[Pengertian, Faktor Penyebab dan Dampak] Kelangkaan Sumber Daya Alam Serta Cara Mengatasinya

Posted on

Pengertian, Penyebab dan Dampak Kelangkaan Sumber Daya Alam Serta Cara Mengatasinya | Dimasa sekarang kelangkaan akan suatu barang telah banyak dirasakan oleh setiap orang, contohnya kelangkaan akan BBM, gas, dan lain-lain.

Manusia secara tidak sadar telah menggeruk habis semua sumber daya alam yang terdapat di bumi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sampai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharuipun berkurang perlahan-lahan atau bahkan habis, sehingga menimbulkan suatu kelangkaan yang terjadi di masyarakat.

Kelangkaan sumber daya alam di bumi ini tidak mungkin terjadi begitu saja. Terdapat macam-macam penyebab terjadinya kelangkaan. Kelangkaan merupakan suatu hal yang tidak bisa dihindari karena memang semua manusia memiliki kebutuhan pokok akan sumber daya alam. Walaupun tidak bisa dihindari, namun bukan berarti kelangkaan ini tidak dapat diatasi.

Pengertian Kelangkaan Sumber Daya Alam

Kondisi dimana manusia tidak mempunyai cadangan yang cukup akan sumber daya untuk dapat memenuhi segala kebutuhannya disebut kelangkaan. Hal ini dapat diartikan bahwa kelangkaan itu terjadi karena jumlah kebutuhan manusia ini lebih banyak dibandingkan dengan jumlah barang dan jasa yang tersedia.

Kelangkaan bukan menjadi sebuah masalah yang sulit ditemukan. Kelangkaan diartikan sebagai salah satu alat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang jumlahnya tidak sebanding dengan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Terdapat dua pengertian mengenai kelangkaan:

1. Dalam memenuhi kebutuhan,alat pemenuh kebutuhan tidak cukup untuk memenuhinya. Contohnya : air merupakan barang yang sangat  dibutuhkan oleh setiap manusia, jika air akan mengalami kelangkaan dapat mengakibatkan kesengsaraan bagi kehidupan manusia.

2. Untuk mendapatkan alat pemuas kebutuhan ini, manusia memerlukan suatu pengorbanan yang lain. Contohnya : Seseorang ingin membeli beberapa perhiasan, namun disisi lain ia sangat ingin memiliki mobil sport yang diproduksi terbatas (langka). Maka ia harus mau mengorbankan keinginan untuk membeli perhiasan itu jika ingin membeli mobil  sport yang langka.

Kelangkaan Sumber Daya Alam

Baca juga:

  1. Pengertian Kebutuhan dan 11 Macam-Macamnya
  2. [Pengertian dan Contoh] Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier
  3. Pengertian + Contoh Barang Subtitusi dan Barang Komplementer

Penyebab Terjadinya Kelangkaan Sumber Daya Alam

Terdapat beberapa penyebab terjadinya  kelangkaan sumber daya alam yaitu:

1. Pertumbuhan penduduk yang sangat cepat

Salah satu faktor penyebab terjadinya suatu kelangkaan ialah pertumbuhan penduduk, karena jika meningkatnya pertumbuhan penduduk maka akan menyebabkan jumlah kebutuhan juga pasti akan meningkat.

Sedangkan, jumlah alat pemuas kebutuhan hanya terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

2. Sifat serakah manusia

Mahatma Ghandi, berkata bahwa “Sumber daya alam yang tersedia hanya cukup untuk kebutuhan manusia, tetapi tidak cukup untuk kerakusan setiap manusia.”

Itulah mengapa manusia merupakan makhluk yang tak ada puasnya dalam memenuhi setiap kebutuhan dan keinginannya. Karena sifat serakah yang dimiliki manusia ini, menyebabkan terjadinya eksploitasi alam secara besar-besaran dimana tujuannya hanya untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

3. Terbatasnya akan kemampuan produksi

Dalam hal ini, dengan kemajuan  teknologi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi produksi. Kemajuan teknologi di negara maju berlangsung sangat cepat, sementara kemajuan teknologi di negara berkembang lebih lambat tidak sebanding dengan meningkat dan berkembangnya kebutuhan barang dan jasa.

4. Bencana alam

Kelangkaan terjadi karena beberapa faktor penyebabnya ialah bencana alam, hal ini berpengaruh terhadap proses dalam pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

Kerusakan yang ditimbulkan karena bencana alam, akan berpengaruh terhadap berlangsungnya kehidupan manusia. Contohnya : bencana banjir mengakibatkan terganggunya distribusi barang dan jasa, akibatnya masyarakat.

5. Letak geografis yang berbeda

Persebaran sumber daya dipenjuru dunia ini tidak merata. Ada yang daerah tanahnya subur dan ada yang yang gersang. Perbedaan daerah ini menyebabkan kelangkaan.

Dampak Kelangkaan Sumber Daya Alam Terhadap Perekonomian

Terjadinya kelangkaan sumber daya alam menimbulkan dampak terhadap perekonomian di masyarakat. Di bawah ini beberapa contoh dampak kelangkaan sumber daya alam terhadap perekonomian:

1. Menurunnya tingkat produksi

Dalam sistem produksi, alam menjadi sebagai salah satu input produksi. Semakin besar sumber daya alam, maka hal ini akan berpengaruh kepada cadangan atau bahan mentah yang akan diproduksi.

Namun sebaliknya, jika sumber daya alam yang tersedia semakin berkurang atau langka maka produksi yang dihasilkan semakin sedikit juga.

2. Menurunnya pendapatan masyarakat

Jika suatu perusahaan mengalami penurunan tingkat produksi, maka secara otomatis tenaga kerja yang diperlukan juga sedikit, sehingga hal ini menyebabkan akan terjadinya pemberhentian tenaga keja (PHK). Karena hal ini menyebabkan terjadinya pengangguran atau turunnya pendapatan masyarakat.

3. Menaiknya harga-harga barang

Tingkat produksi berpengaruh terhadap sumber daya alam yang langka, jika sumber daya alam yang tersedia hanya sedikit, maka barang yang diproduksipun sedikit juga. Hal ini akan berdampak pada harga barang yang diproduksi tersebut, yaitu kenaikan harga karena barang yang diproduksi hanya sedikit sedangkan permintaan akan barang tersebut lebih besar.

Baca juga: 7 Masalah Pokok Ekonomi di Indonesia dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Kelangkaan Sumber Daya Alam

Cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi kelangkaan diantaranya adalah dengan:

1. Mengadakan Eksplorasi dan Penemuan

Eksplorasi dilakukan untuk mendapatkan sumber daya yang baru, yang belum diketahui atau yang belum pernah didapatkan sebelumnya. Penemuan sumber daya yang baru ini memungkinkan ketersediaan sumber daya alam akan meningkat. Namun pada dasarnya pula akan terjadi berkurangnya stok yang tersedia yang tersedia di alam.

2. Kemajuan teknologi

Kemajuan teknologi memungkinkan untuk bisa mengurangi biaya dalam mengelola sumber daya dengan menemukan cara-cara terbaru yang lebih efisien. Dengan secara otomatis tingkat dan jenis ateknologi yang sedang dikembangkan ini dapat disesuaikan dengan tingkat kelangkaan sumber daya.

3. Penggunaan substitusi

Dengan sumber daya yang berlimpah dapat dimanfaatkun untuk menjadikannya barang substitusi sumber daya yang langka. Jika proses subtitusi sember daya yang diperbaharui dengan sumber daya yang tidak dapat diperbahurui semakin mudah, maka dampak terhadap proses kelangkaan semakin kecil. Misalnya penggunaan bioenergi sbagai substitusi dari BBM.

4. Pemanfaatan kembali dan daur ulang

Pemanfaatan kembali adalah barang-barang yang tidak terpakai lagi oleh seseorang dapat digunakan kembali, dengan syarat masih layak pakai, dapat digunakan dan berfungsi.

Sedangkan, daur ulang adalah proses menjadikan suatu barang bekas menjadi barang baru yang dapat menjadi sesuatu yang bernilai dan berguna, hal ini bertujuan untuk mengurangi sampah atau limbah.

Demikianlah, penjelasan mengenai [Pengertian, Faktor Penyebab dan Dampak] Kelangkaan Sumber Daya Alam Serta Cara Mengatasinya. Terima kasih atas kunjungannya, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Kunjungi juga artikel lainnya: 

  1.  17 [Pengertian dan Perbedaan] Barang dan Jasa Menurut Para Ahli Ilmu Ekonomi
  2.  6 Faktor yang Mempengaruhi Konsumsi Rumah Tangga
  3. 15 Peran Rumah Tangga Konsumen, Produsen Dan Pemerintah Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi
  4. [Lengkap] Contoh Circular Flow Diagram 2, 3 dan 4 Sektor Serta Penjelasannya
  5. Pengertian dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional [Kelebihan dan Kekurangan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *