19 Contoh Kebutuhan Tersier Anak Sekolah, Karyawan, Keluarga dan Kehidupan Sehari-hari

Posted on

Contoh kebutuhan tersier setiap orang berbeda-beda, misalnya mobil adalah kebutuhan tersier jika bagi seorang pelajar atau keluarga menengah ke bawah, sedangkan bagi pengusaha, mobil bisa jadi kebutuhan primer atau sekunder.

Kebutuhan tersier biasanya dimiliki seseorang untuk gaya hidup, bukan kebutuhan utama. Ciri barang tersier juga bisa dikenali dari nilai harganya yang mahal.

Nah supaya lebih jelas tentang contoh kebutuhan tersier, bisa dilihat secara lengkap berikut ini.

Pengertian Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang bisa dipenuhi setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi.

Pasalnya, kebutuhan primer bukan kebutuhan yang urgent, alias tidak membahayakan meski tidak dipenuhi.

Adanya kebutuhan ini biasanya hanya untuk memuaskan hasrat hingga perilaku adu gengsi. Sehingga seseorang yang mencari barang-barang tersier murni karena keinginan pribadi, bukan kewajiban pokok yang harus dipenuhi.

Baca juga : Contoh Kebutuhan Jasmani dan Rohani

Contoh Kebutuhan Tersier Bagi Pelajar Sekolah

Contoh Kebutuhan Tersier Pelajar

1. Sepeda Motor Pribadi

Sepeda motor merupakan salah satu contoh kebutuhan tersier bagi pelajar sekolah. Karena sepeda motor hanya sebagai alat transportasi, jika seorang pelajar meminta sepeda motor dengan jenis cc tertentu, maka termasuk kebutuhan yang mewah.

2. Smartphone Mahal

Smartphone saat ini sudah jadi alat komunikasi yang sangat membantu semua kalangan, termasuk pelajar. Namun smartphone dengan spesifikasi tinggi, dianggap sebagai kebutuhan tersier.

Apalagi hanya sebagai alat komunikasi atau browsing materi pelajaran, sehingga sebaiknya memilih smartphone asal sudah memenuhi persyaratan tersebut.

Lain halnya dengan pelajar di sekolah kejuruan, yang membutuhkan smartphone mahal guna kepentingan akademik, misalnya membuat program aplikasi smartphone tertentu.

3. Laptop

Laptop termasuk kebutuhan tersier, jika tidak maksimal dalam penggunaannya. Seperti pelajar sekolah yang tidak setiap hari menggunakan laptop.

Hanya untuk presentasi saja, pasalnya saat ini sekolah sudah banyak fasilitas komputer / laptop yang bisa digunakan siswa.

Berbeda dengan sekolah tertentu, seperti SMK Komputer dan Jaringan yang butuh laptop setiap hari.

4. Alat Belajar Mewah

Sekolah adalah tempat menimba ilmu, bukan untuk ajang pamer alat belajar dan aksesoris. Jadi bisa menggunakan aksesoris yang standar, biasanya sudah tersedia di koperasi sekolah atau toko perlengkapan sekolah.

Misalnya buku, pena, penggaris, tas, sepatu dan sebagainya.

Dengan memiliki alat belajar mewah, kenyamanan belajar lebih terjamin. Karena tidak khawatir rusak atau hilang, jadi lebih fokus dalam belajar.

5. Aksesoris Branded

Setiap pelajar sangat lazim menggunakan aksesoris tambahan seperti jam tangan, kacamata, sepatu dan aksesoris lainnya. 

Namun untuk jenis aksesoris merk ternama memang memiliki harga lebih mahal, sehingga dianggap kebutuhan tersier bagi anak sekolah.

Baca juga : Contoh Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Contoh Kebutuhan Tersier Bagi Keluarga

Contoh Kebutuhan Tersier Keluarga

1. Jam Tangan Mewah

Jam tangan merupakan penunjuk waktu yang lazim dimiliki banyak orang. Namun untuk merk tertentu, jam tangan dikategorikan mewah, sehingga jika tidak sesuai penggunaan, dapat dikatakan barang tersier.

Berbeda dengan smartwatch yang memang khusus digunakan untuk mempermudah pekerjaan.

2. Rumah Mewah

Rumah adalah kebutuhan pokok setiap manusia, namun berbeda untuk rumah mewah yang merupakan kebutuhan tersier. Rumah dikatakan sebagai barang tersier, jika sudah melebihi fungsi aslinya.

Kategori rumah mewah bisa dilihat dari bentuk, luas dan material bangunan. Rumah mewah juga bisa didukung dengan furniture mewah.

3. Mobil Mewah

Mobil merupakan kendaraan yang saat ini sudah banyak dimiliki di Indonesia. Namun mobil mewah termasuk sebagai kategori kebutuhan tersier, karena dibeli bukan untuk alat transportasi, melainkan untuk hobi dan kesenangan pemiliknya.

4. Perhiasan

Perhiasan termasuk contoh kebutuhan tersier bagi keluarga, dikarenakan tidak berpengaruh langsung dengan kondisi seseorang. Perhiasan biasa digunakan untuk investasi, juga sebagai kebanggaan pemilik.

5. Pakaian Bermerk

Pakaian bermerk juga termasuk contoh kebutuhan tersier karena fungsi pakaian yang tidak bertambah. Pasalnya, fungsi pakaian adalah untuk menutupi bagian tubuh, supaya nyaman dan terhindar dari goresan. 

Namun dengan merek pakaian yang beredar dan berharga mahal saat ini, jenis pakaian tersebut tidak termasuk ke dalam kebutuhan pokok melainkan kebutuhan mewah.

6. Pesawat Pribadi

Pesawat adalah alat transportasi, seperti halnya motor dan mobil. Jika penggunaannya hanya untuk kesenangan, maka pesawat pribadi termasuk kebutuhan tersier.

Karena meski tidak memiliki pesawat pribadi, tetap bisa hidup dan tidak mendapat gangguan.

7. Yacht / Kapal Boat

Yacht atau kapal yang berukuran kecil merupakan jenis transportasi air untuk menjangkau sungai, danau atau aliran air yang kecil. 

Yacht juga merupakan barang mewah yang tidak semua orang membutuhkannya. Yacht saat ini banyak digunakan untuk liburan bagi pemiliknya.

8. Furniture Mewah

Furniture adalah barang yang diperlukan dalam rumah, seperti kitchen set, lemari, meja, kursi dan barang interior dan eksterior lainnya. Memiliki furnitur dapat membuat ruangan semakin rapi dan menarik. 

Furniture juga tersedia dalam berbagai tipe, merk dan bahan. Jika dengan fungsi yang sama namun memiliki kelebihan seperti desain yang membuat harganya mahal, maka dapat disimpulkan bahwa furnitur termasuk kategori mewah.

Baca juga : 10 Contoh Kebutuhan Sosial dan Psikologis Manusia

Contoh Kebutuhan Tersier Dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh Kebutuhan Tersier Kehidupan Sehari-hari

1. Liburan ke Luar Negeri

Liburan ke luar negeri saat ini semakin mudah, karena transportasi yang tersedia dan banyaknya jasa tour. Liburan ini menjadi kebutuhan yang sifatnya tidak wajib dilakukan setiap orang.

Selain itu di Indonesia sendiri ada banyak pesona wisata yang sudah di akui dunia. Jadi tetap sangat menyenangkan meski liburan di Indonesia, sekaligus membantu perekonomian negara.

2. Makanan Mahal

Makanan yang baik adalah makanan yang memiliki gizi dan menyehatkan tubuh. Namun ada banyak restoran yang saat ini menyediakan makanan mahal, misalnya dengan bahan langka atau proses pembuatan yang tidak mudah.

Sehingga meski makanan termasuk kebutuhan pokok, namun untuk makanan mahal termasuk kebutuhan tersier.

3. Alat Olahraga

Saat ini banyak tersedia alat kesehatan dan olahraga untuk dirumah, seperti kursi pijat elektrik, treadmill, barbel dan masih banyak lagi.

Alat kesehatan tersebut hanya sebagai alat pembantu, bukan syarat utama kesehatan, jadi termasuk contoh kebutuhan tersier sehari-hari.

4. TV Mewah

Televisi adalah barang yang mayoritas dimiliki setiap keluarga di rumah. Sedangkan tv mewah biasanya memiliki ukuran layar lebar, punya speaker besar, gambar yang tajam.

Dengan segala kelebihannya tersebut tv mewah menjadi perabot rumah tersier. Karena fungsi nya sama sama untuk memberikan tayangan seperti berita dan acara hiburan di rumah.

Baca juga : Contoh Kebutuhan Sekarang dan Yang Akan Datang

Contoh Kebutuhan Tersier Bagi Karyawan

1. Mobil Antar Jemput

Mobil antar jemput adalah kebutuhan tersier bagi karyawan, karena tidak ada kewajiban bagi perusahaan untuk menyediakan nya, hanya sebagai dukungan.

Selain itu tidak semua karyawan berada di areal yang sama, jadi menyediakan transportasi antar jemput karyawan adalah fasilitas mewah. 

2. Fasilitas Kantor Mewah

Fasilitas Kantor mewah saat ini banyak ditemukan pada perusahaan startup. Contohnya fasilitas bermain game, fasilitas sarana olahraga, fasilitas konsumsi dan lain-lain.

Fasilitas tersebut biasa disediakan guna mendukung iklim perusahaan yang tidak kaku namun tetap produktif.

Gravatar Image
Semoga materi yang saya bagikan bisa membantu teman-teman yang sedang belajar akuntansi online.

Leave a Reply