Modal : Pengertian, Sumber dan Contoh

Posted on
pengertian-modal-dalam-akuntansi

AkuntansiLengkap.comModal adalah bagian penting yang wajib dimiliki oleh setiap organisasi yang digunakan untuk membiayai kegiatan bisnis perusahaan sehari-hari. Seperti untuk membeli persediaan, peralatan kantor, membayar upah pegawai dan sebagainya.

Secara umum, modal adalah segala sesuatu yang bisa memberi manfaat bagi pemiliknya. Modal bisa dalam bentuk harta tunai, uang, kendaraan, bangunan, rumah atau dalam bentuk harta lain seperti saham dan investasi.

Orang-orang memanfaatkan modal dengan berbagai cara. Perusahaan menerbitkan saham untuk mendapat modal usaha, para investor menggunakan modalnya untuk membeli saham di perusahaan, sedangkan masyarakat menggunakan modalnya untuk membeli barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Memahami Modal

Modal menurut ahli ekonomi adalah sebuah alat yang bisa menggerakkan sebuah kelompok atau organisasi. Modal dalam hal ini biasanya berupa uang tunai yang bisa ditukar dengan barang maupun jasa. Banyaknya jumlah modal yang dimiliki, menunjukkan ukuran kekayaan perusahaan atau kesuksesan seseorang.

Modal umumnya dicatat dalam laporan perubahan modal.

Pengertian Modal Menurut Ahli 

Menurut Lawrence J. Gitman

Modal didefinisikan sebagai pinjaman jangka panjang yang dimiliki oleh perusahaan ataupun setiap hal yang ada di bagian kanan laporan neraca perusahaan selain kewajiban.

Menurut Baker

Modal adalah sebagian barang-barang konkret yang masih ada di dalam rumah tangga perusahaan yang ada di kolom neraca bagian debit, maupun berupa daya beli / nilai tukar barang – barang yang terdapat di kolom kredit neraca.

Menurut Bambang  Riyanto

Bambang Riyanto menyatakan bahwa Modal merupakan hasil produksi yang dapat digunakan kembali untuk memproduksi lebih lanjut. Dalam perkembangannya, modal ditekankan pada nilai, daya beli, maupun kemampuan menggunakan barang-barang modal.

Menurut Moekijat

Menurut Drs. Moekijat, Modal terdiri dari beberapa rumusan dasar diantaranya, uang tunai, kredit, hak membuat serta menjual sesuatu (berupa paten), gedung,-gedung dan mesin.

Istilah modal juga sering digunakan untuk menggambarkan milik total yang meliputi surplus dan keuntungan-keuntungan yang tidak dibagi.

Contoh Modal

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa modal mencerminkan kekayaan. Contoh modal yang dimiliki perusahaan atau individu adalah :

  • Uang tunai
  • Kendaraan
  • Gedung
  • Barang mewah
  • Alat dan mesin
  • Tanah
  • Saham

Baca juga tentang contoh laporan modal perusahaan dagang dan laporan perubahan modal perusahaan jasa.

Cara Menggunakan Modal

Perusahaan menggunakan modalnya untuk menjalankan bisnis dan mendapat keuntungan. Contoh penggunakan modal oleh perusahaan adalah :

  • Untuk membeli persediaan bahan baku
  • Membayar gaji karyawan
  • Membiayai promosi
  • Meningkatkan layanan
  • Melunasi hutang
  • Membayar biaya angkut pembelian
  • Membayar pajak
  • Membeli mesin produksi
  • Membeli gedung perkantoran

Sedangkan individu menggunakan modalnya untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai kepuasan pribadi. Contoh penggunaan modal oleh individu adalah :

  • Membeli kebutuhan pokok
  • Membeli kendaraan pribadi
  • Membiayai pendidikan
  • Membeli saham

Sumber Modal Perusahaan

Sumber modal  pada dasarnya berasal dari dua sumber yakni dari dalam perusahaan (internal) dan dari luar perusahaan (eksternal).

1. Sumber Internal

Modal internal bersumber dari seluruh aktivitas maupun kegiatan usaha yang dijalankan oleh perusahaan yang menghasilkan laba (keuntungan). Modal internal umumnya berasal dari aktivitas laba ditahan, akumulasi penyusutan, dan beberapa sumber modal lainnya.

2. Sumber Eksternal

Sumber modal eksternal berasal dari pihak – pihak luar perusahaan yang mau bekerja sama dengan perusahaan. Pihak-pihak yang sering digunakan untuk memperoleh modal seperti bank, koperasi, kreditur, supplier, dan pasar modal.

Jenis Jenis Modal

Modal dari Hutang

Modal dari hutang adalah modal yang berasal dari pinjaman kepada kreditor. Modal jenis ini biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat mendadak, atau membutuhkan modal dalam jumlah besar.

Modal hutang perusahaan bisa diperoleh dengan menerbitkan saham di pasar modal. Modal hutang pemerintah bisa berasal dari penerbitan obligasi dan pinjaman ke negara lain. Sedangkan modal hutang individu bisa diperoleh dari pinjaman kepada lembaga keuangan dan individu lain.

Modal Kerja

Modal kerja adalah modal yang digunakan perusahaan untuk mendanai kegiatan bisnisnya. Fungsi modal kerja diantaranya untuk membayar kewajiban, membeli persediaan, memberikan hutang, meningkatkan layanan perusahaan.

Modal Penyertaan

Modal penyertaan adalah modal yang berasal dari investasi pihak lain seperti perusahaan lain dan masyarakat melalui pembelian saham. Modal penyertaan berfungsi untuk menambah kemampuan perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Bagi pihak yang melakukan modal penyertaan dianggap sebagai bagian dari pemilik perusahaan.

Modal Trading / Perdagangan

Modal perdagangan adalah modal yang digunakan untuk membeli dan menjual berbagai sekuritas saham. Keuntungan nya berasal dari selisih harga saat membeli dan menjual saham tersebut.

Modal Abstrak dan Modal konkrit

Modal abstrak (capital value) suatu perusahaan untuk beberapa jangka waktu tertentu relatif permanen, sedangkan modal konkrit (capital goods) mengalami pergantian atau perubahan.

Modal Aktif

Modal aktif adalah modal yang tertera di kolom debet neraca yang menggambarkan bentuk-bentuk dimana seluruh dana yang diperoleh perusahaan diutamakan.

Pembagian Modal Aktif

  • Berdasarkan jangka waktu perputaran, modal aktif digolongkan antara aktiva lancar dan aktiva tetap. Pertimbangan antara kedua aktiva tersebut akan menentukan struktur kekayaan.
  • Berdasarkan atas fungsi bekerjanya aktiva, modal aktif dibedakan dalam bentuk modal kerja (work capital asset) dan aktiva tetap.

Modal Pasif

Modal pasif adalah modal yang tertera di kolom kredit neraca yang menggambarkan sumber – sumber dimana dana yang diperoleh.

Pembagian Modal Pasif

  • Menurut asalnya, modal pasif dibedakan atas modal sendiri dan modal asing ataupun modal badan usaha dan modal kreditur / hutang.
  • Menurut waktu penggunaan, modal pasif dibedakan antara modal jangka panjang dan modal jangka pendek.
  • Berdasarkan syarat solvabilitas dalam hubungan dengan jaminan, modal pasiva dibedakan atas modal sendiri dan modal asing.
  • Berdasarkan syarat rentabilitas dalam hubungan dengan penghasilan / pendapatan, modal pasiva dibedakan antara modal dengan pendapatan tetap (modal obligasi) dan modal pendapatan tidak tetap (modal saham).

Modal dalam Akuntansi

Modal dalam akuntansi diwujudkan dalam rekening modal. Rekening modal mencatat semua kekayaan bersih pada bisnis dalam suatu periode. Modal yang mengacu pada kepemilikan disebut dengan ekuitas.

Yang mempengaruhi perubahan rekening modal adalah :

  1. Modal pemilik yaitu modal awal sebagai kontribusi pemilik dalam perusahaan.
  2. Rekening modal akan disesuaikan di akhir tahun dengan laba atau rugi yang diperoleh perusahaan dalam satu periode.
  3. Pengambilan pribadi oleh pemilik (prive) atau pembagian dana kepada pemilik saham (deviden)

Manfaat rekening modal dalam akuntansi adalah :

  • Melihat kemampuan perusahaan dalam membiayai aktivitas bisnisnya
  • Sebagai acuan bank atau kreditur ketika akan memberikan pinjaman ke perusahaan

Tugas Akuntan Modal

Tugas seorang akuntan modal diantaranya :

  1. Melakukan audit modal dengan melacak aset dan menentukan nilai akuisisinya.
  2. Mengevaluasi pinjaman modal untuk keuntungan perusahaan
  3. Menyusun anggaran belanja perusahaan

Ringkasan

  1. Apa arti modal dalam ekonomi?

Modal menurut ahli ekonomi adalah aset yang berupa uang tunai yang tersedia, yang bisa digunakan untuk membiayai pembelian kebutuhan. Dengan kata lain, modal adalah uang tunai yang beredar.

  1. Apa arti modal bisnis?

Modal bisnis adalah uang yang dimiliki untuk membiayai kegiatan bisnis sehari-hari. Misalnya untuk pembelian bahan baku, membayar biaya angkut, membeli mesin produksi dan sebagainya.

  1. Apa arti modal aset?

Modal aset adalah modal individu atau organisasi yang berupa kepemilikan bangunan/gedung, peralatan kantor, kendaraaan, investasi dan barang berharga yang lain.

Demikian pembahasan ringkas tentang pengertian modal, sumber dan contohnya. Semoga dapat menambah wawasan kita semua amin. Terimakasih.