15 Cabang Ilmu Ekonomi : Teori dan Contoh

Ichsanti

Seiring dengan berkembang zaman, kemajuan ilmu ekonomi semakin pesat sehingga sangat dibutuhkan oleh banyak pihak, karena hal tersebut maka timbullah cabang ilmu ekonomi.

Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mengkaji tentang perilaku manusia yang berkaitan dengan aktivitas ekonomi dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Untuk mencapai kesejahteraan, misalnya dalam bidang produksi, konsumsi, dan distribusi.

Cabang Ilmu Ekonomi

1. Ilmu Ekonomi Teori

Ilmu ekonomi teori adalah salah satu cabang ilmu ekonomi, yang mengkaji mengenai hubungan yang tercipta karena terjadinya suatu peristiwa ekonomi.

Kemudian dirumuskan dalam bentuk hukum atau teori, yang akan digunakan dalam menjelaskan peristiwa tersebut.

Lalu akan dijadikan patokan dalam memecahkan sebuah permasalahan. Ilmu ekonomi teori diklasifikasikan dalam dua kelompok yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro.

2. Ilmu Ekonomi Terapan

Ilmu ekonomi terapan merupakan ilmu ekonomi berkaitan erat dengan ekonomi teori. Ekonomi terapan berperan dalam memberikan teori dan rumusan, yang dapat dijadikan sebuah acuan.

Selanjutnya ilmu ekonomi terapan menerapkan teori tersebut.

Baca juga : 10 Prinsip Ekonomi Beserta Contohnya

3. Ilmu Ekonomi Deskriptif

Ilmu ekonomi deskriptif adalah ilmu ekonomi yang dapat memaparkan dan menggambarkan semua unsur yang berkaitan, dengan kondisi ekonomi secara nyata di dalam masyarakat.

Ilmu ini berguna bagi semua pihak agar mengerti keadaan ekonomi saat ini.

4. Ilmu Ekonomi Lingkungan

Ilmu ekonomi lingkungan merupakan ilmu ekonomi yang membahas tentang kejadian lingkungan yang berdampak kepada kondisi ekonomi masyarakat.

Terdapat 3 pokok yang dibahas dalam ilmu ekonomi lingkunan ini yaitu:

  1. Degradasi lingkungan dan sumber daya alam yang mulai berkurang sehingga berakibat pada tingkat kesejahteraan masyarakat yang menjadi turun.
  2. Penyimpanan dan kesalahan yang berasal dari kegiatan perekonomian di masyarakat yang menyebabkan kepada kerusakan lingkungan.
  3. Mencari solusi atas masalah kerusakan lingkungan akibat kegiatan ekonomi.

5. Ilmu Ekonomi Evolusioner

Ilmu ekonomi evolusioner merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang membahas mengenai perubahan yang terjadi dalam perekonomian dari awal hingga saat ini.

Bidang yang dikaji dalam ilmu ekonomi adalah perkembangan, kemajuan, kemunduran, usaha-usaha alternatif.

6. Ilmu Ekonomi Eksperimental

Ilmu ekonomi eksperimental adalah cabang ilmu ekonomi yang terfokus kepada penelitian mengenai apa yang terjadi dalam dunia perekonomian.

Dimana hasil dari penelitian ini akan memberikan informasi kepada masyarakat untuk bekal dalam beraktivitas ekonomi.

Baca juga: Jenis Sistem Ekonomi

7. Ilmu Ekonomi Kesehatan

Ilmu ekonomi kesehatan merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi ,yang berperan dalam menganalisis segala kegiatan dalam kesehatan.

Misalnya seperti pembelanjaan untuk kesehatan, dan ketengakerjaan di bidang kesehatan.

Ilmu ini memiliki tujuan, yaitu menggeneralisasikan segala informasi mengenai biaya dan laba yang telah didapat melalui cara alternative dalam pencapaian tujuan yaitu kesehatan masyarakat.

8. Ilmu Ekonomi Matematik (Ekonometrika)

Ilmu ekonomi matematika adalah ilmu ekonomi yang mengkaji tentang gejala yang terjadi dalam kegiatan perekonomian melalui metode matematik dan statistik.

Ilmu ekonometrika ini digunakan dalam memperkirakan gejala dan masalah yang akan muncul di masa depan.

Baca juga : 5 Teori Pertumbuhan Ekonomi

9. Ilmu Ekonomi Moneter

Ilmu ekonomi moneter adalah salah satu cabang ilmu ekonomi dimana mengkaji tentang fungsi, sifat dan pengaruh uang terhadap perekonomian di suatu negara.

Ilmu ekonomi moneter juga menganalisis beberapa aspek, yaitu perbankan, inflasi, tingkat suku bunga, dan lain-lain. Ilmu ekonomi moneter ini memberikan solusi dalam menciptakan kestabilan perekonomian masyarakat di suatu negara.

10. Ilmu Ekonomi Publik

Ilmu ekonomi publik adalah salah satu caban ilmu ekonomi dimana kajiannya membahas tentang kebijakan pemerintah dalam perekonomian di suatu negara, misalnya seperti APBN dan APBD.

Dalam ilmu ini pemerintah berperan dalam menciptakan kestabilan dan kemakmuran rakyat.

Baca juga : Motif Ekonomi

11. Ilmu Ekonomi Industri

Ilmu ekonomi industri adalah salah satu ilmu ekonomi yang mengkaji tentang aspek-aspek yang berhubungan dengan industri baik besar ataupun kecil.

Tujuan dari ilmu ekonomi industry ini adalah menganalisa hubungan yang ada antara struktur pasar dengan kebijakan suatu perusahan dalam menentukan keefektifan kerja dalam proses industri.

12. Ilmu Ekonomi Syari’ah

Ilmu ekonomi syari’ah atau sering disebut dengan ekonomi islam yaitu cabang ilmu ekonomi yang mengkaji tentang penerapan nilai-nilai dan aturan islam dalam kegiatan perekonomian.

13. Ilmu Ekonomi Regional

Ilmu ekonomi regional adalah cabang ilmu ekonomi yang membahas tentang kegaiatan indsutri ekonomi beserta proses perkembanganya antara suatu wilayah dengan wilayah lainnya. Contohnya seperti demografi.

14. Ilmu Ekonomi Internasional

Ilmu ekonomi internasional adalah ilmu ekonomi yang mengkaji tentang segala kegiatan perekonomian yang melibatkan suatu negara dengan negara lainnya. Contohnya seperti ekspor dan impor.

15. Ilmu Ekonomi Sumber Daya

Ilmu ekonomi sumber daya ini terbagi menjadi 2 yaitu:

  1. Ilmu sumber daya alam yaitu cabang ilmu ekonomi yang mengkaji tentang masalah dan alokasi dari sumber daya alam yang optimal dan bernilai ekonomi.
  2. Ilmu sumber daya manusia yaitu cabang ilmu ekonomi yang mengkaji tentang hal yang berkaitan dengan faktor sumber daya manusia.

Demikianlah 15 Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi Timbulnya cabang-cabang ilmu ekonomi tersebut adalah bertujuan untuk melengkapi kinerja ekonomi dalam bidang-bidang teretentu.

Dengan berkembangnya zaman mungkin cabang-cabang ilmu ekonomi ini akan bertambah lagi. Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat.

Bagikan:

Leave a Comment