Pengertian Efektifitas Beserta Aspek-Aspek dan Contoh

Maila Niamas

pengertian efektifitas dan aspek-aspeknya

 

Akuntansilengkap.com | Artikel ini akan membahas mengenai pengertian dari efektifitas beserta dengan aspek-aspeknya secara lengkap. Semoga sobat dapat memahami materi yang akan dijelaskan pada materi ini.

Pengertian Efektifitas

Dalam dunia ekonomi khususnya dalam ilmu manajajemen, kata efektifitas sering sobat dengar, dibawah ini merupakan pengertian atau definisi efektifitas menurut beberapa ahli ekonomi yaitu sebagai berikut :

  • Menurut Prasetyo Budi Saksono, bahwa efektifitas adalah seberapa besar tingkat kelekatan output (keluaran) yang dicapai dengan output yang diharapkan dari jumlah input (masukan) dalam suatu perusahaan atau seseorang.
  • Menurut Hidayat, bahwa efektifitas adalah suatu ukuran perusahaan yang menyatakan seberapa target yakni kuantitas, kualitas, dan waktu telah tercapai secara jauh, dimana makin besar persentase target yang dicapai maka akan makin tinggi efektifitasnya.
  • Menurut Schemerhon John R. Jr., bahwa efektifitas adalah pencapaian target keluaran (output) yang akan diukur dengan cara membandingkan output anggaran atau OA (seharusnya) dengan output realisasi atau OS (sesungguhnya). Jika OA > OS maka akan disebut dengan efektif.
  • Menurut Sondang, bahwa efektifitas adalah suatu pemanfaatan sarana prasarana, sumber daya dalam jumlah tertentu yang sebelumnya telah ditetapkan untuk menghasilkan sejumlah barang atau jasa kegiatan yang akan dijalankan oleh seseorang atau suatu perusahaan.
  • Menurut Siagaan, bahwa efektifitas adalah suatu yang menekankan pada hasil yang akan dicapai oleh suatu perusahaan atau seseorang.
  • Menururt Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahwa kata efektif mengandung arti pengaruh, akibat, efek, atau hasil. Sedangkan kata efektifitas adalah daya guna, keaktifan, serta adanya kesesuaian dalam suatu kegiatan antara seseorang yang melaksanakan tugas dengan tujuan yang ingin dicapai.

Berdasarkan pengertian efektifitas menurut beberapa ahli ekonomi diatas dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya pengertian efektifitas adalah  suatu keadaan yang menunjukkan seberapa jauh suatu target yang telah dicapai oleh manajemen seperti kualitas, kuantitas, dan waktu, dimana target tersebut sudah ditentukan terlebih dahulu.

Semakin banyak suatu target yang dapat dicapai maka akan semakin efektif pula kegiatan tersebut. Kata efektifitas juga dapat diartikan sebagai usaha tertentu atau suatu tingkat keberhasilan yang dapat dicapai oleh seseorang atau suatu perusahaan.

Baca juga:

  1. 10 Sumber Keuangan Negara dan Contohnya
  2. 15 Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia
  3. Etika Sekretaris Yang Baik dan Profesional

Contoh Efektifitas

Efektifitas sangat berhubungan dengan keterkaitan antara tujuan dengan hasil yang ingin dicapai dan tercapainya semua tugas pokok, ketepatan waktu, tujuan serta partisipasi dari anggota aktif  serta menunjukkan derajat kesesuaian antara tujuan yang dinginkan dengan hasil yang dicapai oleh suatu perusahaan.

Sebagai contohnya, media pembelajaran dalam pendidikan yakni apabila media pembelajaran memenuhi kriteria yang diinginkan seperti membawa hasil, terdapat perubahan dan memberikan pengaruh bagi peserta didik nantinya.

Ketika merumuskan tujuan instruksional dari media pembelajaran tersebut, apabila tujuan instruksionalnya dapat dicapai dengan baik maka dapat dikatakan hal itu sudah mencapai efektifitasnya. Semakin banyak suatu tujuan yang dapat tercapai maka akan semakin efektif pula media pembelajaran tersebut.

Rumus Efektifitas

Untuk mencapai suatu efektifitas maka dapat menggunakan rumus dibawah ini :

    Efektifitas = Output Target/Output Aktual > = 1

  • Jika output (keluaran) aktual berbanding output yang diinginkan < 1 maka tidak tercapai efektifitas
  • Jika output (keluaran) aktual berbanding output yang diinginkan > 1 atau = 1 ma akan tercapai efektifitas

Aspek-Aspek Efektifitas

Dibawah ini merupakan aspek-aspek dari efektifitas suatu program ialah sebagai berikut :

  • Aspek peraturan dan ketentuan

Efektifitas dalam suatu kegiatan dapat dianggap tercapai dengan melihat befungsi atau tidaknya aturan yang telah dibuat dalam menjaga keberlangsungan proses kegiatan tersebut. Aturan ini berkaitan dengan aturan-aturan baik yang berhubungan dengan peserta didik maupun berhubungan dengan guru, jika aturan ini berjalan dengan baik maka aturan atau ketentuan tersebut teah berjalan dengan efektif.

  • Aspek fungsi atau tugas

Suatu perusahaan dapat dikatakan efektifitas jika melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik begitu juga dengan model pembelajaran akan mencapai efektifitas jika fungsi dan tugasnya berjalan dengan baik dan proses pembelajaran pada beserta didik berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang memuaskan.

  • Aspek program atau rencana

Yang dimaksud dalam aspek ini adalah rencana pembelajaran pada siswa yang terprogram dengan baik, jika seluruh rencana dapat dilaksanakan dengan baik maka akan dikatakan telah mencapai efektifitas.

  • Aspek kondisi ideal atau tujuan

Dalam aspek ini suatu program atau kegiatan dapat dikatakan mencapai efektifitas dilihat dari sudut hasil, apabila kondisi ideal atau tujaun dari suatu program atau kegiatan dapat dicapai dengan baik. Penilaian pada aspke ini dapat kita lihat dari keberhasilan peserta didik dalam proses belajar mengajar.

Efektifitas sering dikaitkan dengan pengertian efisiensi, meskipun terlihat sama tetapi pada sebenarnya memiliki arti yang berbeda. Efektifitas lebih menekankan pada hasil yang dicapai oleh seseorang atau suatu perusahaan sedangkan efesiensi lebih melihat pada proses untuk mencapai hasil tersebut dengan baik.

Demikianlah artikel diatas yang membahas mengenai Pengertian Efektifitas Beserta Aspek-Aspeknya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi sobat yang membacanya, jangan lupa like and share yaa^^

Kunjungi juga artikel terkait:

  1. 5 Unsur-Unsur Kredit Perbankan
  2. 15 Cabang-Cabang Ilmu Ekonomi [Terapan, Moneter dan lainnya]
  3. Kelebihan Serta Kekurangan BUMN dan BUMS
  4. Fungsi Asli dan Turunan Uang Serta Contohnya
  5. Kelebihan dan Kekurangan Koperasi

Bagikan:

Comments are closed.