Kuis Akuntansi Dasar, Buktikan Kalau Kamu Jago Akuntansi

Posted on

Akuntansi merupakan ilmu yang mempelajari tentang pencatatan, pengelolaan dan pelaporan data transaksi yang terjadi pada perusahaan dalam masa tertentu. Seorang ahli atau orang yang bekerja di bidang ini dinamakan Akuntan.

Proses akuntansi yang baik sangat dibutuhkan baik pihak internal perusahaan seperti direktur, maupun pihak eksternal seperti pemerintah dsb. Pasalnya, laporan akuntansi bisa membantu pihak yang terkait dalam menilai kinerja perusahaan dan sebagai bahan pengambilan keputusan.

Namun akuntansi juga sangat baik jika diterapkan di kehidupan kita sehari-hari. Dengan belajar akuntansi kita akan mendapatkan banyak manfaat khususnya dalam mengatur keuangan pribadi. Beberapa manfaat lain diantaranya :

  • Transaksi keuangan dapat tercatat dengan rapih
  • Memahami kekuatan dan kelemahan keuangan pribadi
  • Berguna dalam membuat laporan catatan bisnis sendiri
  • dan masih banyak lagi

1. Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, mencatat, dan mengomunikasikan peristiwa ekonomi suatu organisasi kepada pengguna informasi. Benar atau salah?

Correct! Wrong!

2. Pengguna utama informasi akuntansi dengan kepentingan keuangan langsung dalam bisnis adalah...?

Correct! Wrong!

3. Jika penjualan kredit bersih adalah $100.000 dan rata-rata piutang bersih adalah $10.000, maka rasio perputaran piutang adalah 10%. Benar atau salah?

Correct! Wrong!

Advertisement

4. Akuntansi untuk pemerintah, yayasan, rumah sakit, serikat pekerja, perguruan tinggi/universitas, dan badan amal merupakan bagian dari kategori yang mana dalam profesi akuntansi?

Correct! Wrong!

5. Sebelum pencatatan ayat jurnal penyesuaian, pendapatan melebihi biaya sebesar $60.000. Jurnal penyesuaian untuk upah yang masih harus dibayar sebesar $5.000 dan beban amortisasi sebesar $5.000 telah dibuat. Laba bersih untuk tahun ini adalah?

Correct! Wrong!

6. Aktiva bertambah di debet dan liabilitas berkurang di kredit. Benar atau salah?

Correct! Wrong!

7. Tugas penerimaan kas, pencatatan transaksi penerimaan kas, dan penyimpanan kas harus diberikan kepada satu orang yang ahli. Benar atau salah?

Correct! Wrong!

8. Urutan siklus akuntansi yang benar adalah?

Correct! Wrong!

9. Penyesuaian untuk amortisasi adalah contoh dari?

Correct! Wrong!

10. Berapa saldo normal untuk akun beban?

Correct! Wrong!

Leave a Reply