Kuis Pembukuan, Benarkah Debit Akun Artinya Menambah?

Posted on

Pembukuan merupakan proses mencatat transaksi keuangan kedalam buku catatan akuntansi. Semua transaksi yang terjadi pada perusahaan yang melibatkan pemasukan atau pengeluaran kas harus dicatat dalam pembukuan.

Hal yang penting diluruskan adalah bahwa pembukuan tidak sama dengan akuntansi. Pembukuan merupakan bagian dalam siklus akuntansi. Pembukuan biasanya dilakukan oleh seorang ahli pembukuan, sedangkan proses akuntansi dijalankan oleh seorang akuntan.

Jadi pada praktiknya, seorang akuntan akan menggunakan catatan pembukuan yang dibuat oleh ahli pembukuan, untuk membuat laporan keuangan perusahaan. Dengan kata lain, catatan pembukuan digunakan sebagai bahan untuk membuat laporan akuntansi selama periode tertentu.

Pembukuan memiliki 2 sistem pencatatan yaitu sistem pembukuan tunggal dan sistem pembukuan berpasangan. Pembukuan tunggal hanya mengandalkan 2 jurnal, yaitu buku catatan pendapatan dan buku catatan pengeluaran. Sedangkan pembukuan berpasangan menggunakan jurnal dengan kolom debit dan kredit.

Nah sekarang waktunya tes pengentahuan tentang kuis pembukuan.

[wp_quiz_pro id=”10326″]

Gravatar Image
Semoga materi yang saya bagikan bisa membantu teman-teman yang sedang belajar akuntansi online.

Leave a Reply