain menjadi konsumsi jagung.

Pasalnya selain untuk konsumsi pribadi, jagung juga bisa dikonsumsi hewan ternak.

3. Penawaran kerja

Penawaran kerja adalah orang-orang yang menawarkan kemampuannya untuk bekerja. Jika pada suatu kota terjadi lonjakan angkatan kerja, misalnya lulusan SMA atau kuliah, kebanyakan mereka mau menerima upah yang rendah.

Pasalnya tidak banyak tersedia lapangan pekerjaan, namun mereka diharuskan bekerja dan memiliki penghasilan karena keadaan.

4. Penawaran bahan bakar

Bahan bakar sangat dibutuhkan di masyarakat. Pasalnya semua yang memiliki kendaraan sangat bergantung dengan bahan bakar.

Meskipun harga bahan bakar terus melonjak setiap tahun, namun beriringan dengan permintaannya juga terus bertambah.

Apalagi bahan bakar kendaraan sulit digantikan dengan bahan lain. Maka saat ini muncul jenis kendaraan listrik yang juga makin diminati.

5. Penawaran rumah

Rumah sebagai tempat tinggal menjadi barang yang banyak ditawarkan. Namun harga rumah yang ada di tengah kota dengan di desa berbeda.

Hal ini dikarenakan penawaran di kota memperhitungkan letak strategis dan harga tanah di perkotaan.

Sedangkan penawaran komplek perumahan di desa cenderung lebih sedikit dan harganya murah, karena permintaannya pun sedikit.

Baca juga : Hukum Permintaan dan Penawaran

Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan

1. Harga barang

Sudah jadi hukum permintaan, bahwa ketika harga barang naik, maka permintaan terhadap barang tersebut akan turun.

Hal ini biasa terjadi pada barang kebutuhan makanan dan kebutuhan pokok lain atau para jenis barang yang punya pengganti. 

Contohnya harga daging sapi yang tinggi, membuat orang-orang beralih ke daging ayam. Ketika harga tempe naik, orang beralih konsumsi tahu.

2. Pendapatan rumah tangga

Pendapatan masyarakat di daerah tertentu juga menjadi faktor yang mempengaruhi permintaan. Ketika pendapatan tinggi, maka permintaan barang akan meningkat.

Contohnya, pada area perkotaan banyak orang yang membutuhkan jasa perawatan kendaraan mobil.

3. Jumlah penduduk

Jumlah penduduk yang banyak pada suatu daerah, tentu mempengaruhi permintaan barang di daerah tersebut. Misalnya permintaan bahan makanan pokok atau permintaan hasil pertanian.

4. Prediksi masa depan

Perkiraan masa depan turut menjadi faktor yang mempengaruhi permintaan. Pasalnya orang akan berusaha mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi.

Contohnya, sumber daya bahan bakar di bumi semakin menipis dan akan mengalami kelangkaan, sehingga masyarakat akan ramai-ramai mengganti kendaraan mereka dengan kendaraan listrik.

5. Cita rasa masyarakat

Saat ini orang-orang sudah mengerti dengan teknologi handphone. Sehingga permintaan smartphone kelas atas menjadi tinggi.

Sekarang kebanyakan orang menggunakan handphone dengan sistem android dan iOS. Sudah amat jarang ditemukan handphone teknologi symbian.

Artinya cita rasa masyarakat semakin tinggi, mengakibatkan jenis handphone dengan spesifikasi rendah semakin ditinggalkan.

6. Lokasi

Lokasi termasuk faktor yang mempengaruhi permintaan. Misalnya di daerah penghasil buah manggis, maka permintaannya sangat sedikit.

Namun di daerah lain yang tidak punya perkebunan manggis, permintaan manggis lebih banyak.

Baca juga : Rumus Elastisitas Permintaan Dan Penawaran

Faktor Yang Mempengaruhi Penawaran

1. Biaya produksi

Biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk. Misalnya untuk biaya bahan baku, biaya perawatan dan sebagainya.

Artinya semakin tinggi biaya produksi, harga jual produk harus ditingkatkan, untuk mencapai keuntungan yang diharapkan.

Contohnya, harga 1 lusin gelas adalah Rp 30.000 dengan biaya produksi Rp 25.000. Sedangkan jika biaya produksi bertambah menjadi Rp 30.000, maka penjual harus menjual 1 lusin gelas dengan harga sekitar Rp 35.000.

2. Teknologi yang digunakan

Teknologi membantu menghasilkan produk secara massal. Sehingga jumlah persediaan produk yang ditawarkan akan meningkat.

Teknologi juga terbukti membuat biaya produksi semakin efisien. Sehingga perusahaan bisa menjual sebanyak mungkin dengan margin keuntungan yang besar.

3. Kondisi alam

Beberapa jenis barang sangat dipengaruhi oleh cuaca, misalnya hasil pertanian dan perkebunan. Ketika cuaca buruk, hasil pertanian dan perkebunan akan menurun.

Sehingga petani harus mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi. Contohnya dengan menyimpan hasil panen untuk beberapa waktu hingga ketika harga naik, petani bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

4. Jumlah penjual

Jumlah penjual juga menentukan terjadinya penawaran. Jika beberapa penjual bisa menjual barang dengan harga tinggi, maka penawaran barang tersebut juga akan meningkat.

Gravatar Image
Semoga materi yang saya bagikan bisa membantu teman-teman yang sedang belajar akuntansi online.

Leave a Reply