13 Contoh Kelangkaan Ekonomi di Indonesia dan Penyebabnya

Posted on

Contoh kelangkaan ekonomi yang paling sering ditemukan adalah kelangkaan

sendiri ada banyak jenisnya. Yaitu ada kelangkaan sumber daya manusia, kelangkaan sumber daya kewirausahaan, kelangkaan sumber daya alam serta kelangkaan sumber daya pada modal.

Kelangkaan adalah masalah ekonomi dimana kebutuhan manusia yang semakin banyak, namun alat pemenuh kebutuhan terbatas.

Kelangkaan sendiri bisa terjadi disebabkan oleh banyak faktor kelangkaan seperti perbedaan geografis, bencana alam, pertumbuhan penduduk yang pesat dan masih banyak lagi.

Dampak dari kelangkaan tersebut pun sangat banyak. Lalu, apa saja contoh kelangkaan ekonomi? Simak ulasan berikut ini.

Pengertian Kelangkaan Ekonomi

Kelangkaan dalam ilmu ekonomi adalah keterbatasan sumberdaya sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan manusia.

Kelangkaan ekonomi bisa terjadi, jika barang yang ditawarkan atau tersedia lebih rendah daripada jumlah permintaannya.

Manusia memiliki kebutuhan yang sangat kompleks. Mulai dari bangun tidur, manusia membutuhkan air untuk minum dan mandi, makanan, listrik, kendaraan dan masih banyak lagi.

Semua kebutuhan tersebut melewati proses pengolahan dan pembuatan, yang tidak bisa dilakukan sendiri. Sehingga ketika ada proses yang terganggu, bisa mengakibatkan kelangkaan ekonomi.

Faktor Penyebab Kelangkaan Ekonomi

Faktor kelangkaan ekonomi umumnya disebabkan oleh 3 hal yaitu

Berikut penyebab kelangkaan ekonomi yang sering terjadi :

  1. Bencana alam
  2. Distribusi tidak merata
  3. Permintaan meningkat drastis
  4. Perubahan konsumsi masyarakat
  5. Perburuan
  6. Pengaruh politik

Contoh Kelangkaan Ekonomi di Indonesia

Contoh Kelangkaan Ekonomi dalam kehidupan sehari hari

1. Kelangkaan BBM di Indonesia

Seperti yang Anda ketahui jika BBM sering kali mengalami kenaikan harga. Di beberapa daerah, BBM bahkan sangat langka dan sulit ditemukan.

Langkanya BBM di beberapa daerah menyebabkan harganya pun mahal di daerah tersebut. Hal tersebut merupakan kelangkaan yang terjadi akibat penggunaan bahan bakar yang berlebihan.

Cara mengatasi kelangkaan ekonomi tersebut yaitu diperlukan sumber daya lain yang bisa digunakan untuk mengurangi penggunaan BBM.

Seperti saat ini sudah mulai masiv penggunaan kendaraan bertenaga listrik. Sehingga membantu pengurangan penggunaan bahan bakar minyak.

2. Kelangkaan minyak goreng

Kelangkaan minyak goreng terjadi di Indonesia pada tahun 2022 ini. Padahal Indonesia sendiri memiliki 15.98 juta hektar lahan sawit di tahun 2021.

Kondisi ini menyebabkan harga minyak goreng melonjak, dari harga sebelumnya di angka HET Rp 14.000/ liter, naik menjadi hampir 2 kali lipat.

Penyebab kelangkaan minyak goreng ini disinyalir akibat gangguan saluran distribusi. Artinya meskipun tidak ada penurunan produksi dari produsen minyak, namun jumlah minyak yang disalurkan ke masyarakat lebih sedikit.

Sudah pasti, permintaan tetap namun penawaran sedikit mengakibatkan kelangkaan.

Baca tentang penyebab kelangkaan sumber daya alam di Indonesia.

3. Kelangkaan air bersih

Ketika musim kemarau, banyak daerah di Indonesia yang mengalami kekurangan air bersih karena sumur mereka yang kering.

Hal tersebut merupakan salah satu contoh kelangkaan sumber daya alam yang sering terjadi di Indonesia. Akibatnya masyarakat harus menunggu pasokan air bersih untuk beraktivitas.

Adanya kelangkaan air membuat kegiatan produksi menjadi terhambat seperti sawah yang kering membuat petani menjadi sulit bekerja.

Di beberapa kota besar, air biasanya langka karena adanya kebiasaan buruk membuang sampah di sungai. Akibatnya air menjadi tercemar dan tidak bisa digunakan.

Oleh karena itu, butuh kesadaran pentingnya menjaga lingkungan dan sumber daya alam agar dapat mengatasi kelangkaan tersebut.

4. Langkanya batu bara

Batu bara merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Batu bara biasanya digunakan untuk pembangkit tenaga listrik dan bahan bakar cair.

Karena sering digunakan, batu bara menjadi langka. Untuk itu perlu pencarian energi alternatif lain pengganti batu bara agar batubara tidak semakin langka.

5. Langkanya lapangan kerja

Akibat pertumbuhan penduduk yang sangat cepat dan minimnya pendidikan mengakibatkan kelangkaan lapangan kerja. 

Selain itu, karena sedikitnya lapangan kerja juga menimbulkan banyak masyarakat yang menganggur. Oleh karena itu, dibutuhkan program KB agar tidak terjadi ledakan jumlah penduduk serta sosialisasi pentingnya pendidikan.

6. Kelangkaan ikan laut

Contoh kelangkaan ekonomi berikutnya adalah kelangkaan ikan. Ikan termasuk dalam kebutuhan pangan dasar manusia. Ikan memiliki gizi yang baik untuk jantung dan tubuh lainnya.

Penyebab kelangkaan ikan diantaranya :

  1. Jika terjadi cuaca buruk, sehingga nelayan tidak berlayar,
  2. Pencemaran lingkungan mengakibatkan ikan mati,
  3. Eksploitasi laut secara besar-besaran
  4. Rusaknya terumbu karang, sehingga penurunan kelahiran ikan baru

7. Kelangkaan bahan pangan di daerah terpencil

Negara kita merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan harus diakui, beberapa daerah masih belum maksimal infrastruktur jalan dan transportasinya.

Akibatnya bisa terjadi masalah pendistribusian bahan makan di daerah terpencil, sehingga banyak yang mengalami kelangkaan bahan pangan di sana.

Kelangkaan bahan pangan akibat saluran distribusi juga bisa disebabkan karena bencana alam, yang mengakibatkan jalan rusak, jembatan putus dan hal lainnya.

Baca tentang cara mengatasi kelangkaan sumber daya.

8. Kelangkaan cabai

Cabai adalah produk pertanian yang termasuk menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Cabai digunakan sebagai penyedap rasa makanan.

Hampir setiap tahun, harga cabai akan melonjak di bulan dan musim tertentu, diantaranya saat hari raya maupun maupun pada saat musim penghujan dimana banyak petani yang gagal panen.

Saat hari raya, permintaan cabai meningkat di pasaran, karena masyarkat kita juga meningkat konsumsinya. Sehingga penawaran yang tidak sebanding dengan permintaan mengakibatkan kelangkaan cabai.

Begitupun saat musim penghujan tiba, cabai menjadi rusak, terkena hama dan kondisi tanah yang lembab membuat bunga nya mudah rontok.

9. Kurangnya tenaga yang handal

Kelangkaan tenaga handal termasuk contoh kelangkaan ekonomi. Pasalnya, akibat kurangnya tenaga ahli mengakibatkan perusahaan di Indonesia banyak yang mendatangkan tenaga ahli dari luar negeri.

Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat banyak, namun karena kurangnya modal dan teknologi menyebabkan pengelolaan sumber daya dilakukan dengan menggunakan tenaga ahli luar negeri.

Beberapa perusahaan mengatakan jika kekurangan sumber daya manusia yang berkualitas. Hal tersebut karena masih rendahnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan yang menjadikan langkanya sumber daya manusia yang berkualitas.

10. Masih sedikit wirausaha di Indonesia

Untuk menjadi seorang pengusaha memang dibutuhkan keahlian kewirausahaan yang baik dan modal. Kurangnya pendidikan dan ketertarikan masyarakat Indonesia pada bidang kewirausahaan mengakibatkan semakin langkanya sumber daya kewirausahaan di Indonesia.

Padahal dengan meningkatnya wirausaha, maka akan semakin memperluas lapangan kerja dan membantu mengurangi jumlah pengangguran.

Kurang minatnya masyarakat pada sektor ekonomi tertentu seperti peternakan juga mengakibatkan langkanya bahan seperti produksi daging yang ikut berkurang.

11. Kurangnya udara bersih

Udara bersih adalah hal yang saat ini mahal harganya. Pasalnya semakin banyak kendaraan, industri, pabrik dan aktivitas manusia lainnya yang menyumbang angka pencemaran udara.

Udara sangat sulit dikontrol, karena tidak terlihat, namun bisa dirasakan. Udara yang tidak sehat biasanya membuat nafas berat dan berdampak pada gangguan pernapasan.

Ketersediaan udara bersih ini akan terus menipis jika aktivitas di atas belum ditemukan solusinya.

12. Kelangkaan tanah lahan untuk perumahan

Rumah adalah kebutuhan pokok manusia. Namun seiring pertumbuhan populasi manusia, semakin banyak rumah yang dibangun, sehingga mengakibatkan kelangkaan tanah atau lahan perumahan.

Apalagi di areal perkotaan, dimana harga lahan tanah sudah sangat mahal harganya, sehingga tidak terjangkau oleh kebanyakan masyarakat.

13. Kelangkaan hewan

Kita tahu bahwa ada hewan yang dilindungi, yaitu hewan yang sudah mendekati kepunahan. Hewan kategori langka ini tidak boleh dipelihara sembarangan, apalagi diburu dan dikonsumsi.

Penyebab kelangkaan hewan ini umumnya akibat perburuan. Jenis hewan langka biasanya memiliki tingkat kelahiran yang rendah. Misalnya gajah, singa, harimau, gorilla dan panda.

Itulah beberapa contoh kelangkaan ekonomi. Kelangkaan sendiri memang terjadi karena kebutuhan manusia yang selalu bertambah namun sumber daya terbatas.

Untuk itu, Anda bisa lebih memperhatikan lagi ketika akan menggunakan sumber daya alam agar bisa mengurangi dampak dari kelangkaan tersebut.

Contoh kelangkaan ekonomi juga pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Oleh karena itu perlu adanya kerja sama antar sesama manusia agar semua kebutuhan bisa tercukupi tanpa menimbulkan masalah besar ke depannya.

Anda bisa memulai dari hal kecil seperti melestarikan sumber daya alam dengan melakukan reboisasi, meningkatkan keterampilan dan bekerja keras.

Gravatar Image
Semoga materi yang saya bagikan bisa membantu teman-teman yang sedang belajar akuntansi online.

Leave a Reply