13 Ciri-Ciri Kewirausahaan Serta Tujuannya

Posted on

Kewirausahaan [13 Ciri-Ciri Serta Tujuan] | Artikel ini akan membahas mengenai ciri-ciri serta tujuan kewirausahaan secara menyeluruh. Sebelum membahas kedua hal tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu kewirausahaan.

Kewirausahaan [13 Ciri-Ciri Serta Tujuan]

Tahukah Kamu?
Kewirausahaan adalah suatu kemampuan atau sikap untuk menciptakan atau membuat sesuatu yang baru yang bernilai dan bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain

Sedangkan orang yang memiliki semangat, sikap perilaku dan kemampuan kewirausahaan disebut dengan wirausaha. (Baca juga: macam-macam kebutuhan manusia )

Drs. Joko Untoro menyatakan pendapatnya bahwa Kewirausahaan adalah keberanian untuk melakukan usaha dalam memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang atas dasar adanya kemampuan dengan cara memanfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk dapat menghasilkan sesuatu bermanfaat kepada orang lain dan dirinya. (Baca juga: 10 strategi pemasaran produk ampuh )

Pada sebuah buku berjudul “Entrepreneurial Finance” yang dikarang oleh J. Leach Ronald Melicher yang menyatakan pendapat bahwa Kewirausahaan adalah proses dalam mengubah ide menjadi sebuah kesempatan komersil dan menciptakan harga atau nilai.

Process of changing ideas into commercial oppurtunities and creating valueJ. Leach Ronald Melicher

Kemudian dalam buku yang berjudul “Entrepreneurship Determinant and Policy in European-Us Comparison” menyatakan bahwa Kewirausahaan adalah suatu proses dalam mempersepsikan, menciptakan dan mengejar peluang ekonomi. “Process off Perceiving, Creating and Pursuing Economics Oppurtunities”. Akan tetapi yang dikatakan dalam buku tersebut yaitu proses dari kewirausahaan tersebut sendiri sulit untuk bisa kita ukur. (Baca juga: 3 jenis strategi pemasaran dan contoh )

Sedangkan menurut Eddy Soeryanto Soegoto menyatakan bahwa pengertian kewirausahaan adalah suatu usaha kreatif yang terbangun atas dasar inovasi untuk bisa menghasilkan sesuatu atau hal yang baru, mempunyai nilai tambah, memberikan manfaat, menciptakan suatu lapangan kerja dan hasilnya bermanfaat untuk orang lain.

Jadi wirausaha pada dasarnya mengarah pada orang yang melakukan usaha atau kegiatan dengan kemampuan yang dimilikinya sedangkan kewirausahaan menunjuk pada sikap mental yang dimiliki seorang wirausaha tersebut dalam kegiatan atau usahanya. (Baca juga: jenis produk pasar modal )

Ciri-Ciri Kewirausahaan

Dibawah ini merupakan ciri-ciri kewirausahaan yang handal dan profesional yaitu sebagai berikut :

  • Yakin pada produk yang dimiliki

Setiap wirausaha yang menjalankan usahanya harus yakin terlebih dahulu dengan produk yang dihasilkannya.

  • Mengenal banyak produknya

Seorang wirausah harus mampu mengenal dan mengenali secara detail apa saja produk-produk yang akan ia jual kepada konsumen.

  • Tidak berdebat dengan calon konsumen

Seorang wirausaha yang handal harus mampu melayani konsumennya dengan baik, agar konsumen tersebut merasa nyaman dengan pelayanan yang ia sediakan.

  • Komunikatif dan negosiasi ramah dalam pelayanan

Komunikasi dan negosiasi yang ramah sangat penting dalam pelayanan produk disetiap jenis usaha apapun.

  • Jujur, santun dan berani

Seorang wirausaha harus memiliki sikap jujur, santun, dan berani agar semua kegiatannya berjalan dengan baik.

  • Menciptakan transaksi

Menciptakan sebuah transaksi merupakan salah satu hal yang mutlak dilakukan dalam kewirausahaan.

  • Memiliki keberanian dan mempunyai daya kreasi

Seorang wirausaha harus mampu memiliki keberanian dalam memiliki daya kreasi atau tidak takut untuk merencanakannya serta bermimpi.

  • Berani mengambil risiko

Seorang wirausaha harus memiliki sifat berani mengambil risiko, hal ini tentu saja harus sejalan dengan perencanaan yang sebelumnya telah dilakukan serta pengamatan yang dilakukannya terhadap ide yang dimilikinya.

  • Memiliki semangat dan kemauan yang keras

Seorang wirausaha selain berani mengambil risiko haruslah memiliki semangat dan kemauan yang keras untuk sukses dimasa depan.

  • Memiliki analisis yang tepat

Seseorang wirausaha harus memiliki pengetahuan yang tepat untuk membuat analisis yang tepat juga.

  • Tidak konsumtif

Seorang wirausaha haruslah tidak konsumtif atau setidaknya konsumsinya jauh lebih sedikit dari penghasilannya.

  • Memiliki jiwa pemimpin

Jiwa pemimpin harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Dengan ini, mereka mampu mengembangkan usaha mereka menjadi lebih maju dari sebelumnya.

  • Berorientasi pada masa depan

Apabila anda seorang wirausaha yang kreatif dan inovatif dan memiliki ciri ciri kewirausahaaan yang lain maka anda akan memiliki kemampuan ini.

Tujuan Kewirausahaan

Dibawah ini terdapat tujuan wirausaha dalam berkewirausahaan, yaitu sebagai berikut :

  • Mengembangkan dalam bentuk kreasi dan inovasi supaya bisa tercipta dinamika di dunia bisnis atau kewirausahaan sehingga akhirnya kemakmuran bagi masyarakat bisa tercapai.
  • Menyebarluaskan dan membuat budaya dengan ciri ciri kewirausahaan di sekelilingnya terutama dalam masyarakat.
  • Ikut serta dalam mengembangkan dan menumbuhkan kesadaran serta orientasi kewirausahaan yang baik dan kuat.
  • Ikut serta dalam mewujudkan kemampuan dan bakat para wirausaha untuk menambah kemakmuran serta kesejahteraan negara maupun masyarakatnya.
  • Bertekad dan berusaha dalam meningkatkan jumlah para wirausaha yang baik dengan kata lain ikut aktif dalam melakukan pengkaderan manusia sebagai calon wirausaha untuk bisa membangun jaringan bisnis yang lebih baik. (Baca juga: faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran )

Nah demikianlah artikel diatas yang membahas mengenai Kewirausahaan [13 Ciri-Ciri Serta Tujuan]. Semoga artikel diatas dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat abgi anda yang membacanya. Jangan lupa share and vote yaaaa…

Kunjungi artikel terbaru: 

  1. 11 Pengertian, Ciri-ciri, Contoh dan Fungsi Lembaga Sosial di Indonesia
  2. Pengertian, Tujuan Administrasi Perkantoran [Ruang Lingkup Dan Fungsi]
  3. 10 Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)
  4. 3 Penjelasan Sisa Hasil Usaha Koperasi Menurut Para Ahli
  5. 6 Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Rumah Tangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *